sign up SIGN UP

Cara Mudah Menghilangkan Noda Santan dan Minyak yang Menempel di Baju! Lebaran Nggak Khawatir Baju Kotor Lagi

Krisyanti asri | Beautynesia
Senin, 02 May 2022 18:00 WIB
Cara Mudah Menghilangkan Noda Santan dan Minyak yang Menempel di Baju! Lebaran Nggak Khawatir Baju Kotor Lagi
caption

Hari Raya Idul Fitri akan tiba 10 hari lagi nih! Sudah mempersiapkan apa untuk menyambut lebaran nanti? Hari Raya Idul Fitri biasanya identik dengan hidangan istimewa berupa ketupat, opor ayam, dan rendang. Masih hari ke 20 puasa, tapi sudah terbayang ya betapa nikmatnya makan ketupat bersama opor dan rendang. Tapi yang bikin nggak enak saat makan adalah noda minyak dan santannya suka menempel di baju. Pasti repot banget membersihkannya ya. Apalagi baju lebaran biasanya berwarna putih. Nggak mau kan kelihatan noda minyak dan santan saat bertemu dengan kerabat keluarga? 

No worries! Selain mencucinya, kamu bisa menghilangkan noda minyak dan santan dengan mengikuti tips berikut ini. Kita simak bersama yuk!

Langsung Mencucinya Dengan Deterjen

segera cuci pakaian yang terkena noda minyak dan santan dengan deterjen
Mencuci Dengan Deterjen/Foto : depositphotos.com/Igor Vetushko

Jika acara silaturahmi lebaran diadakan di rumah sendiri atau di rumah orangtua, kamu bisa langsung mencuci pakaian yang terkena noda dan segera berganti ke pakaian yang baru. Untuk mencucinya, taburkan deterjen bubuk atau oleskan deterjen cair ke noda minyak dan santan di baju. Gunakan bantuan sikat atau silakan mengucek dengan tangan sampai nodanya hilang, lalu bilas dengan air bersih. Jika bajumu terbuat dari bahan yang rapuh seperti sutera atau satin, kamu harus berhati-hati ketika menyikat atau mengucaknya. Usahakan tidak terlalu kuat supaya tidak merusak serat kainnya. 

Cairan Sabun Cuci Piring

Menghilangkan noda minyak paling ampuh menggunakan sabun cuci piring
Cairan Sabun Cuci Piring/Foto : freepik.com/jcomp

Menghilangkan noda minyak dan santan paling cepat adalah dengan cairan sabun cuci piring. Oleskan cairan sabun cuci piring pada noda di baju, sikat atau kucak sampai nodanya hilang, lalu bilas dengan air bersih. Keringkan bagian yang dicuci tadi dengan tisu kering atau lap bersih. Kamu bisa melakukan ini ketika sedang silaturahmi ke rumah kerabat. Cairan sabun cuci piring dapat membantu menyamarkan noda minyak dan santan pada baju. Jika nanti sudah pulang ke rumah, kamu bisa langsung mencucinya dengan deterjen. 

Bantuan Bedak Tabur atau Bedak Bayi

Menyamarkan noda minyak dengan bantuan bedak tabur atau bedak bayi
Bedak tabur/Foto : depositphotos.com/gvictoria

Tidak mau bersentuhan dengan air untuk membersihkan noda? Pertolongan darurat untuk menyamarkan noda minyak dan santan pada baju adalah dengan bantuan bedak tabur atau bedak bayi. Bedak tabur berfungsi mengikat minyak pada wajah, tapi juga bisa digunakan pada kain. Taburkan bedak pada noda dan diamkan selama kurang lebih 2 jam. Setelahnya, bersihkan taburan bedak dengan tangan atau tisu kering. Jika masih terlihat nodanya, kamu boleh ulangi langkah-langkah sebelumnya sampai nodanya tersamarkan. 

Baking Soda

Baking soda untuk menghilangkan noda minyak pada baju
Baking Soda/Foto : freepik.com/freepik

Jika deterjen pakaian tidak cukup membantu untuk menghilangkan noda minyak dan santan, kamu bisa menambahkan baking soda dan pasta gigi saat proses mencuci. Langkah pertama adalah melarutkan baking soda dalam air sampai menghasilkan cairan kental. Oleskan cairan baking soda pada noda. Sikat dengan bantuan pasta gigi sampai nodanya hilang. Setelahnya, kamu bisa lanjutkan dengan proses mencuci dengan deterjen.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id