Siapa yang tidak familiar dengan sepatu Nike Air Jordan? Produk hasil kerjasama brand Nike dan Michael Jordan sejak tahun 1984 menjadikan sepatu Nike Air Jordan salah satu sepatu paling klasik dan ikonis, dikenal hampir di setiap kalangan. Saking populernya sneakers basket ini, dikabarkan adanya kenaikan revenue Jordan Brand yang signifikan dari tahun ke tahunnya, Beauties!
Melansir Front Office Sport, peningkatan revenue sebesar 31% terjadi di tahun 2021, yaitu senilai 4.8 miliar USD dibandingkan saat pandemi tahun 2020. Jordan Brand raup jumlah lebih besar tahun 2022, yaitu sebesar 5.1 miliar USD atau sekitar Rp 75,8 triliun, Beauties!
Lalu bagaimana dengan royalti yang diterima MJ alias Michael Jordan dari penjualan ini? Baca selengkapnya di bawah ini ya!
Pendapatan Fantastis di Tahun 2022 dari Jordan Brand
Michael Jordan dan AJ1/ Foto: instagram.com/jumpmanhistory |
Berdasarkan perjanjian lisensi antara Michael Jordan dan Nike, mantan pemain NBA yang pensiun tahun 2003 itu hanya terima royalti 5% dari total revenue. Namun jika dihitung, MJ diperkirakan mengantongi sekitar 256 juta USD (setara Rp 3 triliun) pada tahun 2022 dari penjualan Jordan Brand sendiri. Jumlah yang fantastis tersebut bahkan lebih dari dua kali lipat pendapatannya selama menjadi pemain NBA, yakni sekitar 90 juta USD (Rp 1,3 triliun) berdasarkan situs SCMP.
Mantan Pemain NBA Terkaya
Sementara itu, Forbes mengestimasi pendapatan bersih Michael Jordan mencapai 1.7 miliar USD, yakni sekitar Rp 25 triliun. Alhasil, ayah dari 5 anak ini sabet gelar sebagai mantan pemain NBA terkaya di dunia. Ditambah dengan endorsement, investasi, dan bisnis lainnya, tak heran jika laki-laki 59 tahun itu disebut multimilioner, bukan?
Tentu kesuksesan besar dibalik Nike Air Jordan tak lepas dari pemakaiannya oleh kalangan selebriti serta kerjasama dengan game seperti Fortnite yang mendongkrak popularitas di kalangan generasi muda. Sementara varian desain dan warna yang atraktif di mata berbagai kalangan juga mendorong penjualan. Misalnya desain retro yang menarik perhatian generasi lebih tua.