Danjyo Hiyoji x EMBA, Eksplorasi Liar Denim Lokal Menjadi Kelas Runway Internasional

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Senin, 28 Oct 2024 12:30 WIB
Danjyo Hiyoji x EMBA, Eksplorasi Liar Denim Lokal Menjadi Kelas Runway Internasional
Foto: Dok. JFW

Danjyo Hiyoji berkolaborasi dengan EMBA untuk peragaan busana Asia Pacific Rayon bertajuk "Fashion Evolution" di Jakarta Fashion Week 2025, City Hall, Pondok Indah Mall 3. Dua koleksi yang ditampilkan di hari Rabu (23/10) tak cuma apik secara visual, tapi lebih dimensional dengan menggugah sensasi. Peragaan busana dimulai dari ruang gelap diisi gemuruh suara marching band yang menyita atensi seisi ruangan. Para undangan pun bertanya-tanya: apa aksi selanjutnya?

Model melintasi runway berbalut koleksi menswear Danjyo Hiyoji untuk EMBA Classics dan EMBA Denim dengan jeda live performance oleh Samo Rafael dan Gamaliel di antaranya. Chicco Jerikho, Jeje Soekarno, Adit Marciano, Wandahara, Ade Habibie, Phrince, DJ Winky, dan Dwi Sasono selaku muse terlibat dalam acara--digandeng sebagai sosok tepat untuk merepresentasikan koleksi.

Danjyo Hiyoji x EMBADanjyo Hiyoji x EMBA/ Foto: Dok. JFW

Dana Maulana dan Michael Simiadi, duo desainer Danjyo Hiyoji, bercerita lebih lanjut kepada Beautynesia, pada hari Jumat (25/10). Proses menggabungkan dua tema dengan DNA berbeda dalam satu presentasi jadi hal menantang, tapi menyenangkan. Penyesuaian terhadap material, mulai dari teknik pewarnaan hingga proses pencucian denim untuk koleksi EMBA Denim, harus dilakukan demi menciptakan kreasi yang kohesif dan sesuai harapan.

Usaha tidak mengkhianati hasil. Konsep hingga detail looks dua koleksi yang ditampilkan tereksekusi sempurna, sampai kedua desainer tidak bisa menyebutkan tampilan favoritnya. "Ada banyak pieces yang kami suka dan mustahil untuk memilih favorit," katanya.

Eksplorasi dalam VOYAGE

Danjyo Hiyoji

Danjyo Hiyoji 'VOYAGE'/ Foto: Dok. JFW

EMBA Classic by Danjyo Hiyoji mengusung tema VOYAGE atau perjalanan. “[Koleksi VOYAGE] melangkah ke dalam semangat petualangan, di mana sensasi penerbangan bertemu dengan daya tarik alam terbuka yang luas,” sang desainer mendeskripsikan koleksinya yang mengacu pada eksplorasi. 

Hal itu pun yang diinfusikan dalam setiap detail pakaian, diselaraskan sedemikian rupa sehingga kesatuannya tetap harmonis dan menjadi look berkesan. Dari segi pilihan warna, contohnya. Dalam siluet yang dinamis dan menonjolkan layering, pilihan palet warna koleksi berotasi pada tema. Hijau tua dan abu-abu mengingatkan penikmatnya pada ketenangan hutan dan langit malam, warna biru menggambarkan misteri lautan, serta rona warm beige yang menyimbolkan pantai dan gurun diterpa terik matahari. 

Danjyo HiyojiDanjyo Hiyoji 'VOYAGE'/ Foto: Dok. JFW

Aksesori quirky turut menjadi daya tarik koleksi. “Aksesori tersebut menonjolkan hal-hal penting dari petualangan,” Dana dan Michael melanjutkan. “Seperti tas globe dan mini briefcase yang melambangkan perjalanan, dan jam tangan yang mencerminkan zona waktu berbeda sebagai pengingat rumah, terinspirasi oleh dual time. Kompas memastikan arah yang benar, sementara kaca pembesar melambangkan keingintahuan dalam eksplorasi”.

Selain itu, aviation cap dan goggles yang identik dengan penerbangan juga ditemukan pada sejumlah tampilan. Kedua pieces tersebut menjadi cerminan DNA EMBA Classic yang diinterpretasi secara playful oleh Danjyo Hiyoji.

 

Jiwa Rockstar dalam WILD ONES

Danjyo Hiyoji

Danjyo Hiyoji 'WILD ONES'/ Foto: Dok. JFW

Setelah menampilkan jiwa petualangan lewat VOYAGE, segmen berikutnya lebih berani, ekspresif, dan liar. Persona bintang rock yang berjiwa bebas terkemas dalam koleksi bertajuk WILD ONES. Danjyo Hiyoji berusaha menata dan merancang ulang identitas rockstar “dengan sentuhan edginess dan effortless cool”.

Untuk koleksi WILD ONES, denim yang jadi material utama dirancang edgy dengan aksen unfinished hems dan frays. Teknik digabungkan dengan prints hasil kolaborasi bersama Smiley World, serta styling yang berperan esensial untuk menangkap kesan 'young, wild, free' ala kehidupan seorang rockstar

Danjyo HiyojiDanjyo Hiyoji 'WILD ONES'/ Foto: Dok. JFW

Rantai yang menjadi aksen sampai tata rias melibatkan tato palsu dan lipstick ‘ciuman fans’ tampak pada model. Memungkasi ceritanya, kedua desainer Danjyo Hiyoji mengatakan, “Koleksi ini tidak hanya cocok untuk Gen Z, tetapi juga untuk siapa saja yang memiliki jiwa muda”.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE