sign up SIGN UP

KALEIDOSKOP BEAUTYNESIA 2021

Dari Met Gala sampai Kontroversi Naik Harga, Ini Momen Terheboh yang Terjadi di Dunia Fashion Selama 2021

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Jumat, 31 Dec 2021 10:30 WIB
Dari Met Gala sampai Kontroversi Naik Harga, Ini Momen Terheboh yang Terjadi di Dunia Fashion Selama 2021
Jakarta -

Jika di tahun 2020 fashion adalah tentang adaptasi dan presentasi digital maka 2021 menandai kembalinya acara-acara besar yang sempat tertunda semisal Met Gala. Selain itu fashion week juga mulai diadakan secara langsung meski tetap menjalankan protokol kesehatan. Tak hanya acara offline, tahun 2021 juga diwarnai deretan koleksi kolaborasi serta ketertarikan industri ini pada dunia metaverse. Berikut momen paling heboh yang terjadi di industri fashion sepanjang tahun 2021.

Kolaborasi

Gucci x BalenciagaGucci x Balenciaga/ Foto: GREGOIRE AVENEL


Proyek kolaborasi memang bukan hal yang baru namun di tahun 2021 kini para rumah mode bergengsi tak segan menggandeng rival mereka untuk bekerja sama. Gucci dan Balenciaga meski sama-sama berada di satu grup perusahaan yang sama yakni Kering namun memiliki segmentasi pasar yang sama. Keduanya resmi melansir sebuah koleksi yang diberi nama 'The Hacker Project' di mana sekaligus menandai perayaan hari jadi Gucci yang ke-100 tahun.
Strategi ini juga diadopsi oleh Fendi dan Versace yang menampilkan koleksi kolaborasi keduanya di Milan Fashion Week pada September 2021 lalu.

Kembalinya Balenciaga Haute Couture

Balenciaga haute couture Fall 2021Balenciaga haute couture Fall 2021/ Foto: Courtesy of Balenciaga


Balenciaga terakhir kali menampilkan koleksi haute couture yakni pada 53 tahun lalu sebelum sang desainer, Cristobal Balenciaga menutup rumah mode ini. Demna selaku creative director Balenciaga kembali 'menghidupkan' lini eksklusif ini. Sebagai desainer yang sukses menginjeksi nuansa streetwear pada garis desain klasik Balenciaga, pada kreasi koleksi couture perdananya Demna menawarkan gaun bergaya dramatis, tailoring serta jaket dan celana denim.

Kim Kardashian di Met Gala 2021

Kim KardashianKim Kardashian/ Foto: Instagram Kim Kardashian


Batal berlangsung di 2020, Met Gala kembali hadir di tahun 2021 dengan tema 'In America: A Lexicon of Fashion'. Mendedikasikan pada perjalanan sejarah industri fashion Amerika, gelaran tahun ini justru lebih dihebohkan oleh aksi para selebriti yang kebanyakan tak berdandan sesuai tema yang ada. Salah satu yang paling diperbincangkan tentu Kim Kardashian dengan kostum dengan penutup kepala warna hitam.

Kenaikan Harga dan Pembatasan Pembelian Tas Chanel

Chanel Métiers d’art 2022Chanel Métiers d’art 2022/ Foto: Courtesy of Chanel


Meningkatnya intensitas berbelanja barang mewah fashion membuat para label kenamaan menaikkan harga. Seperti Chanel yang melakukannya hingga tiga kali dalam tahun ini. Yakni pada bulan Januari, Juli dan November 2021 ini. Juru bicara Chanel kepada Bloomberg mengatakan bahwa alasan akan kenaikan harga ini didasari fluktuasi nilai tukar mata uang, perubahan biaya produksi dan penyetaraan harga tas di seluruh negara agar tidak terjadi ketimpangan.
Bloomberg juga melaporkan di Amerika Serikat, harga tas Chanel classic flap ukuran medium per November sudah mencapai 7800 USD atau sekitar Rp 111 juta.
Selain menaikkan harga, Chanel juga membatasi pembelian guna menekan aksi jual dengan harga yang lebih tinggi yang dilakukan oleh reseller. Kebijakan ini diterapkan di Korea Selatan di mana masyarakat Korea hanya diperbolehkan membeli satu tas dalam setahun.

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id