STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Deretan Busana Daerah yang Pernah Dikenakan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Upacara HUT RI

Krisyanti Asri | Beautynesia
Kamis, 18 Aug 2022 13:30 WIB
Deretan Busana Daerah yang Pernah Dikenakan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Upacara HUT RI

Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tinggal menghitung hari. Momen yang paling dinantikan oleh masyarakat adalah upacara bendera yang dilaksanakan di Istana Negara di Jakarta. Di hari itu, Presiden beserta jajaran akan hadir memimpin jalannya upacara. Para tamu undangan dari berbagai kalangan juga turut hadir memeriahkan acara tahunan tersebut.

Hal unik dari perayaan Hari Kemerdekaan di beberapa tahun belakangan ini adalah nuansa busana daerah yang dikenakan baik oleh Presiden dan Ibu Negara beserta jajarannya, maupun para tamu undangan.

Setiap tahunnya, Presiden Joko Widodo seakan ingin memperkenalkan suatu daerah lewat baju tradisional yang dikenakannya ketika memimpin upacara bendera di Istana. Bahkan Ibu Negara Iriana Jokowi pun ikut mengenakan busana tradisional meskipun berasal dari daerah yang lain.

Penasaran busana daerah mana saja yang pernah dikenakan Presiden Jokowi dan Ibu Iriana di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia? 

Busata Adat Buton - HUT RI ke 77

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengenakan busana adat Buton
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana/Foto : instagram.com/jokowi

Setelah membuat publik bertanya-tanya busana apa yang akan dikenakan Presiden Jokowi di acara HUT RI ke 77, akhirnya beliau muncul di podium Inspektur Upacara mengenakan busana adat berwarna merah dan putih serta membawa tongkat di tangan kanannya. Busana adat tersebut bernama Dolomani yang merupakan busana kebesaran Kesultanan Buton, Sulawesi Tenggara.

Paduannya berupa setelan jubah dan celana panjang berwarna merah, kemeja putih berbordir dengan model kerah shanghai, kain sarung, serta kopiah berwarna merah. Ciri khas lainnya adalah senjata tradisional Badik yang diselipkan di lipatan kain sarung, serta membawa tongkat kebesaran yang disebut Katuko.

Ibu Iriana juga mengenakan baju adat Buton yang didominasi warna biru dan emas. Yang paling mencolok adalah hiasan kepalanya berupa mahkota yang cukup besar.

  

Baju Adat Lampung - HUT RI ke 76

Presiden dan Ibu Negara mengenakan busana adat Lampung
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana/Foto : instagram.com/jokowi

Pada upacara perayaan HUT RI ke 76, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana memilih busana adat Lampung sebagai outfit mereka. Lebih detail lewat akun instagramnya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa baju adat yang dikenakannya merupakan baju adat Pepadun Lampung.

Setelan jas tutup dan celana panjang berwarna putih dipadu bersama kain Sarung Tumpal berwarna merah dan emas. Aksesorinya berupa ikat kepala, selendang, serta ikat pinggang yang semuanya berwarna merah dan emas.

Sementara Ibu Iriana mengenakan baju kebaya kurung dan kain songket yang semuanya berwarna emas kekuningan. 

Baju Adat Bali dan Simalungun - HUT RI ke 74

Presiden dan Ibu Negara mengenakan busana adat Bali dan Simalungun
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta Wapres dan Ibu Wapres/Foto : twitter.com/KSPgoid

Di perayaan HUT RI ke 74, nuansa ke-Bhineka-an mulai terasa di lingkungan istana. Pasalnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengenakan busana adat dari daerah yang berbeda. Baju adat Klungkung Bali menjadi pilihan dari mantan Walikota Solo tersebut.

Detailnya berupa beskap berbahan beludru berwarna hitam dengan motif yang dibordir dengan benang emas. Beliau juga mengenakan udeng atau ikat kepala khas Bali serta kain tenun ikat khas Klungkung sebagai bawahannya.

Sementara Ibu Iriana tampil anggun mengenakan busana adat Simalungun. Paduannya berupa tunik panjang berwarna merah dan kain Ulos untuk selendang dan bawahannya. Untuk melengkapi penampilannya, beliau mengenakan ikat kepala khas Simalungun yang bernama Bulang. 

Baju Adat Aceh dan Minang - HUT RI ke 73

Seperti sepasang pengantin, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengenakan busana adat Aceh dan Minang
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana/Foto : setneg.go.id

Pada perayaan HUT RI ke 73, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana memilih busana tradisional dari daerah yang ada di Pulau Sumatera. Presiden Jokowi mengenakan busana adat Aceh, lengkap dengan penutup kepalanya yang bernama Meukeutop.

Busana ini terdiri dari beskap berwarna hitam yang disebut Meukeusah, dengan motif sulaman di bagian kerah, saku, dan lengan baju. Baju ini dikenakan bersama kain sarung berwarna merah yang sering disebut Ija Kroeng.

Sementara Ibu Iriana memilih baju adat Minang, Sumatera Barat. Berbeda dengan baju adat Minang pada umumnya, baju adat yang dikenakan Ibu Negara mempunyai ikat kepala berupa tudung atau selendang. Bajunya sendiri berupa tunik berbahan bludru dengan sulaman benang emas pada motifnya. Baju ini dipadukan bersama kain khas Sumatera Barat yang didominasi warna merah. 

Baju Adat Kalimantan Selatan dan Minang - HUT RI ke 72

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengenakan busana adat Kalimantan Selatan dan Minang
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana/Foto : Setpres RI

Di perayaan HUT RI ke 72, Presiden Jokowi meminta bantuan seorang Lurah dari Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, untuk memakaikan busana adat Tanah Bumbu. Busana tersebut sudah dipesan oleh beliau 1 bulan sebelum pelaksanaan dan dikirim langsung oleh Bupati Tanah Bumbu ke Jakarta. Busana ini terdiri dari jas panjang berwarna hitam yang disebut Cekak Musang tanpa kancing.

Bagian dalamnya seperti kemeja berwarna putih. Yang menjadi ciri khas dari busana adat ini adalah kain tenun berwarna merah khas Tanah Bumbu bernama Pagatan. Kain ini dikenakan oleh beliau sebagai ikat kepala dan kain sarungnya.

Di sisi lain, Ibu Iriana memilih busana adat Minang bergaya Bundo Kandung. Busana ini berupa kebaya kurung berwarna merah dipadu dengan kain songket khas Minang untuk sarung, selendang, dan ikat kepalanya yang disebut Tingkulak. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE