
Digelar Perdana! Ini Fakta Wajib Diketahui tentang Metaverse Fashion Week 2022

Kemajuan teknologi yang kian pesat merambah berbagai aspek kehidupan. Dalam industri fashion, teknologi membuka peluang besar bagi setiap orang untuk bereksplorasi, unjuk kreativitas, serta mengekspresikan diri di luar batas dalam metaverse. Istilah yang semakin sering terdengar di abad ke-21 ini mengundang daya tarik, kreasi outfit digital yang menakjubkan untuk dikenakan di metaverse mendorong para pelaku industri menggelar Metaverse Fashion Week (MVFW) yang dilakukan dalam platform Decentraland pada tanggal 24 - 27 Maret 2022. Berikut selengkapnya.
Menggabungkan Physical dan Digital (Phygital) Fashion
![]() Items tersedia dalam bentuk digital dan fisik/ Foto: instagram.com/kinestry |
Perdana digelar, Metaverse Fashion Week dianggap sebagai sebuah eksperimen besar di dunia maya. Walaupun dilakukan sepenuhnya secara virtual, masih ada beberapa elemen fisik yang diterapkan atau disebut juga sebagai phygital. Misalnya pada area shopping disebut “Boson Portal - Fashion District” yang dibuat menyerupai Avenue Montaigne di Paris, disediakan untuk berbelanja barang-barang dalam bentuk fisik atau digital melalui NFT.
Dunia Serba 3 Dimensi
![]() MVFW 2022 yang digelar pertama kali/ Foto: instagram.com/wwd |
Apa yang diharapkan dari fashion week yang sepenuhnya virtual? Tentu saja ruang peragaan busana digital, lengkap dengan avatar bertindak sebagai model, melenggang di virtual catwalk mengenakan outfit digital. Semua tercipta dalam bentuk 3 dimensi.
Brand yang berpartisipasi akan menunjukkan koleksi terbarunya atau interpretasi baru dari pakaian yang sudah dibuat sebelumnya. Selain peragaan busana, terdapat pop-up store, instalasi film, dan afterparty seusai acara. Keseluruhan pengalaman fashion week digital pertama di dunia ini mempertemukan user dari berbagai belahan dunia ke dunia maya buatan untuk menyaksikan pesona digital fashion yang disuguhkan.
Label yang Melakukan Showcase
![]() Pop up store Tommy Hilfiger di metaverse/ Foto: instagram.com/theindustryfashion |
Lebih dari 50 brand mewah kovensional dan digital terdaftar untuk melakukan showcase di Metaverse Fashion Week. Dimulai dengan pembukaan Selfridges flagship store di metaverse, digital fashion brand mempresentasikan koleksinya dengan caranya sendiri.
Label The Fabricant akan presentasikan koleksinya, seperti Hemdrock Jacket, Nehalennia Dropsuit, dan leotard lengan panjang. Mereka juga menggelar kompetisi desain di mana pengunjung adu kreativitas membuat koleksi pakaian The Fabricant Season 1 versinya sendiri menggunakan material dan kombinasi warna berbeda. Label DressX siap menjual kostum Super Bowl yang dikenakan Mary J Blige sebagai NFT. Label Auroboros akan menutup pekan mode digital dengan mengundang Grimes dalam konser serta melelang koleksi digital fashion 'Biomimicry'.
Tidak eksklusif untuk rumah mode digital semata, beberapa rumah mode konvensional seperti Elie Saab, Etro, Dolce & Gabbana, Paco Rabbane dan Tommy Hilfiger juga ikut memeriahkan MVFW 2022 ini, Beauties!
Gratis dan Mudah Diakses
![]() MVFW 2022 di Decentraland, gratis dan mudah diakses/ Foto: instagram.com/decentraland_foundation |
Berbeda dengan fashion week pada umumnya yang khusus tamu undangan dan terbatas, Metaverse Fashion Week terbuka untuk semua orang dan gratis. Tentu Beauties membutuhkan komputer dengan koneksi internet yang stabil untuk mengunjungi Metaverse Fashion Week ini secara gratis. Log in ke situs Decentraland dan kamu pun siap nikmati fashion week digital. Eits! Di dalam metaverse, tersedia QR code yang bisa kamu scan untuk melihat koleksi berupa NFT dan membelinya dengan mata uang kripto (Ethereum) juga, Beauties!
Siap mendandani avatarmu dengan digital outfit dan berjalan menyusuri Metaverse Fashion Week?
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!