Fashion Update: Danjyo Hiyoji Senantiasa Relevan Lintasi Zaman dengan "Lovestruck" dan Optimasi Digital
Danjyo Hiyoji menyuguhkan streetwear apik yang menggiurkan di mata anak muda sejak tahun 2009. Berpaut pada gol untuk memaksimalkan setiap aspek yang dimiliki Danjyo Hiyoji dan senantiasa fokus pada misi, mereka berhasil berdiri lebih dari satu dekade.
Koleksi terbarunya, Resort 2024 bertajuk "Lovestruck", belum lama dipresentasikan. Momen peragaan tersebut juga menjadi pengingat bahwa Danjyo Hiyoji masih belum kendor di industri fashion Indonesia. Label yang dinahkodai Dana Maulana dan Michael Simiadi menyajikan ragam busana yang setia pada identitas desain dengan menggabungkan kesan flamboyan, romantis, serta sporty.
Lantas, bagaimana brand lokal ini bisa tetap relevan, bahkan setelah melalui "guncangan" selama pandemi COVID-19 di mana merebak bisnis yang gulung tikar? Jawabannya disingkap Dana dan Michael kepada Beautynesia.
Agility di Situasi Tidak Pasti
Danjyo Hiyoji, Koleksi Resort 2024 "Lovestruck"/ Foto: Courtesy of Danjyo Hiyoji |
Berkutat dengan semua ketidakpastian di era pandemi mungkin jadi tantangan baru bagi semua brand. Daya beli pasar yang menurun, pembatasan interaksi secara langsung, ditambah merebaknya penyakit menular mematikan, mendorong semua orang untuk beradaptasi di masa krisis.
Tak terkecuali label Danjyo Hiyoji yang lincah mengikuti arus waktu dengan cara tetap konsisten, tidak mudah menyerah, serta memiliki rencana 'A to Z' dalam menyikapi industri fashion yang dinamis.
"Kita terus berkarya," katanya. "Meskipun dalam keadaan lockdown, kita tetap melakukan aktivitas design via online. Ini menjadi salah satu penyemangat kita di saat pandemi. Kita juga berusaha untuk membantu dengan kemampuan kita seperti membantu untuk membuatkan seragam APD, membuat masker dan juga berbagai macam survival kit pada masa-masa itu".
Ketepatan Strategi
Danjyo Hiyoji, Koleksi Resort 2024 "Lovestruck"/ Foto: Courtesy of Danjyo Hiyoji
Tak semua dampak dari pandemi itu buruk. Seusainya, mereka justru mempunyai semangat baru untuk kembali beraksi, seperti melakukan banyak kolaborasi sampai menyusun strategi untuk pricing dan fokus ke online sales.
Strategi juga diterapkan saat menuangkan kreativitas dalam mendesain di mana produk harus sesuai brand identity sekaligus demografi pasar. “When designing we would create categories such as: basics with a twist & fashion forward pieces in which could be translated into everyday essentials atau pieces yang dapat dikenakan setiap hari dan dapat di-purchase immediately; and also show pieces that have more intricate details and are usually made by order”.
Mengoptimalkan Website
Danjyo Hiyoji, Koleksi Resort 2024 "Lovestruck"/ Foto: Courtesy of Danjyo Hiyoji
Di era yang serba digital, tak lengkap jika sebuah brand tidak dapat diakses secara online. Mulai dari lihat katalog hingga pembelian bisa dilakukan hanya dengan klik. Sebab itu, Danjyo Hiyoji turut berusaha meningkatkan kenyamanan pengguna di situs mereka.
“We have just updated our website at www.danjyohiyoji.com with widgets that are more user friendly and a more appealing layout,” ungkap Dana dan Michael, lalu dilanjutkan dengan penjelasan cara mereka menjangkau lebih banyak audiens.
“Kita ingin memperkuat penjualan kami melalui online sales. Kami juga memiliki workshop di daerah Pondok Cabe di mana di lantai satu adalah showroom where people can shop. Saat ini, kami juga sedang memperbaiki channel distribusi kita di marketplace agar jangkauan lebih luas lagi.”
Koleksi Lovestruck yang Segar
Danjyo Hiyoji, Koleksi Resort 2024 "Lovestruck"/ Foto: Courtesy of Danjyo Hiyoji
Bulan Juli 2023 jadi waktu penting di mana Danjyo Hiyoji menampilkan koleksi Resort 2024 bertajuk Lovestruck. Kreasi desain Dana dan Michael masih mengacu pada misi seperti yang tertulis pada situs resminya: progresif, segar, dan relevan buat generasi muda.
Danjyo Hiyoji, Koleksi Resort 2024 "Lovestruck"/ Foto: Courtesy of Danjyo Hiyoji |
Beneran bikin jatuh cinta pada pandangan pertama, koleksi yang cocok dipakai di wilayah tropis ini tercipta dari bahan ringan, nyaman, dilengkapi detail box pleats, straps, layers, ribbon & bow, sampai unfinished hem. Mereka juga menggunakan kain yang tidak biasa mereka gunakan, seperti sequin, nylon metalik, dan sentuhan lace yang menambah pesona desainnya.
Memberikan yang Terbaik
Danjyo Hiyoji, Koleksi Resort 2024 "Lovestruck"/ Foto: Courtesy of Danjyo Hiyoji
Bergumul di industri fashion selama 14 tahun, banyak pencapaian yang telah dicetak oleh label Danjyo Hiyoji. Mereka juga tidak asing dengan pagelaran fashion di luar negeri yang dalam persiapannya tidak jauh berbeda dari show di Indonesia. “The process is pretty much the same and we give our best to every show we are going to present,” tutup sang desainer.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Danjyo Hiyoji, Koleksi Resort 2024 "Lovestruck"/ Foto: Courtesy of Danjyo Hiyoji
Danjyo Hiyoji, Koleksi Resort 2024 "Lovestruck"/ Foto: Courtesy of Danjyo Hiyoji