sign up SIGN UP

Hana Tajima Bicara tentang Proses Kreatif di Balik Rancangannya untuk Uniqlo dan Pandangan akan Genderless Fashion

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 20:30 WIB
Hana Tajima Bicara tentang Proses Kreatif di Balik Rancangannya untuk Uniqlo dan Pandangan akan Genderless Fashion
caption
Jakarta -

Uniqlo mungkin memiliki banyak kolaborator. Namun salah satu yang jadi benchmark dalam ranah kolaborasi fashion adalah proyek kerja samanya dengan Hana Tajima. Bermula pada tahun 2015 kala itu terbilang jarang label fashion berskala global menggandeng desainer dari segmen modest wear. Sedikit banyak koleksi keduanya turut memengaruhi perputaran tren modest wear. Serta mengubah persepsi mengenainya, bahwa busana modest pun dapat diuraikan ke dalam berbagai gaya.

Hampir 7 tahun berkolaborasi dan menawarkan berbagai varian busana, namun Hana Tajima dan Uniqlo tetap setia pada visi desain yang mereka usung, yakni menghadirkan pakain yang fungsional, nyaman, elegan, dan cantik dalam permainan warna yang subtle.

Bagi konsumen karakter tersebut dirangkum dengan kata minimalis. Meski begitu terdapat banyak usaha dan pertimbangan matang di baliknya. Hana memiliki pendekatan tersendiri agar rancangannya tetap terlihat menarik.

Hana TajimaHana Tajima/ Foto: Uniqlo

"Itu jadi tantangan tersendiri buat saya. Bagi saya berfokus pada proses desain dibanding desain itu sendiri adalah kuncinya. Contohnya, ketika saya melakukan drape bahan pada manekin saya bisa mendapatkan perspektif yang berbeda dibanding ketika saya merancang di atas kertas. Anda mulai bisa melihat arah jahitan sehingga bisa membuat siluet yang elegan secara lebih menarik. Hal ini mungkin tidak akan Anda bayangkan ketika pertama kali melihatnya. Namun ketika Anda mengenakan busana tersebut, Anda akan memahami akan maksud dari si pembuat," terang Hana kepada Beautynesia.

Uniqlo x Hana  Tajima spring/summer 2022Uniqlo x Hana Tajima spring/summer 2022/ Foto: Uniqlo

Sisi emosional dan personal tersebut juga yang jadi faktor mengapa koleksi Hana Tajima untuk Uniqlo berhasil menjangkau pasar yang lebih luas lagi, tak hanya mereka yang berhijab. Desain yang ia tawarkan tidak mendikte si pemakai melainkan mengikuti gaya hidup mereka.

"Secara pribadi, saya tidak menyukai pakaian yang 'mewakili' karakter saya. Saya tidak ingin mengikuti selera orang lain dan kehilangan jati diri saya. Maka saya lebih berfokus merancang pakaian yang bisa membuat si pemakainya merasa bahagia alih-alih berusaha menampilkan mereka dalam suatu gaya tertentu," tegas desainer asal Inggris ini.

"Setiap musim saya selalu berusaha merancang pakaian yang tentu memiliki arti bagi saya, namun jika saya bisa mengkreasikan busana yang bisa membuat orang lain merasa bahagia, cantik, dan nyaman dengan dirinya, tak ada hal yang lebih baik dari itu," tambahnya.

Uniqlo x Hana Tajima spring/summer 2022Uniqlo x Hana Tajima spring/summer 2022/ Foto: Uniqlo

Kenyamanan dan desain yang personal tersebut membuat koleksinya juga terbilang timeless. Tetap stylish sekalipun tren fashion terus bergulir.

"Sejalan dengan filosofi LifeWear bahwa pakaian ini untuk dikenakan. Bukan hanya untuk dipakai foto atau sekali saja. Mereka adalah milikmu, dan harus bisa beradaptasi dengan gaya hidup dan karakter berpenampilan. Secara tidak langsung terjadi dialog dengan orang lain, dan saya merasa bersemangat karenanya,".

Jika tren bukanlah acuan Hana lantas bagaimana dengan perubahan persepsi masyarakat akan gender dalam hal fashion. Kita semakin melihat bahwa pakaian tak perlu dikotak-kotakkan lagi berdasarkan gender si pemakainya. Adakah Hana Tajima mulai terinspirasi untuk menuangkannya dalam koleksi yang akan datang?

"Semakin kita memahami gender dan identitas semakin kita sadar bahwa pemikiran lama mengenai pakaian semakin kurang relevan. Saya rasa kategori ini (genderless) akan semakin berkembang seiring dengan meluasnya pemahaman masyarakat mengenai definisi maskulin dan feminin menurut mereka. Saya tertarik melihat semua orang mengenakan rancangan saya. Ini berarti saya bisa terhubung dengan sense of beauty yang ada dalam diri setiap orang," tutupnya.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id