sign up SIGN UP

Hijabers Wajib Tahu... 5 Cara Sederhana Ini Bantu Merawat Hijab Supaya Nggak Cepat Pudar, Yuk Lakukan!

Ruhil Anadiah Sabrina | Beautynesia
Minggu, 26 Dec 2021 17:30 WIB
Hijabers Wajib Tahu... 5 Cara Sederhana Ini Bantu Merawat Hijab Supaya Nggak Cepat Pudar, Yuk Lakukan!
caption

Merawat hijab memang susah-susah gampang ya, Beauties. Nggak jarang karena sering dipakai, warnanya jadi pudar. Tapi bagaimana nasibnya jika baru sekali dipakai sudah luntur saat dicuci? 

Nah berikut ini tips sederhana merawat hijab agar warnanya tidak mudah luntur dan pudar. Simak yuk!

1. Saat Mencuci Pisahkan antara Hijab dan Baju 

Saat Mencuci Pisahkan Antara Hijab dan Baju
Saat Mencuci Pisahkan Antara Hijab dan Baju/pexels.com/@Teona Swift

Tips pertama yang bisa kamu lakukan yaitu dengan memisahkan baju dan hijab saat mencuci. Ini jadi salah satu cara terpenting untuk menjaga warna hijab tetap cerah dan tampak baru.

Dengan memisahkannya saat mencuci, hal itu bertujuan untuk menghindarkan noda dan warna luntur yang bisa berpindah dan menempel di hijabmu. Jadi, jangan lupa saat mencuci pisahkan keduanya ya. 

2. Merendam Hijab dengan Air Hangat

Merendam Hijab dengan Air Hangat
Merendam Hijab dengan Air Hangat/pexels.com/@Teona Swift

Cara kedua yaitu kamu bisa merendam hijabmu dengan air hangat. Rendam beberapa hijab sekalian namun pastikan tidak ada warna jilbab yang mudah luntur.

Masukkan detergen dan kucek satu per satu secara pelan-pelan pada hijabmu. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari warna pigmen hijab yang mudah luntur. 

3. Setrika dengan Suhu Medium

Setrika dengan Suhu Medium
Setrika dengan Suhu Medium/pexels.com/@karolina grabwoska

Selanjutnya yaitu setrika hijabmu dengan suhu yang sedang atau medium saja. Jika kita menyetrika pada suhu yang tinggi tentunya akan merusak serat dan bahan kain sehingga bisa membuat warna hijabmu nampak pudar. 

4. Jemurlah Hijabmu dengan Benar

emurlah Hijabmu dengan Benar
emurlah Hijabmu dengan Benar/pexels.com/@teona swift

Tips selanjutnya yaitu dengan menjemur hijab yang benar. Hijab merupakan kain yang bahannya lebih tipis daripada baju, oleh karena itu jangan jemur di bawah sinar matahari secara langsung.

Jemur di tempat yang rindang dan membiarkan hijab kering dengan angin-angin di sekitarnya. Menjemur hijab di bawah sinar matahari langsung hanya akan membuatnya menjadi kusam. 

5. Simpan Hijab Menggunakan Hanger, Atau Melipatnya Jika Jarang Digunakan

Simpan Hijab Menggunakan Hanger
Simpan Hijab Menggunakan Hanger/pexels.com/@Craig Adderley

Terakhir, simpan hijab terbaik dengan cara menggantungnya memakai hanger atau gantungan khusus hijab agar tidak mudah kusut. Selain digantung, kamu bisa melipat dan menyimpan hijab yang jarang kamu pakai di storage khusus. Hal itu akan membuat hijabmu bisa lebih terawat dan menghindarkan warnanya menjadi pudar. 

Itulah 5 tips merawat hijab agar warnanya tidak mudah luntur yang harus kamu coba. Merawat hijab sama dengan menjaga kerapihan lho. Jadi, rawat hijabmu dengan benar ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id