Jelang Akhir Tahun, Miu Miu Kembali ke Posisi Puncak Brand Terpopuler di 2024

Henny Alifah | Beautynesia
Jumat, 01 Nov 2024 18:30 WIB
Jelang Akhir Tahun, Miu Miu Kembali ke Posisi Puncak Brand Terpopuler di 2024
Foto: instagram.com/miumiu

Musim pekan mode di bulan September biasanya mampu membangkitkan permintaan pelanggan terhadap merek-merek mewah. Namun tidak demikian untuk tahun ini. Alasannya karena harga yang melonjak, ketidakstabilan ekonomi global, dan iklim geopolitik yang suram.

Di tengah kelesuan itu, Miu Miu berhasil meningkatkan reputasinya. Miu Miu menggeser Loewe di daftar Hottest Brand alias brand paling populer versi Lyst pada kuartal tiga (Q3) 2024. Ini sekaligus menandai kembalinya Miu Miu ke posisi pertama setelah sempat turun peringkat pada kuartal dua kemarin.

Menurut Lyst, penggemar mode brand mewah sebenarnya masih terus berbelanja, tetapi kini lebih bijaksana dan berpikiran terbuka dalam hal menemukan atau menemukan kembali merek yang layak untuk diinvestasikan.

Termasuk Miu Miu, simak lima besar brand paling populer di kuartal tiga 2024 berikut ini.

1. Miu Miu

Charlotte Cardin x Miu Miu Arcadie Suede Bag/ Foto: instagram.com/miumiu

Miu Miu kembali ke posisi nomor satu, menyalip Loewe sebagai merek terpopuler kuartal ini. Sederet strategi cerdas dan inovatif Miu Miu dalam beberapa bulan terakhir menjadi kunci kesuksesannya.

Sebut saja di antaranya membuka pop-up store di berbagai kota Asia, termasuk Korea Selatan, lalu kampanye musim gugur 2024 yang menggandeng supermodel Cara Delevingne, hingga peluncuran film pendek di Festival Film Venice pada Agustus.

Berbagai terobosan Miu Miu sukses meningkatkan pencarian global hingga 30% di kuartal ini. Tas Arcadie Suede, salah satu produk andalan mereka pun berada di posisi keempat dalam daftar produk terpopuler Q3 2024.

2. Loewe

Loewe SS25 Women Runway Show/ Foto: instagram.com/loewe

Turun satu peringkat, Loewe berada di posisi kedua sebagai brand terpopuler pada kuartal ini. Meskipun koleksinya tidak masuk ke daftar 10 besar produk terpopuler di kuartal ini, reputasi Loewe masih tinggi.

Beberapa inovasinya yang mencuri perhatian adalah kampanye FW24 yang dibintangi Daniel Craig dan Greta Lee, membuka CASA LOEWE pertama di Seoul, Korea Selatan, dan memperkenalkan koleksi SS25 Women di Château De Vincennes.

3. Prada

Karina x Prada Holiday 25 campaign/ Foto: instagram.com/prada

Sama seperti kuartal dua, saat ini Prada tetap berada di posisi tiga sebagai brand terpopuler di dunia.

Gebrakan barunya yaitu memperkenalkan hotline Miranda July, yang bekerja sama dengan pembuat film, artis, dan penulis Amerika Miranda July. Selain itu, Prada juga baru saja mengumumkan Karina, salah satu idol KPop paling hits saat ini, sebagai brand ambassador.

4. Saint Laurent

Bella Hadid untuk Saint Laurent Women's Summer 25/ Foto: instagram.com/ysl

Saint Laurent saat ini juga bertahan di posisinya, yakni posisi keempat sama seperti kuartal dua. Meski memang, koleksinya tidak masuk ke daftar 10 besar produk terpopuler.

Beberapa gebrakannya yang mencuri perhatian hingga viral di media sosial adalah kampanye Tan Lines yang menampilkan Anja Rubik dan Rosé, kampanye Fall 24 yang menampilkan Bella Hadid dan Rosé, serta memperkenalkan koleksi Winter 24 di Paris.

5. Alaïa

Alaïa WS25 Show/ Foto: instagram.com/maisonalaia

Alaïa secara dramatis naik ke posisi lima sebagai brand terpopuler kuartal ini, loncat hingga 12 peringkat dari posisi sebelumnya. Di bawah pimpinan direktur kreatif Pieter Mulier, Alaïa menampilkan koleksi menyegarkan sambil tetap menghormati warisan rumah mode tersebut. Lonjakan pencarian merek ini mencapai 51% pada kuartal tiga.

Setelah mencuri perhatian dengan sepatu ballerina berhias stud yang viral tahun lalu, versi terbaru dengan bahan fishnet kini menjadi nomor satu di daftar produk terpopuler.

Selain itu, tas Le Coeur dan Teckel dari Alaïa kini menjadi aksesori favorit selebriti seperti Emily Ratajkowski dan Camila Cabello. Desain Pieter Mulier untuk Alaïa juga semakin sering terlihat di karpet merah, dikenakan oleh bintang-bintang besar seperti Jennie BLACKPINK, Selena Gomez, Ariana Grande, Taylor Russel dan Tilda Swinton.

20 Besar

Para Tamu di Pertunjukan Ralph Lauren Spring 25/ Foto: instagram.com/ralphlauren

Di samping itu, Ralph Lauren tercatat mengalami peningkatan paling signifikan di Lyst Index, berkat lonjakan keterlibatan produk sebesar 151% selama kuartal ini. Hal ini sebagian besar didorong oleh kehadirannya dalam acara-acara prestisius seperti Olympics dengan seragam Tim USA, serta di Wimbledon dan U.S. Open. Hasilnya, Ralph Lauren debut di peringkat ke-14 dalam daftar merek terpopuler kuartal ini.

Pendatang baru lainnya yang mencuri perhatian di kuartal ini ada Toteme (peringkat ke-16), Victoria Beckham (peringkat ke-19), dan Chloé (peringkat ke-20).

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE