sign up SIGN UP

Kourtney Kardashian Ramai Dikritik Netizen dan Disebut Greenwashing Bersama Boohoo

Rayoga Firdaus | Beautynesia
Rabu, 14 Sep 2022 08:30 WIB
Kourtney Kardashian Ramai Dikritik Netizen dan Disebut Greenwashing Bersama Boohoo
caption
Jakarta -

Kolaborasi label fashion dengan selebriti tak selalu disambut antusias, seperti yang dialami Kourtney Kardashian. Pemilik laman Poosh tersebut mengabarkan bahwa ia akan bekerja sama merilis koleksi pakaian ramah lingkungan dengan label fast fashion, Boohoo.

Seketika para netizen pun mengkritik dan menyebut Kourtney dan Boohoo melakukan greenwashing.

Dalam keterangan yang dirilis, Kourtney sebenarnya menyadari bahwa fast fashion dan sustainability adalah dua kata yang dianggap berlawanan. Namun akhirnya ia tertarik berkolaborasi dengan Boohoo ketika jenama asal Inggris tersebut akan menerapkan konsep ramah lingkungan.

Koleksi Kourtney Kardashian x BoohooKoleksi Kourtney Kardashian x Boohoo/ Foto: Boohoo

"Ketika Boohoo mendekati saya bahwa idenya ini tentang sustainability dan style, saya khawatir akan efek dari industri fast fashion terhadap planet kita. Boohoo kemudian merespon dengan yakin dan dengan kesungguhan untuk lebih mempraktikkan keberlanjutan dalam koleksi kami. Merupakan sebuah pengalaman yang mencerahkan bisa berbicara langsung dengan sejumlah praktisi industri ini," ujar Kourtney.

Koleksi Kourtney Kardashian x BoohooKoleksi Kourtney Kardashian x Boohoo/ Foto: Boohoo

Aja Barber, penulis, konsultan mode, dan penggiat fashion ramah lingkungan adalah salah satu yang melempar kritikan pedas terhadap keduanya.

"Penasihat baru sustainability Boohoo? Inilah bukti bahwa mereka tidak peduli. Jika mereka peduli mereka akan menunjuk seseorang yang memahami akan sustainability. Bukan bintang televisi. We are in hell. Saya meyakini itu." tulisnya.

Dalam sejumlah foto yang dirilis, Kourtney menghadirkan sederet busana bergaya seksi dan edgy seperti gaun dan jumpsuit berbahan lace serta puffer coat.

Amarah netizen, pengamat mode, dan pegiat lingkungan terhadap keluarga Kardashian juga didukung akan laporan mengenai gaya hidup mereka yang suka naik jet pribadi. Kim Kardashian dan Kylie Jenner jadi salah dua selebriti dengan daftar penghasil emisi karbon terbesar tahun 2022 bersama Taylor Swift dan Travis Scott dalam laporan rilisan Yard, sebuah perusahaan pemasaran.

Koleksi Kourtney Kardashian x BoohooKoleksi Kourtney Kardashian x Boohoo/ Foto: Boohoo

Semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, semakin besar pula ekspektasi masyarakat akan definisi 'sustainability'. Para brand fashion tak hanya dituntut untuk memakai material ramah lingkungan, tapi juga memerhatikan kesejahteraan para buruh pabrik yang membuat koleksi pakaian mereka.

Transparansi akan proses pembuatan, pemasaran, dan kepedulian akan lingkungan para label fashion juga jadi poin yang diharapkan oleh publik.

Rencananya koleksi kolaborasi Kourtney Kardashian dengan Boohoo akan dirilis pada 13 September 2022.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id