Mau Pakai Outfit Kekinian Tapi Tetap Bernuansa Indonesia? Ini Dia Rekomendasi Brand Lokalnya!
Siapa bilang warisan Indonesia sulit dipadukan dengan gaya kekinian? Beberapa brand lokal bisa menghadirkan perpaduan unik antara budaya tradisional dan sentuhan modern yang super stylish!
Mulai dari batik yang diolah dengan cara yang lebih fresh, hingga aksesori pelengkap seperti tas jinjing rajut yang tidak kalah keren, banyak brand berhasil menciptakan karya yang bukan hanya mencerminkan kekayaan budaya, tapi juga penuh dengan inovasi. Hasilnya, layak dikenakan buat sehari-hari!
Yuk, intip beberapa rekomendasi brand lokal yang memadukan dua dunia tersebut dan buat pemakainya bangga tampil dengan produk yang punya cerita!
1. NAWA
NAWA/Foto: instagram.com/nawa_clo
NAWA, sebuah brand yang didirikan oleh tiga sahabat, Latisha Soeryadjaya, Yusuf Hantha Raszanov, dan Dasril Buyung, hadir dengan konsep yang unik. Koleksi perdana mereka, "AKAR", menggabungkan warisan budaya Indonesia dengan gaya kekinian.
Dalam setiap karyanya, NAWA bekerja langsung dengan pengrajin lokal, menggunakan kain batik dari Solo dan tenun ikat khas Sumba. Brand ini fokus untuk menyajikan batik dan wastra lokal dalam bentuk yang lebih modern, terutama dalam desain hiphop dan streetwear yang tengah digemari oleh anak muda zaman sekarang, terutama Gen Z.
2. PURANA
PURANA/Foto: instagram.com/puranaindonesia
PURANA dipimpin oleh Nonita sebagai Direktur Kreatif, lahir dan tumbuh di keluarga dengan budaya Jawa yang kental. Nonita menggabungkan teknik batik tradisional, tenun tangan, ikat celup, serta motif geometris modern dalam setiap koleksinya. Ia juga menyisipkan unsur lukisan pada kain untuk menghasilkan karya yang siap pakai dengan potongan dan desain yang unik serta stylish. Ciri khas dari Purana adalah potongan longgar yang dirancang agar pakaian ini nyaman dan fleksibel digunakan dalam berbagai kesempatan, memberikan pilihan stylish yang sempurna untuk perempuan.
3. Long Story Short
Long Story Short/Foto: instagram.com/longstoryshort.shop
Rotan rajut yang merupakan salah satu kerajinan khas Indonesia kini berhasil diolah dan ditingkatkan lagi value-nya melalui bentuk tas yang modern dan trendi oleh brand lokal Long Story Short.
Dengan sentuhan para pengrajin lokal, setiap tas memiliki keunikan dan nilai seni tersendiri, sekaligus membawa cerita warisan tradisi Indonesia. Bahkan kini Long Story Short telah melebarkan sayap hingga ke Jepang dan Amerika Serikat. Ini menjadi bukti bahwa produk lokal bisa bersaing di pasar internasional!
4. IKAT Indonesia
IKAT Indonesia/Foto: instagram.com/ikat_ind
IKAT Indonesia adalah label yang didirikan oleh Didiet Maulana pada tahun 2011. Brand ini bertujuan untuk melestarikan dan memodernisasi budaya Indonesia melalui penggunaan seni tenun ikat dalam industri fashion. Mereka menawarkan berbagai produk fashion, termasuk atasan, bawahan, aksesori, dan pakaian renang. IKAT Pada September 2023 telah sukses menampilkan koleksi Musim Semi 2024 di New York Fashion Week, memperlihatkan perpaduan tenun ikat tradisional dengan desain modern di kancah internasional.
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang dapat ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!