sign up SIGN UP

Mengenal Struktur dan Jenis - Jenis Dress untuk Berbagai Acara, Apa Bedanya Coctail Dress dan Evening Dress?

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Rabu, 01 Jun 2022 18:00 WIB
Mengenal Struktur dan Jenis - Jenis Dress untuk Berbagai Acara, Apa Bedanya Coctail Dress dan Evening Dress?
caption

Begitu banyak model gaun yang bisa kamu temukan di pasaran dewasa ini, mulai dari desain rok panjang dan pendek, model berlengan atau tanpa lengan, tambahan ornamen nan mewah, dan lain sebagainya. Dari sekian banyak pilihan model dress tersebut, pemakaiannya perlu disesuaikan acara yang kamu hadiri agar tidak salah kostum, Beauties. Karena itu, klasifikasi jenis gaun berdasarkan acara berikut menjadi penting untuk diketahui. Namun sebelumnya, kenali dulu yuk bagian - bagian dress!

 

Struktur Bagian Gaun

Struktur dress/
Struktur dress/ Foto: pexels.com/Anne

Sebagai pakaian one-piece, tentu sebuah gaun memiliki struktur yang membentuknya. Bagian - bagian inilah yang biasa dimodifikasi sesuai keinginan desainer atau konsumennya. 

  1. Sleeve atau strap: bagian lengan yang bisa dimodifikasi, baik lengan panjang, pendek, tanpa bagian lengan, maupun berupa tali atau strap
  2. Bodice: bagian atasan dari suatu dress, mulai dari pangkal leher hingga badan.
  3. Waistline: jahitan horizontal pada pinggang yang membatasi bagian bodice dan rok.
  4. Skirt: bagian bawah dari dress yang berupa rok.
  5. Train: Ekstensi bagian rok yang menjuntai ke belakang, menyapu lantai. Bagian train ini ditambahkan untuk fungsi estetika, menampilkan kesan lebih mewah dan megah.

 

Jenis - Jenis Gaun Berdasarkan Acaranya


1. Casual Dress

Gaun kasual Alexa Chung/
Alexa Chung memakai sundress/ Foto: instagram.com/alexachung

Gaun kasual dapat dideterminasi dari material dan modelnya. Pada umumnya, gaun kasual berbahan katun, kain yang relatif ringan dan adem. Desain simpel atau tidak ada penghias berkesan mewah, serta bisa mengadopsi motif girly dan fun seperti flora juga menjadi karakteristik lain. Gaun jenis ini bisa berupa sundress, yakni gaun kasual cocok dikenakan sehari-hari di musim panas.

2. Work Dress

Kate Middleton mengenakan sheath dress/
Kate Middleton mengenakan sheath dress/ Foto: instagram.com/dukeandduchessofcambridge

Blazer dress, cape dress, sheath dress yang bernuansa formal biasa dikenakan untuk keperluan bisnis. Deretan gaun ini mempunyai siluet sleek, memberikan impresi profesional. Karena itu pilihan dress ini tepat dipakai ke acara kantor dengan dress code business casual.

3. Cocktail Dress

Lily-Rose Depp memakai cocktail dress/
Lily-Rose Depp memakai cocktail dress/ Foto: instagram.com/lilyrose_depp

Biasa dipakai ke pesta seperti acara prom night, cocktail dress merupakan gaun semi-formal dengan variasi desain glamor yang subtle. Cocktail dress jatuh di atas atau tepat selutut dan versatile. Misalnya, little black dress yang mudah dipadupadankan dengan fashion items lainnya.

4. Formal Dress atau Evening Dress

Suki Waterhouse mengenakan evening dress/
Suki Waterhouse memakai evening dress/ Foto: instagram.com/alexandrevauthier

Beauties, mungkin kamu pernah mendengar istilah evening dress sebelumnya. Gaun glamor ini biasa dikenakan untuk acara malam bersifat formal, seperti acara black tie atau white tie. Wujudnya pun mudah dikenali, seperti detail yang lebih delicate, rok panjang, terdapat opsi aksen train serta ornamen, dan material mewah seperti silk, chiffon, atau satin.

5. Wedding Dress

Gaun pernikahan Nicola Peltz Beckham/
Gaun pernikahan Nicola Peltz Beckham/ Foto: instagram.com/nicolaannepeltzbeckham/German Larkin

Siapa yang tidak mengenal rupa gaun pernikahan? Begitu kental akan keanggunan, gaun pernikahan dewasa ini mempunyai berbagai macam desain yang modern. Walaupun pada umumnya, gaun ini diidentifikasi dengan gaun full skirt, lengkap dengan veil dan train yang bisa disesuaikan, dan berwarna putih. Contohnya adalah ball gown, mermaid, A-line, dan lainnya. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id