sign up SIGN UP

Nggak Hanya Satu, Ternyata Pashmina Ada Banyak Jenisnya lho! Apa Saja?

Mirsya Anandari Utami | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 10:30 WIB
Nggak Hanya Satu, Ternyata Pashmina Ada Banyak Jenisnya lho! Apa Saja?
caption

Pashmina merupakan fashion item yang bisa digunakan dalam segala acara, baik formal maupun nonformal. Hal itulah yang menjadikan pashmina menjadi salah satu hijab favorit di kalangan perempuan. Selain itu, sifatnya yang simpel dan dapat dikreasikan dalam berbagai model membuatnya semakin hits.

Dalam variasinya, pashmina mempunyai beragam jenis dengan karakteristik yang berbeda. Ada yang kaku, lembut, licin, dan masih banyak lagi. Kenyamanan dan kesesuaian penggunaannya menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan jenis hijab satu ini.

Banyaknya jenis pashmina terkadang membuat kita bingung. Agar dapat menentukan pilihan yang tepat, yuk, simak jenis-jenis bahan pashmina berikut ini.

Satin

Pashmina satin/Foto: Instagram.com/ansyahijab
Pashmina satin/Foto: Instagram.com/ansyahijab

Bahan satin sepertinya sudah tidak asing bagi para hijabers. Sifatnya yang glossy membuat hijab ini terkesan mewah dan elegan. Hal itulah yang pashmina satin cocok untuk acara-acara formal. Namun, karena bahannya yang licin, pashmina dengan bahan ini dirasa kurang cocok untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk menggunakan pashmina jenis ini, kamu harus menggunakan ciput atau dalaman kerudung agar tidak bergeser. Satin juga mempunyai sifat mudah kusut sehingga kamu harus menyetrikanya sebelum digunakan.

Sifon

Pashmina sifon/Foto: Instagram.com/farraattire
Pashmina sifon/Foto: Instagram.com/farraattire

Jika menyukai model hijab dengan look jatuh menjuntai dan flowy, kamu wajib mempunyai pashmina dengan bahan sifon. Tidak seperti jenis pashmina lainnya, pashmina sifon tidak mudah kusut. Harganya yang murah dan sifatnya yang ringan juga lembut membuat pashmina sifon cukup banyak peminat.

Sayangnya, bahan ini mempunyai karakteristik yang tipis dan licin sehingga kamu harus menggunakan ciput ninja saat menggunakannya. Pshmina sifon juga tidak menyerap keringat sehingga penggunaan ciput berbahan katun sangat disarankan.

Katun

Pashmina katun/Foto: Instagram.com/ansyahijab
Pashmina katun/Foto: Instagram.com/ansyahijab

Bahan katun terbuat dari serat alami tumbuhan kapas. Keunikan dari bahan ini adalah sifatnya yang menghangatkan ketika dingin, namun tidak membuat gerah ketika musim panas. Selain itu, karena terbuat dari serat kapas, pashmina dengan bahan katun dapat menyerap keringat dengan baik sehingga cocok untuk aktivitas di luar ruangan.

Ceruti

Pashmina ceruti/Foto: Instagram.com/helminursifah
Pashmina ceruti/Foto: Instagram.com/helminursifah

Ciri khas pashmina dengan bahan ceruti yaitu memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Karakteristik pashmina dengan bahan ini mirip dengan pashmina sifon. Hanya saja, pashmina ceruti tidak melar sama sekali, berbeda dengan sifon yang memiliki sedikit tingkat kemelaran. 

Pashmina ceruti bersifat jatuh dan tipis. Sama seperti sifon, hanya saja bahan ini sedikit lebih licin dan lembut. Karena sifatnya yang hampir mirip tersebut, sangat direkomendasikan untuk menggunakan inner agar tidak bergeser dan melorot.

Voal

Pashmina voal/Foto: Instagram.com/miracholecct/
Pashmina voal/Foto: Instagram.com/miracholecct

Bahan voal merupakan bagian dari katun, hanya saja lebih tipis. Pashmina berbahan voal bersifat  lembut dan halus yang membuatnya nyaman dan adem saat digunakan. 

Karena masih sejenis dengan bahan katun, pashmina voal dapat menyerap keringat sehingga cocok digunakan untuk di luar ruangan. Selain itu, kamu dapat mengenakan pashmina voal tanpa ciput karena sifatnya yang tidak licin.

Diamond

Pashmina diamond/Foto: Instagram.com/ansyahijab
Pashmina diamond/Foto: Instagram.com/ansyahijab

Pashmina berbahan diamond mempunyai tekstur berpasir dan kasar. Bagi kamu yang ingin mempunyai pashmina yang tidak menerawang, bahan diamond cocok karena bahannya yang tebal. Namun, karena ketebelannya tersebut, pashmina dengan bahan ini tidak cocok untuk divariasikan dalam berbagai model.

Pashmina diamond cocok untuk kamu yang ingin memberikan efek bervolume pada wajah. Sayangnya, jika dibentuk menjadi double layer, pashmina tersebut terlihat menumpuk dan dapat memberikan rasa tidak nyaman pada wajah.

Itulah beberapa jenis pashmina yang wajib kamu tahu. Kira-kira jenis hijab mana saja yang sudah kamu punya?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id