sign up SIGN UP

Nggak Takut Rusak Lagi, Ini Cara Mencuci Baju Berpayet Agar Awet dan Tetap Berkilau

Krisyanti asri | Beautynesia
Sabtu, 07 May 2022 18:00 WIB
Nggak Takut Rusak Lagi, Ini Cara Mencuci Baju Berpayet Agar Awet dan Tetap Berkilau
caption

Meski elegan dan mewah namun gamis berhiaskan detail payet ataupun embellishment terbilang rumit dalam perawatan. Jika kamu salah merawatnya, bisa jadi ornamen payetnya rusak, bahkan bisa lepas atau rontok dari baju. Duh, nggak mau kan baju barunya malah rusak dan tidak bisa dipakai di acara lain? Yuk simak kiat mencuci baju gamis berornamen payet berikut ini!

Hindari Mesin Cuci

Cucilah baju gamis berpayet secara manual tanpa menggunakan mesin cuci
Mencuci Baju Berpayet/Foto : wikihow.com

Gaun pesta atau baju gamis berpayet biasanya mempunyai bobot tertentu. Jika direndam air, bobotnya akan bertambah dan kamu perlu tenaga ekstra untuk mencucinya. Sebisa mungkin kamu harus menghindari mencucinya menggunakan mesin cuci. Pakaian yang dicuci di mesin cuci biasanya akan berputar dan kusut di dalam air.

Hal ini dapat merusak bahan sekaligus ornamen pada baju gamis kamu lho! Pisahkan baju gamismu dengan pakaian lainnya. Supaya memudahkan kamu untuk mencucinya, kamu harus membalik bagian luar ke dalam. Cucilah secara manual dengan mencelupnya di larutan deterjen beberapa kali. 

Jangan Menyikat atau Mengucak

Jangan menyikat atau mengucak jika terdapat noda di baju gamis berpayet
Mencuci Dengan Tangan/Foto : depositphotos.com/assumption111

Baju gamis biasanya terbuat dari bahan-bahan rentan. Jika kamu menemukan ada noda di baju, usahakan untuk tidak menyikat atau mengucaknya terlalu keras. Kamu bisa bubuhkan deterjen bubuk atau oleskan deterjen cair ke bagian yang terkena noda, lalu diamkan beberapa menit. Kamu bisa mengusap bagian yang bernoda menggunakan handuk atau ibu jari sampai nodanya hilang, kemudian segera bilas dengan air bersih. Jika nodanya belum hilang, kamu bisa menggosoknya dengan bantuan jeruk lemon atau jeruk nipis. Menggosoknya pelan-pelan saja ya, supaya bajunya tidak rusak. Jangan lupa untuk melakukan 

Mengeringkan Secara Alami

Mengeringkan baju gamis berpayet cukup dengan menggantungnya langsung tanpa harus diperas atau menggunakan pengering mesin cuci
Mengeringkan baju gamis/Foto : pexels.com/Miriam Salgado

Jika sudah selesai mencuci dan membilas, jangan pernah memeras baju gamis berpayet untuk mengeringkannya. Mengeringkan dengan pengering di mesin cuci pun harus dihindari karena bisa membuat ornamen payetnya lepas serta merusak serat kain. Selesai mencuci dan membilas, kamu hanya perlu menggantungnya atau merentangkan sampai semua sisa airnya menetes. Biarkan bajunya kering secara alami dengan bantuan angin. Satu hal lagi, hindari menjemur di bawah terik matahari. Kamu bisa menjemurnya di tempat sejuk dan berangin. Silakan menggunakan handuk kering untuk mempercepat proses pengeringannya. 

Merawat Baju Berpayet

Setelah kering sempurna, simpanlah baju berpayet dalam lemari
Menyimpan baju gamis berpayet/Foto : pexels.com/cottonbro

Selesai mencuci, pastikan kamu menjemur gaun pesta atau gamis berpayet hingga kering sempurna. Sisa air yang terdapat di sela-sela payet bisa kamu keringkan dengan bantuan handuk atau sponge kering. Baju berpayet tidak perlu disetrika demi menghindari ornamen payetnya meleleh. Karena jarang dikenakan, kamu tetap harus mengeluarkan baju berpayet dari lemari jika sudah disimpan terlalu lama. Hal ini dilakukan supaya terhindar dari bau tidak sedap serta serangan ngengat di dalam lemari.

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id