sign up SIGN UP

Rancangannya Jadi Favorit Mbak-mbak SCBD, Simak Perjalanan Karier Desainer Tory Burch

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 13:00 WIB
Rancangannya Jadi Favorit Mbak-mbak SCBD, Simak Perjalanan Karier Desainer Tory Burch
caption

Diantara banyaknya label mewah, mungkin nama Tory Burch termasuk yang paling familiar di telinga. Label asal New York ini sering dibicarakan karena stereotip pegawai kantor kawasan elit Sudirman Central Business District (SCBD) yang kerap memakai flat shoes Tory Burch. Sepatu berjenis ballet flats nyaman ini mudah diidentifikasi berkat logo T monogram logam warna emas khas Tory Burch di bagian depan dan sedikit kerutan lentur di bagian belakang sepatu. Alhasil, kamu bisa mengenali flat shoes Tory Burch hanya dalam sekali lihat dan klaim “Mbak - mbak SCBD starter pack” pun muncul.

Rumah mode mid-luxury yang didirikan oleh Tory Burch (dulu Tory Robinson) ternyata salah satu bisnis fashion yang paling sukses lho, Beauties! Sejak berdiri tahun 2004, kreasi Tory Burch berhasil mencuri hati banyak perempuan, termasuk di Indonesia. Yuk kenali lebih jauh desainer dibalik label ini!

Fakta Desainer Tory Burch


1. Meniti karir di bidang fashion

Tory Burch kenakan busana rancangannya/
Tory Burch kenakan busana rancangannya/ Foto: instagram.com/toryburch

Lulus dari University of Pennsylvania jurusan sejarah seni, Tory Robinson segera memulai kariernya di bidang fashion. Ia pindah ke New York untuk bekerja di bawah arahan desainer asal Yugoslavia, Zoran, sebelum beranjak ke majalah Harper’s Bazaar sebagai asisten. Tengah mengakumulasi pengalaman di bidang fashion, Tory pun dipercaya sebagai public relations dan advertising label Vera Wang, Polo Ralph Lauren, dan Loewe. 

2. Mendirikan label fashion Tory Burch

Flat shoes Tory Burch yang menjadi favorit banyak orang/
Flat shoes Tory Burch yang menjadi favorit banyak orang/ Foto: pinterest.com/POPSUGAR

Nama Tory Burch mulai dikenal setelah Tory menikahi suami keduanya, Christopher Burch, tahun 1996. Selama 11 tahun pernikahannya (mereka bercerai tahun 2007), Tory dan Christopher membangun label Tory Burch bersama. Ia membuka butik pertama Tory by TRB di New York, Amerika Serikat, pada tahun 2004.

Pesatnya pertumbuhan bisnis ditunjukkan oleh adanya lebih dari 300 gerai per tahun 2020 dengan perubahan nama menjadi Tory Burch LLC. Tak terbatas pada koleksi ready to wear dan aksesori, Tory Burch melebarkan sayap ke lini sportswear, yakni Tory Sport yang pertama diresmikan tahun 2015. 

Kini, ia dan suami ketiganya (menikah pada tahun 2018), Pierre-Yves Roussel, menjalankan bisnis Tory Burch bersama di mana Tory sebagai desainer dan Roussel sebagai CEO sejak 2019.

3. Pemberdayaan perempuan melalui fashion

Sydney Sweeney yang menjadi Brand Ambassador Tory Burch/
Sydney Sweeney yang menjadi Brand Ambassador Tory Burch/ Foto: instagram.com/toryburch

Dalam situs resmi Tory Burch, perempuan kelahiran 17 Juni 1966 itu mencantumkan bahwa brand Tory Burch berdiri dengan sebuah prinsip: untuk memberi dan mendukung para perempuan. Melalui brand rintisannya, ia ingin memberi kuasa pada perempuan melalui fashion––rancangan bohemian dan preppy yang versatile, stylish, serta nyaman jadi DNA rancangan rumah mode Tory Burch. Selanjutnya, kampanye sosial ditujukan untuk mendukung perempuan juga turut diinisiasi oleh brand. 

4. Pencapaian dan filantropis

Tory Burch/
Tory Burch/ Foto: instagram.com/toryburch

Tory Burch buktikan kemampuan luar biasa sebagai desainer sekaligus pebisnis yang merintis brand hingga bernilai 1.5 miliar USD. Di tahun 2009, ia pun membuka Tory Burch Foundation yang fokus pada pemberdayaan perempuan dan entrepreneurship. Selain itu, ia juga aktif sebagai salah satu board Council of Fashion Designers of America (CFDA), Society of Memorial Sloan-Kettering Cancer Center, Breast Cancer Research Foundation, the Barnes Foundation, dan Jay H. Baker Retailing Center di Wharton School, University of Pennsylvania. 

Selain banyaknya kegiatan filantropis, ia juga memenangkan berbagai penghargaan, seperti Rising Star Award tahun 2005, Accessory Brand Launch of The Year tahun 2007, dinobatkan sebagai salah satu dari 100 tokoh perempuan paling berpengaruh dunia versi Majalah Forbes, serta publikasi “America’s Self-Made Women” tahun 2019.

Itulah fakta dari perancang busana Tory Burch yang diambil dari berbagai sumber, Beauties. Hebat, bukan?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id