sign up SIGN UP

Satu Butir Bisa Capai Miliaran Ini Jenis Mutiara Termahal di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!

Krisyanti Asri | Beautynesia
Selasa, 10 May 2022 20:30 WIB
Satu Butir Bisa Capai Miliaran Ini Jenis Mutiara Termahal di Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia!
caption

Membahas soal perhiasan, komponen apa yang paling kamu utamakan? Apakah kamu suka perhiasan dengan permata dan batu mulia? Perlu diketahui, permata dan batu mulia bukanlah satu-satunya komponen perhiasan bernilai mahal. Mutiara juga termasuk sebagai komponen perhiasan yang keindahannya tidak kalah dari permata dan batu mulia. Mutiara dihasilkan dari budidaya kerang yang hidup di laut. Ada pula yang dibudidaya di perairan air tawar seperti danau dan sungai. Mutiara hadir dalam berbagai bentuk, warna, dan kemilaunya. 

Harga mutiara cukup bervariasi, tergantung dari jenisnya. Semakin langka jenisnya, semakin mahal harganya. Sama seperti permata dan batu mulia, ada beberapa jenis mutiara yang berharga sangat mahal di dunia. Bahkan salah satunya dihasilkan di perairan Indonesia lho! Seperti apa sih mutiara paling mahal di dunia? 

Black Tahitian Pearl

Mutiara hitam Tahiti termasuk dalam kategori mutiara langka dan paling mahal di dunia
Black Tahitian Pearl/Foto : thepearlsource.com

Masuk dalam kategori mutiara langka termahal di dunia, Black Tahitian Pearl adalah jenis mutiara yang dihasilkan dari budidaya tiram Pinctada margaritifera. Sesuai dengan namanya, mutiara ini berasal dari perairan Tahiti.

Tidak semua warna mutiara Tahiti itu hitam pekat, ada pula yang putih, abu-abu gelap, dan hijau gelap. Mutiara dengan warna hitam adalah yang paling sering diburu. Kemilau warnanya bervariasi dari pink, hijau, biru, serta kuning. Seekor tiram bisa menghasilkan mutiara berukuran 5 hingga 12 mm. Harga mutiara hitam bervariasi tergantung kualitasnya. Sebutir mutiara hitam berkualitas sangat baik bisa terjual seharga US$ 36,000 atau setara dengan Rp 517 juta! 

South Sea Pearl

Indonesia merupakan penghasil terbesar mutiara Laut Selatan
South Sea Pearl/Foto : thesouthseapearl.com

Mutiara Laut Selatan dihasilkan dari budidaya tiram jenis Pinctada maxima yang hidup di perairan Australia, Myanmar, Filipina, dan Indonesia. Jika umumnya budidaya mutiara membutuhkan waktu 6 bulan, Mutiara Laut Selatan membutuhkan waktu kurang lebih 3 tahun untuk bisa mendapatkan mutiara berkualitas baik.

Umumnya mutiara ini mempunyai warna putih dan emas, dengan warna kemilau yang cukup bervariasi. Indonesia dipercaya menjadi penghasil utama mutiara jenis ini. Ukuran yang dihasilkan berkisar 8 sampai 18 mm. Sebutir Mutiara Laut Selatan yang dibudidaya di Maluku pernah dijual seharga Rp 100 juta. 

Akoya Pearl

Mutiara Akoya adalah mutiara berasal dari Jepang mempunyai warna putih dan kemilau pink
Akoya Pearl/Foto : pearlparadise.com

Mutiara yang sering disebut Classic Pearl ini dihasilkan dari budidaya tiram jenis Pinctada fucata yang hidup di perairan Jepang dan sekitar Samudera Pasifik. Berbeda dengan mutiara pada umumnya, mutiara Akoya mempunyai ukuran yang relatif lebih kecil. Seekor tiram mutiara Akoya umumnya menghasilkan mutiara berukuran 3 hingga 9 mm. Warna dominan dari mutiara ini adalah putih dengan kemilau berwarna pink dan emas. Sebutir mutiara Akoya berkualitas baik mempunyai harga jual US$ 6,000 atau setara dengan Rp 86 juta. 

Abernethy Pearl 

Mutiara Abernethy merupakan jenis mutiara air tawar yang ditemukan di sungai Tay, Skotlandia
Abernethy Pearl/Foto : karipearls.com/Kari Anderson

Jika umumnya mutiara dihasilkan oleh tiram yang hidup di lautan, maka kita perlu berkenalan dengan mutiara satu ini. Abernethy Pearl adalah jenis mutiara air tawar yang dihasilkan oleh tiram Margaritifera di Sungai Tay, Skotlandia. Mutiara ini ditemukan tidak sengaja oleh William Abernethy ketika dia sedang menyelam di sungai tersebut. Mutiara air tawar ini mempunyai berat 2,85 gram dan berukuran sebesar kelereng.

Warnanya putih dan mempunyai kemilau berwarna pink. Meski Sungai Tay terkenal sebagai penghasil mutiara air tawar, namun tidak semuanya menghasilkan mutiara seperti yang ditemukan Will. A&G Cairncross adalah toko yang rutin memproduksi perhiasan dari mutiara air tawar hasil budidaya tiram di Sungai Tay. Mutiara Abernethy atau kerap disebut Little Willie dipajang di toko tersebut.

Pada tahun 1967, harga mutiara tersebut ditaksir sebesar GBP 10,000, setara dengan GBP 164,596 di tahun 2019. Jika dirupiahkan, harganya bisa mencapai Rp 3 Milyar! 

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id