sign up SIGN UP

Sejarah Tartan Motif Kebanggan Skotlandia yang Juga Sering Jadi Pakaian Bangsawan! Ternyata Sudah Hits Sejak Abad ke-16

Octaviani | Beautynesia
Selasa, 02 Nov 2021 20:30 WIB
Sejarah Tartan Motif Kebanggan Skotlandia yang Juga Sering Jadi Pakaian Bangsawan! Ternyata Sudah Hits Sejak Abad ke-16
caption

Motif tartan memang sudah tidak asing lagi, terlebih bagi para pecinta fashion. Motif ini juga menjadi salah satu motif yang paling terkenal di dunia. Siapa sangka ternyata motif ini sudah ada dan digunakan dari abad ke 16 lho. Kita simak sejarah motif tartan yang sudah Beautynesia rangkum berikut ini yuk!

Asal Usul

Tartan on Braveheart movie
Tartan on Braveheart movie/pinterest.com

Layaknya Indonesia yang memiliki batik, motif ini merupakan motif kebanggaan bagi Skotlandia. Sebagai motif tradisional Skotlandia, tartan diyakini telah eksis sejak abad ke-16 dan Raja James V merupakan tokoh yang memberikan nama pada pola ini. Kala itu, tartan merupakan pakaian kenegaraan Skotlandia dan lebih identik dengan pria. Para pria di Skotlandia saat itu mengenakannya sebagai Kilt dengan cara melingkarkannya di pinggang sehingga menutupi bagian bawah tubuh seperti rok dan dilengkapi dengan ikat pinggang.

Teknik Pembuatan

Teknik pembuatan tartan
Teknik pembuatan tartan/pinterest.com

Tartan dibuat dengan teknik tenun benang dua arah yang terdiri dari penggabungan warp dan weft. Warp merupakan benang yang disusun secara vertikal, sementara weft merupakan benang yang disusun secara horizontal. Ketika benang di warp melintasi benang di weft dengan warna yang berbeda maka akan menghasilkan campuran dari dua warna dan tercipta lah motif tartan.

Perkembangan Tartan di Dunia Fashion

Alexander McQueen Fall Winter 2006Alexander McQueen Fall Winter 2006/ Foto: Pinterest

Meski awalnya motif tartan dikenakan oleh pria, sekarang tartan telah berevolusi menjadi pakaian unisex. Hingga kini, berbagai desainer ternama di seluruh dunia juga tidak berhenti bereksplorasi dengan motif ini dengan motif serta warna yang berbeda. Mendiang Alexander McQueen menjadi salah satu desainer yang sering menampilkan kreasi busana berbahan tartan.

Pengaplikasian Motif Tartan

Kate Middleton wearing tartan
Kate Middleton wearing tartan/pinterest.com

Kamu sekarang bisa menemukan tartan pada hampir semua item fashion seperti celana yang membuat tampilan kamu sangat chic saat mengenakannya. Ataupun blazer seperti yang sering dikenakan oleh para bangsawan Inggris hingga dress dan juga tas.

Motif tartan untuk alat rumah tangga
Motif tartan untuk alat rumah tangga/pinterest.com

Tartan juga tidak jarang digunakan pada perabotan, contohnya pada sofa, selimut, sarung bantal dan lain-lain. Kalau kalian, motif tartan apa yang kalian miliki, Beauties?

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id