sign up SIGN UP

Semua yang Perlu Diketahui dari New York Fashion Week Spring/Summer 2023

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Sabtu, 10 Sep 2022 08:30 WIB
Semua yang Perlu Diketahui dari New York Fashion Week Spring/Summer 2023
caption

Siapa menantikan pekan mode New York yang siap tampilkan tren musim semi dan panas teranyar? Ya, kalender fashion kembali menjadwalkan NYFW pada Jumat, 9 September - Rabu, 14 September 2022. Sekitar 100 desainer siap mempresentasikan koleksi terbarunya, yakni Spring/Summer 2023 di runway New York Fashion Week, dibuka dengan show dari Proenza Schouler dan ditutup dengan runway show Tom Ford.

Selain peragaan busana dan karya desainer, tamu undangan juga ikut jadi yang paling ditunggu dari pekan mode. Siapa yang ingin kamu lihat di New York Fashion Week kali ini, Beauties? Tentu para selebriti yang naik daun belakangan ini bisa kamu ekspektasi untuk hadir, seperti para bintang serial Euphoria atau Stranger Things. Yuk ketahui seputar New York Fashion Week SS 2023 lebih lanjut di sini.

Peringati 60 Tahun CFDA dengan Pekan Mode yang Makin Inklusif

New York Fashion Week oleh CFDA/
New York Fashion Week oleh CFDA/ Foto: instagram.com/cfda

The Council of Fashion Designers of America (CFDA) merupakan lembaga asosiasi industri mode Amerika Serikat sekaligus penyelenggara resmi New York Fashion Week sejak awal berdirinya di tahun 1962. NYFW 2023 berlangsung spesial karena bertepatan dengan hari jadi CFDA ke-60, Beauties. Selalu mengedepankan nilai diversifikasi dan inklusi dalam fashion week, mereka mempunyai misi mempromosikan desainer dalam ekonomi global, baik desainer Amerika maupun mancanegara. 

Karena itu, agenda pekan mode tidak hanya diisi dengan show dari rumah mode besar Amerika Serikat semata, tapi juga beberapa acara skala kecil lain dari desainer berbagai penjuru dunia walaupun tidak tercantum dalam jadwal resmi CFDA. Misalnya peragaan busana oleh desainer Latin Amerika dan Asia––termasuk sejumlah desainer Indonesia––turut mengisi agenda NYFW Spring/Summer 2023. 

 

Ralph Lauren Gelar Peragaan Busana di California

Ralph Lauren/
Ralph Lauren/ Foto: instagram.com/cfda

Ada satu desainer Amerika Serikat yang langganan muncul di NYFW, tapi hilang dari jadwal kali ini. Tidak dilakukan di New York, Ralph Lauren justru gelar peragaan busana Spring/Summer 2023 di sisi lain benua, tepatnya di selatan California untuk pertama kalinya.

Ralph Lauren dikabarkan akan menyajikan koleksi womenswear dan menswear sekaligus pada 13 Oktober 2022, di luar jadwal NYFW resmi. Jadi kita harus lebih bersabar untuk mengintip karya terbaru dari desainer anggota CFDA satu ini, Beauties! 

 

Desainer yang Kembali Setelah Hiatus

Tommy Hilfiger yang akan kembali ke NYFW/
Tommy Hilfiger yang akan kembali ke NYFW/ Foto: instagram.com/tommyhilfiger

Diselenggarakan tahunan, belum tentu semua brand bisa mengikuti pekan mode. Untungnya, beberapa diantaranya bisa kembali mempresentasikan koleksi terbarunya di panggung New York Fashion Week secara langsung setelah hiatus.

Mereka adalah Puma, Tommy Hilfiger, dan AREA. Mereka akan menampilkan desain ready to wear yang pastinya stylish dan cocok dipakai untuk keseharian.

 

Show Spesial dari Fendi dan Brand Internasional Lain yang Bergabung

Show spesial Fendi di NYFW 2023/
Show spesial Fendi di NYFW 2023/ Foto: instagram.com/fendi

New York Fashion Week juga membuka pintu bagi rumah mode besar internasional untuk berpartisipasi di dalamnya. Selama pekan mode kali ini, kita bisa menyaksikan koleksi Marni, Fendi, dan COS, Beauties.

Menariknya, Fendi yang asli Milan tersebut ikut bergabung dalam NYFW di hari pertama (9/9) dengan menyajikan show spesial untuk memperingati 25 tahun Fendi Baguette. Penasaran seperti apa? Tentu desain segar tas ikonis kreasi Silvia Venturini Fendi bisa kita nantikan.

Diselenggarakan In-Person dan Digital

Tamu undangan pekan mode/
Tamu undangan pekan mode/ Foto: instagram.com/cfda

Sejak pandemi mulai membaik, peragaan busana mulai digelar secara offline. Sekarang, semakin banyak rumah mode yang kembali menyelenggarakannya secara in-person dan tamu undangan harus membeli tiket untuk hadir. Walaupun begitu, masih ada sejumlah show yang diselenggarakan digital, Beauties. Beberapa acara juga bisa disaksikan masyarakat umum. Nah, jika kamu ingin menyaksikan NYFW 2023, tidak perlu repot terbang ke New York, cek situs Runway360 saja ya!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(raf/raf)

Our Sister Site

mommyasia.id