sign up SIGN UP

10 Ide Desain Ruang Kerja di Rumah agar Tetap Produktif saat WFH, Cobain Yuk!

Camellia Ramadhani | Beautynesia
Sabtu, 08 Jan 2022 16:00 WIB
10 Ide Desain Ruang Kerja di Rumah agar Tetap Produktif saat WFH, Cobain Yuk!
Jakarta -

Buat kamu yang work from home, suasana rumah mungkin membuat kamu jadi malas untuk bekerja. Selain karena terbiasa menjadikan rumah sebagai tempat istirahat, ternyata penataan yang kurang pas bisa membuat kerja tidak efektif dan perhatian mudah teralihkan.

Untuk itu, sesuai dengan penelitian yang dipublikasikan laman Gensler, diperlukan desain ruangan yang baik agar produktivitas saat bekerja bisa meningkat hingga dua puluh persen.   

Sebelum kamu memutuskan untuk merombak ruang kerjamu, simak dulu 10 ide desain ruang kerja berikut ini, yuk!

Kesan Bersih dengan Nuansa Putih

Desain Serba Putih/Foto: Pinterest: Michael Moran
Desain Ruang Kerja/Foto: Pinterest: Michael Moran

Salah satu faktor penentu kenyamanan saat bekerja adalah kebersihan. Untuk itu, kamu bisa mengikuti desain minimalis dengan nuansa putih. Nuansa ruangan yang dominan putih memberi efek bersih dan membantu menjaga pikiranmu tetap jernih.

Rak Buku Melengkung yang Dekat dengan Meja Kerja

Desain Ruang Kerja/Foto: Pinterest/ William Abranowicz
Desain Ruang Kerja/Foto: Pinterest/ William Abranowicz

Jika pekerjaanmu harus banyak berkutat dengan buku, maka gaya dari arsitek Charles Gwathmey ini boleh ditiru. Susunan rak melengkung adalah pilihan cerdas bagi kamu yang punya ruang kerja sempit.

Selain tidak banyak memakan tempat, kamu juga bisa dengan mudah mengambil buku dari samping maupun belakang dengan bantuan kursi putar. Penempatan meja kerja yang dekat dengan rak buku ini akan menghemat waktu dan energi sehingga pekerjaan bisa lebih cepat diselesaikan.

Ruang Kerja Berwarna untuk Si Kreatif

Desain Ruang Kerja WFH/Foto: Pinterest/Douglas Friedman
Desain Ruang Kerja WFH/Foto: Pinterest/Douglas Friedman

Bagi kamu yang bekerja di industri kreatif, ruang kerja Alexandra von Furstenberg bisa kamu jadikan inspirasi. Elemen-elemen berwarna cerah akan memancarkan energi positif dan mencegahmu suntuk saat bekerja dari rumah.

Furnitur dengan dominasi bentuk runcing akan membebaskan pikiranmu dan meningkatkan kreativitas. Paduan ini akan mendatangkan banyak ide dan membangkitkan motivasi.

Pencahayaan Lembut dan Natural dari Jendela Berkanvas

Desain Ruang Kerja WFH/Foto: Pinterest/ Bjorn Wallander
Desain Ruang Kerja WFH/Foto: Pinterest/ Bjorn Wallander

Salah satu elemen penting untuk menjaga fokus adalah pencahayaan yang baik. Desain ruang kerja karya Stefano Pilati ini bisa jadi contoh untuk mendatangkan cahaya alami dari luar. Kaca yang melekuk ditambah dengan sisipan kanvas putih menambah kesan estetik nan elegan.

Kanvas di sela-sela lipatan jendela dapat menyerap sinar matahari sebelum menembus meja kerja. Dengan begitu, cahaya masuk dengan intensitas sedang dan tidak akan memberi sensasi terbakar.

Ruang dengan Furnitur Serba Kayu

Desain Ruang Kerja WFH/Foto: Pinterest/ Derry Moore
Desain Ruang Kerja WFH/Foto: Pinterest/ Derry Moore

Untuk dapat bekerja dengan baik, seorang pekerja membutuhkan ketenangan hati dan pikiran. Untuk itu, furnitur serba kayu bisa kamu pilih untuk menghadirkan nuansa hangat dan menenangkan.

Selain itu, pilih ruang kerja di dekat pintu dan letakkan beberapa pot tanaman di sana atau buatlah taman kecil sekaligus. Ketika kamu merasa penat bekerja, kamu bisa melihat tanaman-tanaman tersebut untuk menyegarkan mata dan meredakan ketegangan otot.

Ruang Kerja Kontemporer

Desain Ruang Kerja WFH/Foto: Pinterest/ Ngoc Minh Ngo
Desain Ruang Kerja WFH/Foto: Pinterest/ Ngoc Minh Ngo

Ruang kerja desainer Alberto Pinto ini cocok buat kamu yang suka ruang tertutup dan desain sederhana. Corak garis besar dan perabotan hitam mengkilap memberi kesan kuat pada ruang ini. Kursi abu-abu pendek dari Philippe Hurel serasi dengan sentuhan dari wallpaper kayu. Desain yang sederhana akan meringankan energimu sehingga produktivitas bisa terpacu tanpa terasa berat.

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id