sign up SIGN UP

10 Kebiasaan Sederhana Ini Tanpa Disadari Bisa Merusak Otak, Ada yang Sering Dilakukan?

Tim Redaksi detikEdu | Kamis, 18 Nov 2021 12:30 WIB
10 Kebiasaan Sederhana Ini Tanpa Disadari Bisa Merusak Otak, Ada yang Sering Dilakukan?
caption
Jakarta -

Otak merupakan pusat kendali tubuh manusia. Karena hal ini, kita perlu menjaganya dengan baik agar fungsi otak dapat bekerja secara maksimal. Namun terkadang, ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan yang tanpa disadari bisa merusak kemampuan otak. 

Seperti deretan kebiasaan sederhana berikut ini, menurut banyak ilmuwan dan dokter, kebiasaan ini ternyata dapat merusak kemampuan otak. Maka dari itu perlu diubah agar dapat meningkatkan pengetahuan, daya imajinasi, mental, hingga kebugaran tubuh. 

Penasaran apa saja kebiasaan yang dapat merusak otak? Simak selengkapnya di sini yuk!

1. Tidak Sarapan

SarapanTidak Sarapan/ Foto: Freepik.com/tirachardz

Banyak orang yang melewatkan sarapan karena banyak alasan. Ada yang merasa tidak cocok hingga berakhir selalu mulas, ada yang tidak sempat, ada juga yang memilih tidak melakukannya hanya karena memang malas saja. 

Padahal, melewatkan sarapan bisa merusak fungsi otak lho! Sebab, saat bangun tidur tubuh membutuhkan nutrisi. Melewatkan sarapan pun bisa menyebabkan kadar glukosa darah menjadi rendah dan berdampak buruk pada fungsi otak. 

2. Kurang Minum Air Putih

Diet Air PutihKurang Minum Air Putih/ Foto: Freepik.com/user18526052

80 persen dari otak adalah air. Karena hal ini, otak membutuhkan asupan air yang cukup untuk dapat berpikir dan membuat kita fokus. 

Penting untuk kita agar tidak sampai dehidrasi. Maka, jalan lupa untuk mencukupi kebutuhan minum setiap hari ya, Beauties!

3. Makan Berlebihan

MakananMakan Berlebihan/ Foto: Pexels.com/MART PRODUCTION

Banyak efek samping dari kebiasaan makan berlebih. Selain membuat berat badan meningkat, hal ini pun dapat menambah risiko penyakit berbahaya yang merusak otak.

Beberapa penelitian telah mengungkapkan jika asupan kalori tinggi dalam jangka waktu yang lama dapat membuat seseorang mengalami kehilangan memori atau gangguan kognitif ringan di masa depan.

4. Merokok atau Menghirup Udara Tercemar

Menghindari merokok agar kesehatan ginjal terjaga.Merokok atau Menghirup Udara Tercemar/ Foto: Freepik.com/nensuria

Selanjutnya ada kebiasaan merokok atau menghirup udara tercemar. Nikotin yang ada dalam rokok bisa menyusutkan otak. Dalam jangka waktu lama, hal ini dapat menyebabkan penyakit Alzheimer. 

Sedangkan udara tercemar yang terhirup sengaja maupun tidak sengaja yang memiliki kandungan berbahaya seperti mengandung zat karsinogen dapat merusak sel otak.

Beauties, selain kebiasaan di atas, masih ada kebiasaan lainnya yang ternyata bisa merusak otak. Baca selengkapnya di sini

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id