sign up SIGN UP

10 Orang Kaya di Dunia Ini Mendadak 'Jatuh Miskin', Duh... Kehilangan Harta sampai Triliunan!

Tim Redaksi CNN Indonesia | Beautynesia
Jumat, 24 Dec 2021 12:30 WIB
10 Orang Kaya di Dunia Ini Mendadak 'Jatuh Miskin', Duh... Kehilangan Harta sampai Triliunan!
caption
Jakarta -

Sejumlah orang di dunia diberi keistimewaan dengan memiliki harta kekayaan yang berlimpah ruah. Bukan tanpa usaha, kekayaan tersebut didapatkannya dari berbagai bisnis yang digeluti. 

Namun kembali lagi, namanya bisnis dan usaha pasti ada saja yang namanya kerugian. Tak jarang, kerugian yang begitu besar bisa membuat pemiliknya mendadak jatuh miskin. Seperti halnya yang dialami oleh Jack Ma. 

Jack Ma yang mendirikan Alibaba ini dikenal sebagai salah satu orang terkaya di China. Sayangnya, ia harus kehilangan lebih dari separuh hartanya akibat kebijakan Pemerintah China yang begitu keras terhadap perusahaannya. 

Selain sosok Jack Ma Forbes pun memproyeksikan 10 miliarder di dunia yang harus kehilangan hartanya sepanjang tahun ini. Siapa saja mereka? Simak selengkapnya di sini yuk!

1. Colin Zheng Huang

Colin Zheng HuangColin Zheng Huang/ Foto: Dok. Forbes

Belakangan ini, Pemerintah China menindak keras perusahaan e-commerce Pinduoduo, yang merupakan milik Colin Zheng Huang. Karena hal ini, kekayaannya harus terguncang dan turun sampai sebesar US$40,2 miliar. 

Kemudian keadaan pun diperparah dengan pengunduran diri secara tiba-tiba yang dilakukan Colin pada Maret lalu. Akibatnya, saham pun turun hingga 21 persen di November 2021 ini. 

2. Jack Ma

Menghilang Tiga Bulan Lebih, Pendiri Alibaba Jack Ma Tampil Dalam Konferensi VideoJack Ma/ Foto: DW (News)/detik

Kekayaan Jack Ma sudah bukan rahasia lagi ya, Beauties. Ia sebelumnya memiliki kekayaan sebanyak US$37 miliar, namun dalam setahun terakhir ia harus kehilangan hartanya sampai US$21,4 miliar. 

Dimana untuk pertama kalinya regulator China membatalkan IPO yang telah direncanakan oleh Ant Group, perusahaan induk Alibaba, senilai $35 miliar pada November 2020. Keadaan pun semakin parah saat Alibaba dipukul denda US$2,8 miliar pada April, sebagai bentuk hukuman antimonopoli tertinggi yang pernah diterapkan di China.

Karena beberapa hal di atas, kekayaan Alibaba turun sampai lebih dari 46 persen di tahun ini. 

3. Hui Ka Yan

Hui Ka YanHui Ka Yan/ Foto: detikFinance

Hui Ka Yan, pendiri Evergrande pun menjadi salah satu miliarder yang harus kehilangan hartanya. Ia mengalami kerugian sebanyak US$18 miliar karena krisis keuangan yang dilanda perusahaan propertinya tersebut. 

Evergrande dikabarkan gagal membayar hutang, sehingga nilai sahamnya di bursa Hong Kong turun menjadi US$0,19 per lembar. Lalu, agar bisnis propertinya tersebut bisa tetap jalan, kabarnya Hui Ka Yan sampai harus merogoh kocek pribadi dan membayar US$300 miliar agar hutangnya tidak membengkak.

4. Zhang Yong

zhang yongZhang Yong/ Foto: Dok. Forbes

Zhang Yong yang merupakan pendiri Haidilao, perusahaan jaringan hotpot di China pun turut kehilangan hartanya. Ia kehilangan harta sampai US$15,9 miliar. Pria berkebangsaan Singapura ini melakukan ekspansi bisnis dengan menggandakan jumlah restorannya hingga 1.600.

Sayangnya, nasib berkata lain. Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara ini ini membuat pelanggan setia Haidilao tidak dapat berkunjung dan tentu saja menyebabkan kerugian. 300 restoran pun berakhir tutup di akhir tahun dan saham turun sampai 71 persen.

Beauties, selain 4 orang kaya di atas yang 'jatuh miskin', masih ada daftar miliarder lainnya. Baca selengkapnya di sini.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id