sign up SIGN UP

3 Cara Terbaik Memberikan Dukungan Saat Teman Dekat Divonis Positif HIV/AIDS, Jangan Dijauhi ya!

Risma Oktaviani | Kamis, 02 Dec 2021 22:30 WIB
3 Cara Terbaik Memberikan Dukungan Saat Teman Dekat Divonis Positif HIV/AIDS, Jangan Dijauhi ya!
caption

Ketakutan dan ketidaktahuan tentang penyakit HIV/AIDS membentuk stigma negatif yang lazim di masyarakat yang menyebabkan adanya diskriminasi yang mengarah pada prasangka, sikap negatif, hingga pelecehan. Stigma negatif tersebut membuat orang yang mengidap HIV/AIDS ini selain harus berjuang melawan penyakitnya, mereka juga harus menghadapi rasa malu karena stigmanya. Sehingga, beberapa ODHA (orang dengan HIV/AIDS) mengalami kerusakan emosional dan psikologis. 

Orang dengan HIV/AIDS sering terisolasi pada saat mereka paling membutuhkan dukungan. Apalagi jika salah satu teman kamu yang ternyata positif terdiagnosa HIV/AIDS, mereka mungkin akan sangat merasa gelisah, cemas, ketakutan, dan terkucilkan. Sebagai seorang sahabat yang baik, inilah cara memberi dukungan yang mereka butuhkan agar mereka merasa lebih baik.

1. Jagalah Privasinya

jaga privasinya
jaga privasinya / pexels.com / Liza Summer

Saat kamu mengetahui bahwa sahabatmu mengidap penyakit HIV/AIDS, atau saat sahabatmu memberitahumu tentang penyakit yang sedang diidapnya, hal yang pertama yang harus kamu lakukan adalah berusaha untuk menjaga informasi tersebut cukup untuk kamu saja. Jangan sampai kamu menyebarluaskan informasi tersebut tanpa persetujuan teman kamu apalagi dengan maraknya stigma negatif yang ada.

Berita ini bisa membawa ketakutan dan kekhawatiran tentang bagaimana penyakit ini akan mempengaruhi orang lain saat harus berhadapan dengan mereka yang terinfeksi, begitupun rasa cemas yang akan teman kamu alami saat kondisinya diketahui banyak orang. Oleh karena itu, jadilah orang yang bisa sahabat kamu percaya, dan dengarkan tentang apa yang mereka rasakan.

2. Tunjukkan Bahwa Kamu Ada untuk Mereka

ada untuk mereka
ada untuk mereka / pexels.com / Liza Summer

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan sebagai cara memberi semangat pengidap HIV/AIDS adalah pastikan bahwa kamu selalu ada untuk mereka, tetap berhubungan dan berinteraksi dengan mereka secara teratur untuk memastikan keadaan mereka. Sehingga, sahabatmu tidak akan merasa kesepian dan terisolasi.

Berikan semangat dan tawarkan dukungan yang spesifik, apa yang bisa kamu lakukan untuk mereka. Selain itu, kamu juga bisa melibatkan teman kamu untuk bersenang-senang menghabiskan waktu agar teman kamu juga tidak merasa stres.

Stres dapat berdampak buruk pada sistem imun dan menyebabkan masalah seperti kegelisahan dan depresi. Maka dari itu, jangan sungkan untuk terus menanyakan tentang perasaannya sejauh ini tentang kondisi yang dihadapi. Namun, usahakan agar menghindari topik yang sekiranya membuat suasana tidak nyaman.

3. Dorong Mereka untuk Menjalani Perawatan

jalani perawatan
jalani perawatan / freepik.com / rawpixels

Bagi beberapa orang yang baru terdiagnosa HIV/AIDS, mungkin merasa sulit untuk mengambil langkah pertama untuk pengobatan HIV. Dukungan dan bantuan kamu sebagai sahabat akan sangat penting dan berguna bagi mereka.

Dengan terhubung ke perawatan medis HIV sejak dini, memulai pengobatan dengan obat HIV atau ART (Antiretroviral Treatment), dan tetap dalam perawatan, ODHA dapat mengendalikan virus, dan mencegah infeksi HIV mereka berkembang menjadi AIDS. Oleh karena itu, dorong teman kamu menemui dokter dan memulai pengobatan HIV sesegera mungkin.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id