STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

3 Ciri-ciri Kamu Sudah Miliki Work Life Balance, Salah Satunya Nggak Pusing Lembur!

Galih Konain Tata | Beautynesia
Senin, 07 Nov 2022 10:30 WIB
3 Ciri-ciri Kamu Sudah Miliki Work Life Balance, Salah Satunya Nggak Pusing Lembur!

Work life balance yang sehat akan berpengaruh besar pada kelangsungan hidup kita. Ini bukan sesederhana membagi waktu menjadi 50/50 antara bekerja dan bersantai, tapi memastikan Beauties merasa puas di kedua hal tersebut.

Keseimbangan yang sehat itu bisa berupa: tetap memiliki waktu untuk keluarga, teman, dan menyalurkan hobi meskipun dikejar deadline harian, memiliki cukup waktu untuk tidur dengan benar dan makan dengan baik, dan nggak khawatir dengan pekerjaan ketika Beauties berada di rumah.

Ketiga hal tersebut nyatanya masih menjadi tantangan bagi sebagian besar dari kita. Karena mungkin kita dihadapkan pada kondisi yang mengharuskan memegang banyak tanggung  jawab, tipikal bos yang menuntut, atau memiliki masalah kesehatan tertentu.

Untuk mencapai tujuan Beauties, yang terbaik adalah dengan menjalani kehidupan yang seimbang. Nah ini ketiga ciri-ciri kalau kamu sudah berhasil menjaga keseimbangan kehidupan kerja ke jalur yang tepat. Apa saja, simak!

1. Jarang Kerja Lembur

Jarang kerja lembur/ Foto: Pexels/ Cottonbro
Jarang kerja lembur/ Foto: Pexels/ Cottonbro

Beruntung kalau saat ini Beauties sudah nggak pernah menghabiskan lebih banyak waktu di tempat kerja daripada di rumah. Ini berarti kamu sudah mengatur waktu dengan lebih baik.

Memang normal sih ketika kita menghabiskan waktu tambahan beberapa menit di kantor untuk menyelesaikan dan menyempurnakan pekerjaan, tapi melakukan hal tersebut setiap hari bukanlah kebiasaan yang baik.

Dengan membuat skala prioritas pada pekerjaan sehari-harinya membuat Beauties bisa lebih produktif dan membantu kamu untuk pulang ke rumah sesegera mungkin.

2. Nggak Membawa Pekerjaan ke Rumah

Nggak membawa pekerjaan ke rumah/ Foto: Pexels/ Julian Jagtenberg
Nggak membawa pekerjaan ke rumah/ Foto: Pexels/ Julian Jagtenberg

Menurut sebuah studi oleh Scott Schieman dari University of Toronto, 50% orang membawa pulang pekerjaan mereka lho, Beauties. Gangguan kehidupan kerja tinggi dengan orang-orang yang 'memegang pekerjaan profesional dengan otoritas lebih, kebebasan pengambilan keputusan, tekanan, dan jam kerja lebih lama'.

Kalau Beauties sudah berhasil mengendalikan kehidupan kerja kamu, it's a good job! Karena kebiasaan ini akan terus meresap ke dalam kehidupan pribadi kamu.

Penting untuk diingat bahwa waktu setelah bekerja harus dihabiskan dengan diri sendiri dan orang yang kamu cintai. Membawa pekerjaan ke rumah hanya jika diperlukan dan bekerja untuk waktu yang singkat saja.

3. Kehidupan Asmara Menjadi Lebih Baik

Kehidupan asmara lebih baik/ Foto: Pexels/ Cottonbro
Kehidupan asmara lebih baik/ Foto: Pexels/ Cottonbro

Seringkali, buruknya work life balance menempatkan permasalahan pada hubungan pribadi kamu dan pasangan karena kurangnya waktu satu sama lain.

Nah, dengan berhasilnya Beauties dalam menyeimbangkan urusan pekerjaan dan asmara tentu membuat kamu lebih bisa menyesuaikan diri dan lebih bisa meluangkan waktu untuk berdua.

Berkomunikasi dengan intens dan berkualitas nggak hanya sebagai cara untuk menghilangkan stres, tapi juga cara kita untuk nggak lupa menghabiskan waktu bersama orang-orang yang selalu menjadi support system terbaik.

Cukup penting untuk disadari bahwa waktu di tempat kerja bisa dikejar, tapi waktu dan pengalaman dengan orang-orang terkasih tidak bisa.

Nah Beauties, sukses adalah produk dari keterampilan dan kerja keras. Namun, terlalu banyak pekerjaan dan kurangnya usaha untuk memperbaiki work life balance juga nggak sehat bagi pikiran, tubuh, dan kehidupan sosial kita. Bagaimanapun, keseimbangan kehidupan kerja adalah kunci kesuksesan yang menyeluruh.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE