sign up SIGN UP

3 Mitos yang Paling Sering Muncul Seputar Ekstrovert, Salah Satunya Pendengar yang Buruk! Benarkah?

Nadya Quamila | Beautynesia
Selasa, 30 Nov 2021 23:30 WIB
3 Mitos yang Paling Sering Muncul Seputar Ekstrovert, Salah Satunya Pendengar yang Buruk! Benarkah?
caption
Jakarta -

Beauties, apa yang terlintas di benak kamu pertama kali saat mendengar kata "ekstrovert"? Apakah seseorang yang ramah dan senang bergaul? Atau seseorang yang selalu suka menjadi pusat perhatian?

Ya, ekstrovert memang dikenal sebagai tipe kepribadian yang ramah, pemberani, dan selalu bersemangat serta penuh energi. Namun di balik semua 'pesona' ekstrovert tersebut, ada beberapa stereotip yang kerap disalahpahami alias hanya mitos belaka, lho!

Lantas, apa saja, sih, mitos yang sering beredar seputar ekstrovert? Yuk, cari tahu!

Ekstrovert adalah Pendengar yang Buruk

Potret wanita yang sedang mengobrolMitos seputar tipe kepribadian ekstrovert/Foto: Freepik.com/womantalking

Ekstrovert adalah pembicara yang hebat. Mereka senang menghabiskan waktu dengan terlibat dalam berbagai percakapan dan mengobrol dengan siapa saja, bahkan dengan orang yang baru dikenal sekalipun.

Karena senang berbicara, maka muncul anggapan bahwa orang dengan tipe kepribadian ini hanya senang berbicara tanpa bisa mendengarkan dengan baik. Namun, anggapan ini hanya mitos belaka ya, Beauties!

Faktanya, seorang yang ekstrovert memiliki kemampuan untuk menjaga percakapan tetap berjalan dengan baik, salah satunya dengan mengajukan pertanyaan terbuka dan mendengarkan secara aktif. Mereka memiliki kemampuan untuk membuat lawan bicara bercerita lebih banyak dan merasa nyaman akan hal tersebut.

Ekstrovert Sangat Percaya Diri

Percaya diriEkstrovert terkenal sangat percaya diri/Foto: Freepik

Tak bisa dipungkiri, ekstrovert cenderung dikenal sebagai sosok yang percaya diri. Tak jarang karena sikap percaya diri tersebut, mereka sering menjadi sorotan di tengah keramaian dan membuat orang lain terpana.

Namun sebenarnya, rasa percaya diri tidak ada hubungannya dengan tipe kepribadian, lho! Tidak semua ekstrovert memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, begitu pula dengan introvert. Tidak semua introvert pemalu dan tidak percaya diri. Bahkan, tak jarang ada seorang ekstrovert yang pemalu dan tidak berani tampil di depan umum, lho!

Tidak Membutuhkan Waktu untuk Sendiri

Selalu Menyempatkan Waktu untuk Me TimeIlustrasi me time/Foto: Pexels.com/miriam alonso/ Foto: Ruhil Anadiah Sabrina

Karena senang menghabiskan waktu bersama orang lain, sering muncul anggapan bahwa seseorang yang ekstrovert tidak suka menghabiskan waktu sendirian. Bahkan, mereka disebut-sebut juga tidak membutuhkan me time.

Anggapan ini jelas salah besar ya, Beauties! Walaupun tipe kepribadian ekstrovert senang berada di keramaian, mereka tetap membutuhkan waktu untuk sendiri alias me time. Dan memang benar mereka mendapatkan energi ketika bergaul dengan orang lain, namun ada saatnya mereka butuh recharge dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Bersantai melalui me time adalah cara yang bagus untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Hal ini berlaku baik bagi ekstrovert maupun introvert.

Kira-kira, mitos seputar ekstrovert apa lagi, nih, yang sering kamu dengar?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id