sign up SIGN UP

3 Negara di Asia yang Sudah Berdamai dengan Covid-19, Indonesia Kapan?

Meuthia Khairani | Beautynesia
Minggu, 10 Apr 2022 07:00 WIB
3 Negara di Asia yang Sudah Berdamai dengan Covid-19, Indonesia Kapan?
caption

Beauties, penasaran nggak sih kapan virus Covid-19 hilang dan kegiatan kita kembali normal? Lebih dari dua tahun kita menghadapi hidup bersama Covid-19 yang semakin hari semakin bervariasi.

Ilustrasi nakes covid 19/Unsplash/Irwan Iwe
Ilustrasi nakes covid 19/Unsplash/Irwan Iwe

 

Sejauh ini, sudah ada beberapa negara Asia yang mulai berdamai dengan Covid-19. Negara mana saja dan bagaimana cara mereka menanggulangi virus ini?

1. Singapura

Seperti yang dikutip dari CNBC Indonesia (30/3), negara transit ini sudah mulai melonggarkan aturan dengan meniadakan kewajiban memakai masker, telah mengizinkan pelaksanaan pertunjukan, dan meniadakan karantina untuk pendatang yang telah divaksin dari negara lain.

Meski begitu, pemakaian masker di dalam ruangan dan menjaga jarak tetap berlaku.

2. Hong Kong

Masih dari laman yang sama, negara ini juga telah melonggarkan aturan dengan mengurangi waktu karantina, membuka sekolah, dan membuka kembali fasilitas olahraga, Beauties.

3. Korea Selatan

Dilansir dari CNN Indonesia (10/2), negara ini juga menghentikan tes dan tracing covid. Kini, Korsel lebih mengutamakan perawatan kesehatan dan tes Covid-19 untuk golongan masyarakat yang rentan dan lansia.

Lantas, bagaimana dengan Indonesia?

Ilustrasi prokes covid 19/Pixabay/ejdej
Ilustrasi prokes covid 19/Pixabay/ejdej

Kabar gembira untuk kita semua! Di negara kita beberapa kegiatan perlahan-lahan mulai kembali normal. Pun, mulai ada tanda-tanda dalam waktu dekat kita bisa segera berdamai dengan Covid-19.

Dilansir dari detikHealth, beberapa daerah di Indonesia sudah menurunkan level PPKM. Kewajiban tes PCR dan antigen sudah tidak berlaku lagi untuk pelaku perjalanan domestik yang sudah mendapatkan vaksin kedua. Masa karantina yang sebelumnya 14 hari kini dipangkas menjadi hanya tujuh hari.

Dari website resmi Kementerian Kesehatan, Indonesia kini sudah dalam masa transisi pandemi menuju endemi. Juru Bicara Covid-19, dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan bahwa ke depannya kasus covid diperkirakan masih tetap ada, tetapi virus tersebut tidak akan mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat seperti pada tahun kemunculannya.

Ilustrasi pandemi covid 19/Pixabay/Iqbal Nuril
Ilustrasi pandemi covid 19/Pixabay/Iqbal Nuril

Lalu, bagaimana cara agar Indonesia segera berdamai dengan Covid-19 dan beralih ke endemi?

Dilansir dari CNN Indonesia, dr. Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan ada lima syarat negara kita bisa berdamai dengan Covid-19, yaitu:

1. Tingkat penularan pada masyarakat kurang dari satu.

2. Rasio kasus positif covid-19 (angka positivity rate) harus kurang dari 5% dari ketetapan WHO.

3. Tingkat perawatan rumah sakit harus kurang dari 5%.

4. Angka kematian warga yang disebabkan virus covid-19 (fatality rate) harus kurang dari 3%.

5. Level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) harus pada level 1.

Masih dari CNN Indonesia (18/3), Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban memprediksi Indonesia akan masuk ke fase endemi Covid-19 dalam waktu satu-dua bulan lagi. Tentunya, jika kelima syarat itu terpenuhi.

Ilustrasi pemakaian masker covid 19/Pixabay/Ben_Kerckx
Ilustrasi pemakaian masker covid 19/Pixabay/Ben_Kerckx

Seperti itu kira-kira update tentang Covid-19 di negara Asia dan cara kita—masyarakat Indonesia—berdampingan dengan Covid-19 untuk mencapai fase endemi nanti, Beauties. Tentunya, untuk memulihkan kembali seluruh aktivitas yang saat ini masih dibatasi, butuh kerja sama kita dengan berdisiplin memakai masker, rajin mencuci tangan, menghindari keramaian, dan selalu taat prokes di mana pun berada.

Yuk, kita kompak memutus rantai penyebaran covid, yuk!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id