sign up SIGN UP

3 Warna yang Dipercaya Membawa Keberuntungan Jika Dipakai Saat Perayaan Imlek

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Minggu, 30 Jan 2022 19:00 WIB
3 Warna yang Dipercaya Membawa Keberuntungan Jika Dipakai Saat Perayaan Imlek
caption
Jakarta -

Selain angka, menurut budaya orang-orang di Cina, warna juga bisa membawa keberuntungan, dan memengaruhi segala aspek dalam kehidupan. Namun, nggak semua warna melambangkan keberuntungan. Biasanya warna-warna yang membawa keberuntungan sering digunakan dalam perayaan istimewa, seperti Imlek. 

Nah, dilansir dari Top China Travel, menurut fengshui terdapat tiga warna pembawa keberuntungan yang harus dikenakan saat perayaan Imlek di Tahun Macan Air ini. Mau tahu warna apa saja? Check this out, Beauties! 

Merah

warna merah adalah warna keberuntungan
Warna pembawa keberuntungan/Foto: sartle.com

Merah menjadi salah satu warna yang melekat dengan budaya Cina. Hampir setiap perayaan tradisi Cina, baik Imlek maupun pernikahan warna merah selalu mendominasi. Hal ini dikarenakan, warna merah melambangkan kebahagiaan, harapan, keberuntungan, kecantikan, kesuksesan, dan vitalitas. 

Dalam perayaan Imlek, warna merah dipercaya dapat membawa keberuntungan dan mengusir roh-roh jahat, serta nasib buruk. Makanya, hiasan dan ornamen Imlek selalu identik dengan warna merah, bahkan pakaian Imlek pun didominasi oleh warna ini. 

Kuning Emas

warna kuning juga warna keberuntungan dalam budaya Cina
Tahun Macan Air/Foto: xpressmoney.com

Selain merah, kamu mungkin juga sering menemukan warna kuning emas dalam perayaan Imlek. Warna ini merupakan salah satu warna bergengsi, lho dalam sejarah dan budaya Cina. Warna kuning emas dikenal sebagai warna kaisar atau yellow emperor karena pada masa kekaisaran kuno, warna ini hanya digunakan oleh kaisar Cina saja. 

Bahkan, dilansir dari China Highlights, sepanjang dinasti Song, warna kuning digunakan untuk melapisi seluruh lantai istana. Adapun makna di balik warna kuning emas adalah harapan, kemakmuran, kesetiaan, kekayaan, dan kekuasaan.

Hijau

warna hijau melambangkan kesehatan
Perayaan Imlek/Foto: thatsmandarin.com

Dalam budaya Cina, warna hijau melambangkan kesehatan, kemakmuran, kekayaan, kesuburan, dan harmoni. Selain itu, warna hijau juga melambangkan kebersihan sehingga sering digunakan untuk menggambarkan hal-hal yang berkaitan dengan organik atau alam. 

Meskipun demikian, sebaiknya memberikan hadiah berupa topi berwarna hijau kepada pria yang sudah beristri dihindari. Sebab, hal tersebut menunjukkan kalau si pria punya istri yang nggak setia. Wah, hati-hati, ya Beauties jangan sampai salah kasih hadiah. 

Beauties, itu dia tiga warna yang bisa membawa keberuntungan jika dipakai saat perayaan Imlek di tahun Macan Air ini. Sebaliknya, warna putih dan hitam sebaiknya dihindari karena melambangkan duka dan kematian. 

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id