4 Alasan Empati Jadi Soft Skill Penting di Dunia Kerja, Sulit Dilakukan Tapi Bikin Sukses!

Narita Fuji Triani | Beautynesia
Selasa, 21 Oct 2025 18:30 WIB
4. Bisa Mencegah Konflik
Alasan empati jadi soft skill penting di dunia kerja bisa mencegah konfilik. Penting melihat masalah dari sisi orang lain./Foto: freepik.com/Lifestylememory

Bicara soal dunia kerja, banyak hal teknis yang selalu diupayakan untuk diasah. Padahal, ada satu skill yang sering dianggap mudah tapi efeknya besar untuk karier masa depan, yaitu empati. Empati adalah kemampuan seseorang buat mengerti perasaan, sudut pandang, dan kebutuhan orang lain.

Merangkum dari riset Center for Creative Leadership (CCL), manajer yang punya empati justru dinilai lebih sukses dari atasannya. Sementara dalam video “The Hardest Soft Skill: Empathy” di kanal Youtube ASIS International bilang kalau empati itu skill yang paling susah, tapi juga punya dampak.

Jadi, empati bukan sekedar basa-basi tentang mengerti perasaan orang lain. Empati punya alasan yang penting di dunia kerja. Apa saja? Yuk simak selengkapnya!

1. Komunikasi Jadi Lebih Nyambung

Alasan empati jadi soft skill penting di dunia kerja agar komunikasi jadi lebih nyambung. Tidak ada lagi komunikasi yang bikin salah paham/Foto: freepik.com/freepik

Komunikasi jadi bagian yang penting di dunia kerja. Sering kali kita salah paham gara-gara cepat menanggapi chat, email, atau obrolan. Padahal, biar komunikasi lebih lancar, kuncinya harus ada empati. Orang yang punya empati, bisa lebih tenang mendengarkan lawan bicara dengan baik, baru memberi respon. Hasilnya, komunikasi jadi lebih nyaman, minim salah arti, dan pastinya akan jauh dari drama nggak penting.

Seseorang yang punya empati bisa lebih peka sama bahasa tubuh atau intonasi orang lain. Jadi nggak cuma dengar kata-kata, tapi mengerti perasaan di baliknya. Bukan komunikasi yang hanya sekedar ngobrol, tapi benar-benar bisa nyambung secara emosional.

2. Membangun Kepercayaan dalam Tim

Alasan empati jadi soft skill penting di dunia kerja untuk membangun kepercayaan dalam tim. Teamwork jadi lebih sehat dan nyaman bekerja sama/Foto: freepik.com/freepik

Di dalam dunia kerja, kepercayaan orang lain jadi segalanya. Orang akan nyaman dan terbuka ketika bekerja karena merasa tidak dihakimi. Maka dari itu, pemimpin atau rekan kerja yang punya empati biasanya jadi tempat curhat andalan. Hal ini bisa membangun tim yang solid, kompak, dan makin produktif.

Punya rasa empati dan trust di dalam tim membuat setiap anggota merasa dihargai. Mereka jadi nggak segan untuk menyampaikan ide atau kritik, berani mengemukakan pendapat tanpa takut diabaikan. Jadi, teamwork bisa lebih sehat dan goals bakal lebih cepat tercapai.

3. Nilai Leadership Meningkat

Alasan empati jadi soft skill penting di dunia kerja untuk meningkatkan nilai leadership. Pemimpin yang punya empati bisa dihargai oleh tim/Foto: freepik.com/freepik

Dalam riset yang dilakukan CCL menyebutkan bahwa manajer yang berempati dinilai punya performa yang lebih baik. Hal itu karena pemimpin yang berempati sadar kalau timnya bukan robot yang terus-terusan harus kerja, tapi juga manusia biasa dengan masalah, tantangan pribadi, dan punya mimpi.

Pemimpin dengan empati juga bisa membuat keputusan lebih manusiawi. Misalnya, bisa menyesuaikan workload biar anggota tim nggak burnout. Dia juga akan memberi dukungan saat ada anggota yang kesulitan. Tim akan merasa lebih dihargai dan loyal ke pemimpinnya.

4. Bisa Mencegah Konflik

Alasan empati jadi soft skill penting di dunia kerja bisa mencegah konfilik. Penting melihat masalah dari sisi orang lain./Foto: freepik.com/Lifestylememory

Konflik di kantor seringkali terjadi, tapi sebenarnya bisa dicegah dengan empati. Kita bisa melihat masalah dari sisi orang lain, mengerti kenapa orang tersebut bisa bereaksi seperti itu, dan akhirnya jadi lebih mudah menemukan solusi tanpa konflik yang sengit.

Empati bisa membuat suasana kerja jadi lebih tenang. Saat ada selisih paham, orang akan lebih sabar dan bisa dialihkan ke kerjaan. Orang juga akan lebih produktif.

Punya rasa empati bukan cuma soal jadi orang baik, tapi bagaimana kita bisa bertahan di dunia kerja. Jadi, jangan hanya upgrade hard skill, tapi juga harus melatih soft skill, termasuk belajar empati. So, kamu sudah melatih empati juga, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE