sign up SIGN UP

4 Artis Pria yang Aktif Perangi Kekerasan Terhadap Perempuan, Ada Idola Kamu?

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 12 Nov 2021 09:45 WIB
4 Artis Pria yang Aktif Perangi Kekerasan Terhadap Perempuan, Ada Idola Kamu?
caption
Jakarta -

Di antara banyaknya permasalahan dunia yang ada saat ini, kekerasan terhadap perempuan semakin marak terjadi. Hal ini selalu menjadi perhatian publik dan pada akhirnya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memerangi hal tersebut.

Mengakhiri kekerasan terhadap perempuan tidak memandang gender; baik perempuan maupun pria harus ambil peran. Tak terkecuali dengan beberapa artis pria ini yang menunjukkan dukungannya untuk memerangi kekerasan terhadap perempuan.

Siapa saja mereka? Yuk cari tahu!

Ian Somerhalder

Ian Somerhalder/source:instagram.com/iansomerhalderIan Somerhalder/Foto: Instagram/iansomerhalder

Terkenal melalui perannya dalam serial televisi populer The Vampire Diaries, Ian Somerhalder rupanya cukup aktif dalam menentang kekerasan dalam rumah tangga terhadap perempuan.

Diketahui ia berpartisipasi dalam kampanye "The Real Man" 2011 dari Women's Aid UK. Menurut aktor sekaligus model ini, sangat mudah untuk melupakan fakta bahwa banyak perempuan di luar sana yang menjalani hidup mereka dalam ketakutan karena kekerasan dalam rumah tangga.

"Pria memiliki peran penting dalam menyampaikan pesan bahwa pria sejati tidak akan pernah menyakiti atau melecehkan pasangannya," ungkap Ian Somerhalder dikutip dari The Pixel Projects.

Tidak hanya mengikuti kampanye anti kekerasan terhadap perempuan, Ian juga merupakan seorang aktivis lingkungan dan hak hewan. Ia memanfaatkan media sosialnya secara positif dengan menginspirasi para penggemarnya. Salut!

David Schwimmer

Artis Pria yang Aktif Perangi Kekerasan Terhadap PerempuanArtis Pria yang Aktif Perangi Kekerasan Terhadap Perempuan/ Foto: Instagram/_schwim_

David Schwimmer adalah aktor yang memerankan karakter Ross Geller dalam sitkom Amerika populer Friends. Pria yang meraih penghargaan nominasi Academy Award ini rupanya merupakan juru kampanye yang berkomitmen untuk membantu para korban pemerkosaan.

Melalui tulisannya yang diterbitkan di NBC News, David Schwimmer menjelaskan bahwa selama bertahun-tahun ia telah mendengarkan saudara perempuannya dan beberapa perempuan di sekitarnya bahwa mereka telah mengalami pelecehan seksual. Hal ini membuatnya frustasi dan kemudian bertekad untuk membuat perubahan.

Diketahui David mendukung gerakan #MeToo, yakni sebuah gerakan untuk melawan pelecehan dan kekerasan seksual. Ia juga memproduksi film pendek berjudul #ThatsHarassment, dan menjadi advokat untuk korban kekerasan seksual. Selama 15 tahun, ia juga menjadi dewan direksi di Rape Foundation.

Mark Ruffalo

Mark RuffaloMark Ruffalo/ Foto: Instagram/markruffalo

Siapa yang tidak kenal Mark Ruffalo? Namanya melambung setelah memerankan karakter Bruce Banner alias Hulk di berbagai film dari Marvel Cinematic Universe. Pria dengan 3 anak ini rupanya juga vokal dalam memerangi agresi seksual, yakni tindakan yang menyakiti perempuan secara seksual, seperti memaksa hubungan seksual.

Hal itu ia tunjukkan dengan menjadi bagian dari gerakan #HowIWillChange, sebuah solusi dalam mengakhiri rape culture atau budaya pemerkosaan. Tagar tersebut merupakan respons untuk menanggapi kampanye yang sempat viral yaitu #MeToo.

Melalui akun Twitternya, Mark sempat memberikan pandangannya terkait tagar #HowIWillChange.

Artis Pria yang Aktif Perangi Kekerasan Terhadap PerempuanArtis Pria yang Aktif Perangi Kekerasan Terhadap Perempuan/ Foto: Twitter/MarkRuffalo

Joko Anwar

Perempuan Tanah JahanamJoko Anwar/Foto: Instagram/festivalfilmid

Dari Indonesia, ada sutradara sekaligus aktor yang cukup vokal dalam menyuarakan kekhawatiran atas kekerasan terhadap perempuan. Diketahui pada akhir tahun 2020 lalu, ia menggalang dana di platform Kitabisa.com untuk membantu perempuan yang menjadi korban kekerasan.

Diketahui Joko Anwar selalu memasukkan nilai-nilai kesetaraan gender dalam setiap film filmnya. Ia juga pernah mengikuti Women's March di Jakarta pada 2019 silam yang menuntut pengesahan RUU PKS.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id