4 Cara Unik Menabung Ini Bisa Membuatmu 'Panen' Uang Jutaan dalam Setahun, Tertarik Coba?

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Kamis, 01 Jun 2023 09:00 WIB
4 Cara Unik Menabung Ini Bisa Membuatmu 'Panen' Uang Jutaan dalam Setahun, Tertarik Coba?

Menabung adalah kebiasaan baik yang bahkan sudah ditanamkan sejak kecil. Menabung biasanya dilakukan dengan menyisihkan sebagian uang ke rekening khusus atau celengan. Menggunakan rekening bank atau celengan bukan menjadi jaminan uangmu bisa terkumpul dengan cepat.

Jika tidak disiplin, tabungan yang terkumpul tidak akan kunjung bertambah. Untuk itu, kamu perlu menerapkan metode menabung yang sesuai dengan kondisi keuangan atau sesuai dengan target yang kamu inginkan.

Bahkan kamu bisa'panen' uang jutaan dari hasil tabungan dengan cara unik berikut ini

1. Menabung Sesuai Tanggal

Menabung sesuai tanggal
Menabung sesuai tanggal/ Foto: freepik.com/freepik

Cara unik menabung yang pertama adalah menabung sejumlah angka di kalender tiap bulannya. Metode menabung yang satu ini cocok bagi kamu yang menabung di celengan.

Sederhananya, di tanggal 1 kamu bisa menabung seribu, di tanggal 2 kamu bisa menabung dua ribu, tanggal 3 kamu bisa menabung empat ribu, dan seterusnya hingga tanggal habis yakni semisal bulan berakhir di tanggal 30, kamu bisa menabung tiga puluh ribu.

Dengan disiplin menerapkan cara tersebut, setiap bulan jika terhitung ada 30 hari tabunganmu akan terkumpul hingga Rp465 ribu. Dalam setahun, kamu akan mengumpulkan sekitar lima juta lebih. Wah, nominal yang cukup banyak ya, Beauties. 

2. Menabung Nominal Tertentu dengan Rutin

Menabung dengan nominal tertentu
Menabung dengan nominal tertentu/ Foto: freepik.com/freepik

Tabungan mencapai jutaan dalam satu tahun juga bisa dilakukan dengan rutin menyisihkan nominal tertentu di setiap harinya. Contohnya kamu bisa menabung setiap hari dengan nominal lima ribu. Maka dalam setahun kamu bisa memperoleh tabungan sebesar Rp. 1.825.000. 

Menambah nominal tidak hanya lima ribu, membuatmu mendapatkan 'panen' tabungan yang lebih besar. Semisal setiap harinya kamu menabung sepuluh ribu, maka dalam setahun kamu akan mendapat Rp. 3.650.000.

Yang terpenting, selain disiplin kamu juga bisa membuat label checklist yang tertempel di celengan agar tidak lupa untuk menabung setiap harinya.

Cara Unik Menabung Agar Panen Jutaan

3. Menabung Dengan Target

Kini menabung bukan lagi mengambil sisa pengeluaran untuk dimasukkan ke celengan atau rekening. Menabung akan lebih baik jika menyisihkan sebagian gaji di awal dengan persentase tertentu sesuai kondisi finansial.

Agar tidak berhenti di tengah jalan, kamu perlu untuk metetapkan target. Target yang dimaksud seperti menabung untuk membeli barang mewah atau pergi berlibur. 

Nominal untuk target juga bisa kamu sesuaikan. Misalnya kamu ingin berlibur di akhir tahun dengan budget dua juta, maka tiap bulannya kamu targetkan untuk bisa menyisihkan sekurang-kurangnya dua ratus ribu dari gaji yang kamu miliki.

Target yang kamu tetapkan biasanya bisa membuatmu termotivasi untuk bisa lebih rajin menabung.

4. Menabung Bersama Teman

Menabung bersama teman
Menabung bersama teman/ Foto: freepik.com/drobotdean

Ingin lebih seru lagi dalam menabung? Kamu bisa coba menabung bersama dengan teman. Bukan berarti kamu harus satu rekening atau satu celengan dengan teman.

Kamu bisa berkomitmen bersama untuk rutin menabung di periode waktu tertentu. Selain menetapkan target bersama, kamu dan teman juga bisa saling mengingatkan untuk rajin menabung. 

Di akhir tahun, kamu bisa bersama-sama membuka tabungan dan memberi reward kepada diri sendiri karena sudah rajin menabung seperti pergi berlibur bersama atau membeli barang sesuai keinginan.

Nah Beauties, apakah kalian sudah termotivasi untuk menabung sesegera mungkin? Jika ya, jangan tunda-tunda lagi, ya. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE