sign up SIGN UP

4 Fakta Menarik di Balik Pergantian Nama Bangkok Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Rini Apriliani | Beautynesia
Jumat, 18 Feb 2022 17:30 WIB
4 Fakta Menarik di Balik Pergantian Nama Bangkok Jadi Krung Thep Maha Nakhon
caption
Jakarta -

Sebuah negara tentu tak terlepas dari yang namanya Ibu Kota. Baru-baru ini, Otoritas Thailand mengumumkan adanya perubahan nama dari nama Ibu Kota yang semula Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon

Ramai diperbincangkan, simak yuk fakta menarik dari pergantian nama Ibu Kota Thailand ini, Beauties. Simak di sini ya!

1. Bangkok Kaya Akan Sejarah Penting

Ibu Kota Thailand, Bangkok Ganti NamaIbu Kota Thailand, Bangkok Ganti Nama/ Foto: Pexels.com/icon0.com

Bangkok merupakan Ibu Kota Thailand yang memiliki sejarah penting di wilayah Asia Tenggara. Banyak organisasi kerja sama antar negara-negara di Asia Tenggara yang terjadi di Bangkok. 

Nama Bangkok dipilih dengan merujuk sebuah daerah lama yang kini menjadi bagian dari area metropolitan tersebut, yakni distrik Bangkok Noi dan Bangkok Yai. Penggunaan nama Bangkok sendiri resmi digunakan sejak November 2001 silam. 

2. Ganti Nama Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Ibu Kota Thailand, Bangkok Ganti NamaIbu Kota Thailand, Bangkok Ganti Nama/ Foto: Pexels.com/icon0.com

Pergantian nama Bangkok yang terjadi baru-baru ini jadi sorotan dunia. Ibu Kota Thailand mengganti nama jadi Krung Thep Maha Nakhon. 

Sebenarnya, nama ini adalah nama pendeknya saja. Pasalnya, nama lengkapnya adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit. 

Yang mana menurut Guinnes World Records, ini adalah nama tempat terpanjang di dunia. 

3. Nama Bangkok Tetap Diakui

Ibu Kota Thailand, Bangkok Ganti NamaIbu Kota Thailand, Bangkok Ganti Nama/ Foto: Pexels.com/Martin Péchy

Nama Krung Thep Maha Nakhon sebenarnya belum secara penuh berlaku efektif. Pemberlakuan nama ini masih menunggu pemeriksaan komisi yang bertugas memeriksa semua rancangan undang-undang (RUU) yang diajukan. Selain itu, masih ada perjalanan panjang lainnya yang harus dilalui. 

Namun, walaupun nantinya telah berganti nama, nama Bangkok sendiri masih tetap diakui. Dilansir dari detikEdu, nantinya nama Bangkok ini akan ditulis dalam tanda kurung untuk ke depannya. 

4. Arti Nama Krung Thep Maha Nakhon

Ibu Kota Thailand, Bangkok Ganti NamaIbu Kota Thailand, Bangkok Ganti Nama/ Foto: Pexels.com/Martin Péchy

Tentu saja di balik nama ada arti yang terkandung. Krung Thep Maha Nakhon sendiri memiliki arti yakni, kota besar para malaikat. Dalam percakapan sehari-hari, orang Thailand hanya menyebutnya "Krup Thep" saja. 

Beauties, itu deretan fakta menarik di balik perubahan nama Ibu Kota Thailand, seperti yang dilansir dari detikNews. Bagaimana menurutmu nih?

[Gambas:Video Beautynesia]

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id