sign up SIGN UP

4 Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Kesepian

Putri Rizki Aulika | Beautynesia
Rabu, 21 Sep 2022 18:15 WIB
4 Hal Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Saat Merasa Kesepian
caption

Kesepian adalah perasaan umum yang dirasakan oleh manusia. Kesepian biasanya terjadi ketika kamu merasa tertekan dalam kesendirian, berbeda dengan isolasi sosial yang terjadi karena kurangnya interaksi teratur dengan orang lain.

Kamu juga bisa merasa kesepian bahkan ketika berada di tengah keramaian. Kesepian yang berkepanjangan dapat menguras emosi dan bisa berdampak buruk bagi kondisi mental dan fisik. 

Agar kamu tidak berlarut-larut dalam rasa sepi terlalu lama, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan ketika dilanda kesepian, sebagaimana dirangkum dari Healthline. Yuk, simak!

Ungkapkan Rasa Syukur Atas Hal-hal Positif dalam Hidup

Ilustrasi bersyukur/Foto: Freepik.com/benzoix
Ilustrasi bersyukur/Foto: Freepik.com/benzoix

Meluangkan beberapa menit untuk memperhatikan hal-hal positif dalam hidup bisa membantu kamu merasa lebih baik. Kamu bisa mengungkapkan rasa syukur dengan menuliskan hal-hal yang patut disyukuri di buku harian, seperti ucapan terima kasih setiap hari dapat mengurangi rasa sepi.

Jika kamu mengingat momen kebahagiaan bersama teman, ungkapan rasa rindu dengan berbicara melalui ponsel atau atur waktu untuk bertemu. Hal sederhana lainnya adalah ketika kamu merasa bersyukur diberikan kesehatan, kamu bisa menyantap makanan lezat favorit.

Kenali Emosi Sendiri

Ilustrasi meditasi/Foto: Freepik.com/lookstudio
Ilustrasi meditasi/Foto: Freepik.com/lookstudio

Emosi cenderung terpendam jika kamu tidak berusaha mengekspresikannya. Tidak ada salahnya sesekali coba berbagi cerita dengan orang terdekat mengenai apa yang kamu rasakan, opinimu dan hal-hal lain yang ingin kamu ungkapkan.

Namun, berbagi emosi yang menyakitkan atau tidak diinginkan dengan orang lain memang bisa terasa sulit, terutama jika kamu tidak terbiasa membicarakan perasaan sendiri. Salah satu solusinya, kamu bisa menulis jurnal harian atau merekam suara untuk mengekspresikan emosi. Kamu juga bisa mengenali dan mengelola emosi dengan melakukan meditasi.

Rehat Sejenak dari Media Sosial

Ilustrasi membaca buku/Foto: Freepik.com/lookstudio
Ilustrasi membaca buku/Foto: Freepik.com/lookstudio

Di media sosial, berbagai postingan bahagia umumnya sering diunggah banyak orang. Nyatanya, tidak semua hal yang ada dalam media sosial berarti bahagia sesungguhnya.

Tanpa sadar, semakin sering kamu berselancar di media sosial dapat meningkatkan perasaan kesepian. Kamu pun mulai membandingkan diri dengan orang lain di media sosial. Sebaiknya, batasi penggunaan media sosial agar pikiranmu rehat sejenak.

Lakukan Kegiatan untuk Melatih Sisi Kreatif

Ilustrasi melukis/Foto: Freepik.com/atlascompany
Ilustrasi melukis/Foto: Freepik.com/atlascompany

Dengan melakukan kegiatan baru dapat melatih sisi kreatif sekaligus meningkatkan kesehatan mental, seperti seni, musik, menulis dan lainnya. Kamu bisa menemukan ketenangan batin saat melakukan hal-hal yang disukai, mulai dari olahraga, jalan-jalan, bermain musik, membaca, menulis cerita, fotografi dan sebagainya. Jika kamu hobi melukis atau menggambar, kamu bisa rutin melakukannya setiap minggu untuk mengurangi perasaan kesepian. 

Menjaga kesehatan mental sama baiknya dengan menjaga kesehatan fisik. Keduanya berperan imbang dalam tubuh dan pikiran. Jika kamu masih merasa kesepian dan putus asa, kamu bisa mempertimbangkan untuk berkonsultasi kepada ahlinya seperti konselor atau psikolog.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id