sign up SIGN UP

4 Kebiasaan Awal Bulan Ini Membuatmu Sengsara di Tanggal Tua, Mana yang Sering Dilakukan?

Ruhil Anadiah Sabrina | Beautynesia
Selasa, 28 Sep 2021 18:30 WIB
4 Kebiasaan Awal Bulan Ini Membuatmu Sengsara di Tanggal Tua, Mana yang Sering Dilakukan?
caption

Hayo... siapa nih yang punya kebiasaan saat di awal bulan apalagi selepas gajian, bawaanya ingin belanja terus? Nampaknya kebiasaan satu ini susah sekali dihindari apalagi kalau kamu punya hobi shopping. Jangan sampai nih di awal bulan kamu kalap belanja, senang-senang terus, travelling mulu, yang akhirnya uangmu belum sampai tanggal tua sudah habis duluan.

Dana buat bayar cicilan, untuk ditabung, membayar kebutuhan, jadi habis tak tersisa, akhirnya bingung deh cari hutangan sana sini. Nah berikut empat kebiasaan sepele di awal bulan yang membuatmu sengsara di tanggal tua alias akhir bulan. 

1. Kalap dalam Belanja

Kalap dalam Berbelanja
Kalap dalam Berbelanja/pexels.com/@gustavo fring

Kebiasaan pertama awal bulan yang bisa membuatmu sengsara di akhir bulan yaitu, kalap dalam berbelanja. Hmmm, mentang-mentang selepas gajian langsung deh kamu belanjain ini itu, checkout barang-barang di online shop, ada barang yang bentuknya lucu langsung ingin beli, ada diskonan mudah tergiur, dan sebagainya.

Haduh, sebenarnya nggak masalah kok kalau kamu mau belanja apa saja setelah dapat uang. Namun jangan sampai kalap hingga menghabiskan uang gajian. Belilah barang yang sekiranya sesuai dengan kebutuhanmu dan jangan mudah menuruti keinginan yang hanya sesaat. 

2. Membeli Barang yang Kurang Penting

Membeli Barang yang Kurang Penting
Membeli Barang yang Kurang Penting/pexels.com/@ Tim Douglas

Kebiasaan selanjutnya yaitu, membeli barang-barang yang kurang penting. Meski sedang punya uang kurangilah kebiasaan membeli barang-barang yang nggak penting.

Kemarin sudah beli baju hari ini beli baju lagi dengan warna yang berbeda, hp masih bagus ingin beli hp lagi, beli tas, sepatu, atau barang-barang sepele yang sebenarnya nggak kamu butuh-butuhin banget. Ingat, hal di atas adalah kebutuhan sekunder, penuhi dulu kebutuhan sehari-hari dulu supaya hidupmu nggak sengsara di akhir bulan. 

3. Kebiasaan Makan di Luar

Kebiasaan Makan di Luar
Kebiasaan Makan di Luar/pexels.com/@rodnae production

Siapa nih yang paling nggak bisa menahan kalau urusan makanan dan jajan? Ternyata kebiasaan suka makan di luar bisa membuatmu jadi sengsara di akhir bulan lho!

Ya bagaimana uang nggak cepat habis orang makan saja setiap hari harus keluar, punya duit beli makan-makanan yang mahal, nongkrong terus di kafe, tentu akan semakin banyak anggaran yang harus dikeluarkan. Sebenarnya tidak masalah beli makanan mahal, nongkrong bareng teman, asalkan jangan keseringan.

Supaya lebih hemat kamu bisa lho masak sendiri di rumah atau bawa bekal saat ke kantor, justru ini jauh lebih sehat. 

4. Tidak Bisa Menahan Diri

Tidak Bisa Menahan Diri
Tidak Bisa Menahan Diri/pexels.com/@kampus production

Salah satu kunci keuanganmu bisa stabil sampai akhir bulan yaitu, menahan dari. Kalau kamu bisa menahan diri untuk nggak mudah tergiur membeli sesuatu, untuk tidak sering makan di luar, untuk tidak sering nongkrong nggak penting, dan bisa hidup sederhana pasti keuanganmu bakal aman sampai akhir bulan.

Belanja nggak masalah, nongkrong bareng teman juga sah-sah saja, tapi sewajarnya. Pintarlah dalam menahan diri supaya nggak menyesal di akhir bulan nanti. 

Itulah empat kebiasaan awal bulan yang bisa membuatmu sengsara di akhir bulan. Jadi, hindari kebiasaan di atas ya supaya keuanganmu aman, dan nggak sibuk cari hutangan terus. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id