sign up SIGN UP

4 Tipe Kepribadian Introvert yang Perlu Kamu Tahu Biar Nggak Asal Judge!

Cica Rahmania | Beautynesia
Selasa, 07 Sep 2021 22:45 WIB
4 Tipe Kepribadian Introvert yang Perlu Kamu Tahu Biar Nggak  Asal Judge!
caption
Jakarta -

Di dunia ini, banyak penelitian soal kepribadian seseorang. Namun, dari sekian banyak kepribadian yang eksis, setidaknya ada tiga kepribadian yang populer, yaitu extrovert, ambivert, dan introvert. Kali ini, Beautynesia akan membahas yang terakhir alias introvert.

Introvert sendiri berasal dari bahasa Inggris. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring menyerap kata introvert menjadi introver yang berarti "bersifat suka memendam rasa dan pikiran sendiri dan tidak mengutarakannya kepada orang lain; bersifat tertutup".

Ciri-ciri orang dengan kepribadian introvert sangat jelas. Biasanya, mereka lebih suka menyendiri dan menghindari kerumunan sehingga disalah artikan sebagai pemalu. Padahal, mereka memang tidak ingin bersosialisasi karena tidak nyaman. Kebanyakan dari individu introvert lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dan jadi orang pertama yang meninggalkan acara.

Seseorang yang memiliki kepribadian introvert sering dianggap sebagai orang yang pendiamSeseorang yang memiliki kepribadian introvert sering dianggap sebagai orang yang pendiam/ Foto: Pexels.com/Andrea P

Meski begitu, bukan berarti mereka nggak suka berinteraksi dengan orang lain. Mereka menjalin hubungan dengan orang lain. Mereka bukan pecundang yang kesepian. Namun, tahukah kamu kalau introvert memiliki jenis di dalamnya?

Dikutip dari Your Tango, setidaknya ada empat tipe kepribadian yang harus kamu tahu agar bisa mengidentifikasi dirimu sendiri atau diri orang lain sebagai tipe introvert yang tepat. Berikut ulasannya, Beauties.

Introvert Sosial

Meskipun dari luar Virgo tampak ekstrovert, tetapi sebenarnya mereka seringkali lebih tertutup dan karena itu mereka merasa nyaman ruang mereka sendiri.Meskipun dari luar Virgo tampak ekstrovert, tetapi sebenarnya mereka seringkali lebih tertutup dan karena itu mereka merasa nyaman ruang mereka sendiri./ Foto: Pexels.com

Introvert sosial lebih suka tinggal di rumah, seperti yang telah dikatakan di atas. Mereka lebih senang menghibur diri dengan membaca, bermain komputer, berkebun, mendengarkan musik, atau menonton Netflix, daripada pergi ke pesta atau acara dengan kebanyakan orang asing.

Tentu hal ini memiliki arti berbeda dari rasa malu, karena tidak ada keadaan yang berasal dari kecemasan ketika sendirian.

Introvert Pikiran

Selalu Berpikir OptimisSelalu Berpikir Optimis/ Foto: Pexels.com/George Milton

Introvert pikiran merupakan pribadi yang berpikir tersesat dalam pikirannya. Mereka menikmati ketika tersesat di dunia fantasi dengan cara yang imajinatif dan kreatif. Mereka menikmati bermain game, kegiatan virtual, tetapi menikmati acara sosial. Namun, secara keseluruhan, mereka sangat bijaksana dan introspektif.

Introvert Kecemasan

Fakta menarik kepribadian INTJ/Foto: freepik.comFakta menarik kepribadian INTJ/Foto: freepik.com/ Foto: Freepik.com

Introvert yang cemas hampir sama dengan orang yang canggung. Mereka lebih suka menyendiri dan tidak pergi ke pertemuan sosial karena mereka tidak terlalu percaya diri dengan keterampilan sosial mereka. Individu dengan tipe introvert ini memiliki banyak penyesalan karena banyak kegiatan sosial yang mereka rasa tidak berjalan dengan baik.

Introvert Kendali

Introvert tipe ini suka mempertimbangkan banyak hal sebelum mereka berpikir atau bertindak. Sebab mereka terlalu banyak berpikir, mereka akan menjadi sangat lambat dalam mengambil tindakan. Banyak hal yang tidak terwujud karena pikiran mereka sendiri.

Fakta tersembunyi kepribadian MBTI introvert/Foto: freepik.comFakta tersembunyi kepribadian MBTI introvert/Foto: freepik.com/

Akhir kata, nggak ada yang lebih baik dari ekstrovert, ambivert, atau introvert. Semua hanya tipe kepribadian. Namun, semakian kamu memahami karaktermu sendiri, kenyamanan akan kamu dapatkan dengan mudah.

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id