Saat ini banyak orang yang merasa nyaman bekerja remote atau work from home ketimbang harus berangkat ke kantor setiap hari. Banyak orang yang merasa lebih produktif meskipun melakukan pekerjaan secara penuh melalui online. Hal ini karena mereka lebih fleksibel bisa bekerja dari mana saja dan berpenampilan bagaimana saja, berbeda saat mereka harus datang ke kantor.
Meski kamu nggak harus berangkat ke kantor, bukan berarti kamu mengabaikan suasana kerja di rumah begitu saja. Karena lingkungan kerja yang baik tentu bisa berdampak positif pada produktivitas kamu. Jika home office nggak menarik dan nggak nyaman, kamu akan kesulitan untuk produktif dan fokus dengan task harian.
Maka dari itu, home office harus menjadi tempat di mana kamu bisa fokus pada pekerjaan dan nyaman untuk melakukan deadline yang harus kamu selesaikan. Lalu, bagaimana kamu mendesain home office pun menjadi hal yang krusial meskipun ruangan kamu kecil.
Nah berikut adalah empat tips untuk membuat ruangan kerja sesuai dengan preferensi desain kamu. Yuk simak ulasannya!
1. Buat Ruangan Senyaman Mungkin
Buat Ruangan Senyaman Mungkin/ Foto: Pexels/ Vlada Karpovich |
Kursi dan meja yang nyaman adalah hal terpenting dalam home office. Salah memilih ukuran meja dan kursi akan berdampak pada sakit punggung yang membuat siapa pun jadi nggak produktif.
Kamu bisa menambahkan bantal di kursi untuk menambah kenyamanan. Selain itu, pilih gorden dan karpet lantai yang sesuai dengan gaya kamu untuk menambah kesan nyaman pada ruang kerja kamu.
2. Tetap Rapi dan Teratur
Rapi dan Teratur/ Foto: Pexels/ Mart Production |
Kamu tentu memiliki banyak buku, sticky notes, dan kabel charger di seluruh ruang kerja. Agar tetap rapi, jangan biarkan semua menumpuk, tapi tambahkan storage tambahan untuk menaruh barang-barang yang kamu butuhkan.
Dengan begitu, kamu juga akan tahu di mana semua barang tersebut saat kamu membutuhkannya. Usahakan untuk merapikan ruang kerja setelah selesai bekerja.
3. Tambahkan Tanaman Hijau
Tanaman Hijau/ Foto: Pexels/ Anna Shvets |
Tanaman rumah memiliki cukup banyak manfaat, salah satunya untuk menambahkan warna dan estetik di ruang kerja. Kamu bisa menaruh tanaman tersebut di pot atau di rak. Pastikan juga kamu memiliki cukup cahaya matahari alami yang bisa masuk ke ruangan.
Tanaman asli juga bisa membantu menjaga udara tetap segar. Jika hari kerja cukup kamu membuat stres, istirahatlah sejenak sambil menyirami tanaman dan melakukan latihan pernapasan.
4. Tambahan Ornamen atau Aksesories
Aksesories Meja Ruang Kerja/ Foto: Pexels/ Pavel Danilyuk |
Di dalam ruangan kerja, kamu bisa membawa serta benda-benda favorit kamu. Misalnya mug, foto keluarga, scented candles atau diffuser untuk menenangkan kamu saat bekerja. Sentuhan aksesories kecil ini akan membuat kamu nyaman dan membantu kamu mengingat hal-hal kecil yang bisa kamu nikmati dalam hidup.
Nah, Beauties, home office yang dirancang dengan baik dengan aksen-aksen penting yang kamu butuhkan bisa meningkatkan produktivitas, suasana hati, dan kesejahteraan kamu, lho. Plus, itu bisa menangkal rasa sakit dan ketidaknyamanan fisik saat bekerja. Yuk mulai desain ruang kerja di rumah kamu sekarang!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!