4 Tips Memulai Bisnis di E-Commerce Tokopedia Ala Pebisnis Fashion Lokal Sukses

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Kamis, 08 Feb 2024 17:30 WIB
Memaksimalkan Fitur E-commerce
Tokopedia Fashion Market di Kota Kasablanka/ Foto: Courtesy of Tokopedia

Tokopedia sudah melekat sebagai marketplace yang dipercaya baik pelanggan maupun pebisnis. Rasanya tak lengkap jika membangun bisnis tanpa memanfaatkan platform ini. Namun bagaimana caranya agar memaksimalkan potensi e-commerce sehingga bisnis bisa bertumbuh pesat dan sukses?

Dalam press conference pembukaan Tokopedia Fashion Market (7/2) sekaligus peluncuran fitur 'Ambil di Tempat' di Kota Kasablanka, tiga pebisnis brand lokal sukses beberkan tips untuk Beauties yang ingin mulai bisnis. Satria Adiyasa selaku Co-Founder Prepp Studio, Kanya Trihapsari selaku Vice President of Marketing and Brand Strategy Benang Jarum, Zein Witriandani selaku Lead Marketing Merché, dan Aldhy Darmayo selaku Head of Fashion Category Development Tokopedia berbincang mengenai tips sukses mulai bisnis lewat Tokopedia dan fitur-fitur yang bisa diandalkan untuk raup cuan.


Find Your Why

Prepp Studio menyebutkan kata 'Why' (Kenapa) menjadi kunci penting untuk mengawali bisnis. "Kenapa kita mau build si brand ini?" kata Yasa. "Dari 'Find Your Why' itu kita bisa melihat purpose-nya (tujuannya) kita". Baginya, menemukan alasan 'kenapa' ini penting agar pelaku bisnis bisa konsisten dalam menjalankan bisnisnya.

Selain 'Find Your Why', Yasa juga menambahkan 'Find Your Partner' juga tak kalah esensial. "Karena partner yang bisa nemenin kita untuk kita bisa sustain, bisa kita sama-sama mau susah, lagi seneng, bisa saling nge-solid-in".

Melihat Peluang

Tokopedia

Tokopedia Fashion Market press conference/ Foto: Courtesy of Tokopedia

Kanya membeberkan rahasia sukses berbisnisnya adalah mendengarkan customer dan lihat peluang yang ada. Seperti Benang Jarum yang memulai bisnisnya saat pandemi, melihat peluang dan konsistensi, menjadi krusial sehingga harus dipunyai siapapun yang mau mulai usaha. 

Mengenal Customer 

Tokopedia

Kanya Trihapsari, Aldhy Darmayo, Satria Adiyasa, Zein Witriandani/ Foto: Courtesy of Tokopedia

Zein menambahkan tips berikutnya yaitu mengenal customer lebih dalam. “Jadi kita tahu nih kebutuhan mereka,” katanya. Lalu, membuat produk yang bisa menjawab kebutuhan mereka tersebut, seperti tas yang menyesuaikan dengan tujuan customer membawanya. Diferensiasi produk dari kompetitor dan konsisten juga jadi tips lain untuk memulai bisnis.

Memaksimalkan Fitur E-commerce

Tokopedia

Tokopedia Fashion Market di Kota Kasablanka/ Foto: Courtesy of Tokopedia

Di Tokopedia, banyak fitur yang membantu pelaku bisnis untuk berjualan. Hal ini pun yang dimanfaatkan dan sangat membantu mereka. Zein pun  menyarankan untuk memaksimalkan fitur yang ada untuk menjemput konsumen. Berawal dari usaha yang minim, mereka berkolaborasi bersama Tokopedia untuk adakan campaign. “Di situ kita manfaatin semua fitur yang ada di Tokopedia, termasuk juga Tokopedia Play. TopAds juga kita maksimalkan,” cerita Zein. “Dan hasilnya itu ada growth sebesar 383 persen. Hampir 400 persen”.

Kanya sendiri mengakui fitur Tokopedia yang berdampak besar bagi Benang Jarum adalah TopAds. “Dari semua fitur yang dikasih, sebenernya yang benar-benar worth banget adalah TopAds itu sendiri”. Meski dengan organik dan sales baik, boost dengan TopAds akan sangat meningkatkan penjualan.

Nggak cuma sangat membantu pelaku bisnis, seperti UMKM, untuk mengembangkan bisnisnya secara online dan menjangkau konsumen lebih banyak, Tokopedia juga adalah event offline untuk meningkatkan awareness brand dan penjual, yaitu Tokopedia Fashion Market, di Kota Kasablanka mulai 7-11 Februari 2024 dan juga digelar secara online 19-29 Februari 2024 di aplikasi Tokopedia. Tentu puluhan UMKM yang mengisi booth menyediakan penawaran spesial di sana.

Bersama dengan perhelatannya, Tokopedia juga semakin memudahkan konsumen untuk membeli pakaian dengan merilis terbaru yaitu Ambil di Tempat di mana pembeli bisa mengambil barang langsung di toko. “Dengan adanya fitur ini kami berharap bisa mempermulus pengalaman belanja online to offline (sebaliknya) dan memungkinkan lebih banyak masyarakat merasakan kemudahan bertransaksi lewat ekosistem Tokopedia,” tutup Aldhy.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(dmh/dmh)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE