4 Tips Meningkatkan Produktivitas dan Mood Saat Work From Home
Bekerja dari rumah atau  Work From Home  (WFH) kini telah menjadi bagian dari keseharian banyak orang. Meski menawarkan fleksibilitas dan kenyamanan yang lebih besar, sistem kerja ini juga memiliki tantangan tersendiri, Beauties.
Seiring berjalannya waktu, banyak orang yang merasakan sulit fokus, mudah terdistraksi, dan bahkan kehilangan semangat kerja. Mood dan produktivitas yang naik-turun ini bisa jadi masalah jika tidak segera diatasi dengan baik.
Untuk meningkatkan produktivitas agar tetap bisa bekerja dengan optimal, ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan. Yuk, cari tahu selengkapnya!
Pilih Waktu Kerja yang Lebih Fleksibel
Pilih Jam Kerja dengan Baik/ Foto: pexels.com/Moose Photos
Salah satu kelebihan dari WFH adalah jam kerjanya cenderung lebih fleksibel dibanding kerja di kantor. Maka dari itu, kita lebih memiliki kebebasan untuk mengatur waktu kerja itu, Beauties.
Pertimbangkan untuk mengubah jadwal kerja dari pagi ke malam, untuk memberikan suasana kerja yang berbeda. Pasalnya, perasaan bosan cenderung lebih mudah muncul jika kita sering mengerjakan pekerjaan yang monoton.
Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuat jeda yang cukup panjang untuk menenangkan pikiran sejenak.
Pertimbangkan untuk Mengubah Suasana Ruang Kerja secara Berkala
Ilustrasi Ruang Kerja di Rumah/ Foto: pexels.com/Huseyn Kamaladdin
Biasanya, orang-orang yang bekerja dari rumah akan memiliki ruang kerja sendiri. Nah, ruang kerja ini bisa kamu ubah tata letaknya secara berkala. Dengan begitu, kamu tidak akan bosan meski setiap hari harus bekerja di ruangan tersebut.
Lalu, bagaimana jika ruangannya terlalu sempit dan sulit untuk melakukan tips ini? Maka, kamu bisa mengubahnya dengan berpindah tempat ke ruang tamu atau ruangan lainnya untuk menciptakan suasana kerja yang baru.
Satu hal yang penting adalah pilih ruangan yang dapat membuatmu fokus dalam mengerjakan pekerjaanmu.
Jadwalkan Istirahat dengan Kegiatan yang Menyenangkan
Lakukan Hobi di Sela-Sela Kerja/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
Saat sudah memasuki dunia kerja, bukan berarti kamu harus meninggalkan hobimu, Beauties. Justru, dengan memiliki hobi seperti ini kamu bisa membuat suasana hati selalu terjaga dan meningkatkan produktivitas.
Untuk menghilangkan rasa bosan yang sering muncul selama bekerja dari rumah, rencanakan istirahat sejenak untuk melakukan hal yang kamu suka. Meskipun jangka waktunya singkat, tapi kegiatan seperti ini dapat mengembalikan semangat dalam dirimu.
Kegiatan ini bisa berupa menonton drama Korea, yoga singkat, ataupun mengobrol dengan teman lewat telepon.
Self-Reward
Menghadiahi Diri Sendiri/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
Memberi hadiah kepada diri sendiri setelah menyelesaikan pekerjaan adalah cara efektif untuk menjaga motivasi saat bekerja dari rumah. Self-reward tidak harus besar, cukup dengan menikmati secangkir kopi favoritmu juga sudah bisa dikatakan sebagai hadiah yang berharga.
Kebiasaan ini mampu membantu menciptakan hubungan yang lebih positif dengan pekerjaan dan mendorong kita untuk lebih menghargai setiap pencapaian. Jadi, jangan pernah ragu untuk memberikan hadiah sekecil apa pun itu kepada diri sendiri.
---
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beauties? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!