STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Ngeri-Ngeri Sedap, Disebut Salah Satu Film Terbaik Tahun Ini, lho!

Tyas Arini | Beautynesia
Minggu, 12 Jun 2022 07:00 WIB
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Ngeri-Ngeri Sedap, Disebut Salah Satu Film Terbaik Tahun Ini, lho!

Pada tanggal 2 Juni 2022 lalu, film Ngeri-Ngeri Sedap resmi dirilis di bioskop. Film bertemakan drama dan komedi ini digarap oleh Bene Dion Rajagukguk. Sejak hari pertama perilisannya, film ini menuai banyak ulasan positif dan disebut sebagai salah satu film terbaik Indonesia yang rilis di tahun 2022 lho, Beauties!

Masih fresh tayang di bioskop, ini 5 alasan kenapa kamu harus menonton film Ngeri-Ngeri Sedap!

1. Masalah Keluarga yang Relatable

Pak Domu dan Mak Domu
Pak Domu dan Mak Domu / foto: youtube.com

Film Ngeri-Ngeri Sedap memulai kisahnya dengan Pak Domu dan Mak Domu yang tinggal bersama anak kedua mereka, Sarma, di sebuah desa di Toba. Pak Domu dan Mak Domu gelisah karena ketiga anaknya: Domu, Gabe dan Sahat, sudah lama tak pulang ke kampung halaman. Oleh sebab itu, Pak Domu dan Mak Domu menyusun rencana agar ketiga anaknya bisa pulang, yakni dengan pura-pura berantem dan Mak Domu minta cerai. 

Masalah yang diangkat di film Ngeri-Ngeri Sedap ini sebenarnya sederhana, yaitu kerinduan orang tua kepada anaknya, namun dibuat dengan kompleks. Keengganan ketiga anaknya untuk pulang kampung dikarenakan hubungan yang tak harmonis dengan Pak Domu. Selain itu, Pak Domu juga tidak setuju dengan semua pilihan jalan hidup yang diambil oleh ketiga anak laki-lakinya. 

Problema-problema yang diceritakan di film Ngeri-Ngeri Sedap, bisa dirasakan oleh banyak orang. Mungkin Beauties juga mengalami masalah-masalah keluarga yang ada di film tersebut, atau merasa sangat diwakilkan oleh keempat kondisi anak Pak Domu dan Mak Domu. Masalah keluarga yang sangat dekat atau relatable dengan kondisi Beauties menjadi alasan pertama untuk menonton film Ngeri-Ngeri Sedap. 

2. Mengangkat Adat dan Budaya Batak  

Budaya Batak
Budaya Batak / foto: youtube.com

Indonesia memiliki banyak sekali adat, salah satunya adalah adat Batak. Film Ngeri-Ngeri Sedap mengangkat adat Batak yang sangat kental. Selain berlatarkan keluarga Batak, film ini juga menampilkan budaya Batak yang sangat kaya.

Salah satu budaya Batak yang ditampilkan adalah upacara sulang-sulang pahoppu, yaitu pengukuhan upacara adat pernikahan pada etnik Batak Toba. Pengukuhan ini memiliki arti melunasi semua utang adat. Upacara adat ini dilakukan oleh oppung (kakek atau nenek) beserta anak dan cucu-cucunya. 

Budaya Batak juga ditampilkan melalui bahasa Batak, rumah adat, musik dan nyanyian Batak, tarian tor-tor, ulos, dan tentunya kuliner khas Batak, seperti Mie Sop dan Mie Gomak. Yang membuat film ini semakin layak ditonton adalah detail-detail kecil seperti interior rumah, pakaian hingga kebiasaan-kebiasaan warga yang menggambarkan kehidupan khas orang Batak. 

3. Keindahan Danau Toba 

Pemandangan Danau Toba
Pemandangan Danau Toba / foto: youtube.com

Di film Ngeri-Ngeri Sedap, Beauties bisa melihat keindahan Danau Toba yang mengundang decak kagum. Ditambah lagi adanya adegan piknik di sekitar Danau Toba, membuat penonton semakin ingin menikmati pemandangan dan angin sepoi-sepoi di Danau Toba. Tidak hanya itu, sepanjang film ini Beauties akan dimanjakan dengan pemandangan desa di sekitar Danau Toba.

4. Akting Pemain yang Ciamik 

Sahat, Gabe, Sarma dan Domu
Sahat, Gabe, Sarma dan Domu / foto: youtube.com

Bene Dion sebagai sutradara dan penulis film ini mengumumkan pemeran utamanya pada akhir tahun 2021. Pemain film yang terlibat adalah pemain film yang bersuku Batak, seperti Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, dan Gita Bhebhita Butar-butar. Selain itu, ditambah dengan pemeran asal Sumatra Utara, yaitu Lolox dan Jegel. 

Arswendy Beningswara Nasution dan Tika Panggabean berperan sebagai Pak Domu dan Mak Domu, sedangkan Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox dan Jegel berperan sebagai Domu, Sarma, Gabe dan Sahat, keempat anak Pak Domu dan Mak Domu. 

Pemeran anak Pak Domu dan Mak Domu, mungkin tidak terdengar asing. Keempat pemeran tersebut berasal dari Stand Up Comedy, atau pelawak tunggal. Namun, di film ini, mereka tidak menyuguhkan akting komika seperti film-film sebelumnya. Justru di film Ngeri-Ngeri Sedap, mereka menunjukkan kualitas akting yang mumpuni. 

Ekspresi yang ditampilkan, gerak tubuh dan intonasi bicara disampaikan dengan tepat. Penonton pun dibawa hanyut dengan emosi yang diluapkan pemainnya. Tak lupa juga tertawa dengan tingkah laku pemeran-pemeran utama film ini. 

5. Bikin Tertawa Sekaligus Menangis 

Bikin Tertawa dan Menangis
Bikin Tertawa dan Menangis / foto: youtube.com

Jika keempat alasan di atas belum bisa membuat Beauties menonton film ini, maka Beauties harus mencermati alasan kelima. Film Ngeri-Ngeri Sedap disebut sebagai film drama komedi dan hal tersebut benar adanya. 

Adegan-adegan Pak Domu dan Mak Domu yang pura-pura berantem akan mengundang tawa yang meriah dari penonton. Begitu juga celetukan dan tingkah laku orang-orang Batak yang digambarkan di film ini akan mengocok perut penonton.

Tapi ternyata tawa tersebut tidak akan bertahan sampai di akhir film. Sebab menuju puncak konflik, penonton bisa dibuat menangis habis-habisan terutama pada adegan yang dibawakan oleh Sarma, anak kedua Pak Domu dan Mak Domu. Tidak hanya itu, di akhir film, penonton akan dibuat menangis haru oleh Pak Domu. 

Film Ngeri-Ngeri Sedap tampaknya wajib ditonton oleh Beauties yang berasal dari Batak. Hal ini dikarenakan masalah dan kebiasaan orang Batak berusaha dibawakan dengan rapi di film ini.

Namun, tentunya tidak harus juga jadi orang Batak dulu untuk mengerti film ini, karena orang-orang awam pun dirasa akan relatable dengan masalah keluarga yang diangkat di film ini. 

Sudah tertarik menonton film Ngeri-Ngeri Sedap belum, Beauties? Yuk, dukung film Indonesia dengan menontonnya di bioskop!

------------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE