sign up SIGN UP

5 Buku Self Improvement yang Bagus buat Kesehatan Mental

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Selasa, 31 Aug 2021 09:00 WIB
5 Buku Self Improvement yang Bagus buat Kesehatan Mental
caption

Buku motivasi atau self improvement bisa menjadi bahan bacaan yang bernilai positif untuk kesehatan jiwa. Ya, tidak semua hal dalam hidup bisa dijalani dengan mulus. Ada kalanya muncul perasaan hopeless atau bahkan lelah atas segala yang sudah dikerjakan.

Dikutip dari Very Well Mind, salah satu trik yang bisa dicoba untuk membangkitkan motivasi adalah membaca buku motivasi. Terapis dan pekerja sosial klinis berlisensi Aisha R. Shabazz mengungkapkan bahwa buku motivasi bisa menjadi awal bagi seseorang yang membutuhkan inspirasi untuk maju.

Kuncinya adalah menemukan buku yang tepat. Para ahli telah menyarankan beberapa buku motivasi terbaik untuk kesehatan mental. Apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Atomic Habits - James Clear

Buku motivasi atomic habits james clear/ Foto: Shopee.co.id
Buku motivasi atomic habits james clear/ Foto: Shopee.co.id

Buku ini ditulis oleh salah satu pakar terkemuka dunia yang isinya berkenaan dengan pembentukan kebiasaan. Buku ini menyaring penelitian terbaru mengenai psikologi dan sains di balik pembentukan kebiasaan yang sehat dan berkelanjutan.

Penulis juga memberikan saran yang dapat ditindaklanjuti guna membuat perubahan kecil dalam hidup sehingga lebih mudah untuk dapat mencapai tujuannya. Buku ini memberikan pesan bahwa: mulailah segala sesuatunya dengan perubahan kecil yang dapat dikelola, untuk membangun perubahan yang lebih besar.

2. The 7 Habits of Highly Effective People - Stephen R. Covey

Buku motivasi the 7 habits of highly effective people stephen r. covey/ Foto: Tokopedia.com
Buku motivasi the 7 habits of highly effective people stephen r. covey/ Foto: Tokopedia.com

Selanjutnya ada karya dari Stephen R. Covey yang berjudul 'The 7 Habits of Highly Effective People'. Meskipun buku ini ditulis lebih dari 30 tahun yang lalu, buku ini tetap mampu bertahan dari waktu ke waktu dan dikenal sebagai buku klasik di bidang swadaya.

Buku ini ditulis untuk menginspirasi sekaligus memotivasi dan menggunakan contoh serta anekdot dunia nyata guna menyaring 7 tips dasar yang dapat digunakan dalam hidup supaya mencapai kesuksesan.

3. The Power of Habit -Charles Duhigg

Buku motivasi the power of habit charles duhigg/ Foto: Amazon.com
Buku motivasi the power of habit charles duhigg/ Foto: Amazon.com

Bagi kamu yang merasa sulit untuk mengubah kebiasaan lama dengan kebiasaan baru yang dinilai lebih baik, maka buku ini recommended untuk dibaca. Buku ini menguraikan penelitian ilmiah terbaru tentang bagaimana kebiasaan itu bekerja dan apa yang bisa dilakukan untuk mengubahnya. Dengan begitu, pembaca akan terbantu untuk menciptakan rutinitas baru yang lebih baik dari sebelumnya.

4. You Are a Badass - Jen Sincero

Buku motivasi you are a badass jen sincero/ Foto: Tokopedia.com
Buku motivasi you are a badass jen sincero/ Foto: Tokopedia.com

Buku motivasi ini mengajarkan untuk tidak membiarkan rasa takut menguasai diri. Buku ini mudah dibaca dan menjadi pengingat bagi siapa saja yang membacanya supaya bisa menunjukkan lebih banyak cinta dan perhatian pada diri sendiri.

Menurut buku ini, hal itu penting karena bisa membentuk motivasi untuk mengejar tujuan dalam hidup. Buku ini juga berisikan latihan akhir bab yang menarik dan memotivasi pembaca supaya mengingat kembali waktu demi waktu yang telah dilalui.

5. Own Your Anxiety - Julian Brass

Buku motivasi own your anxiety julian brass/ Foto: Amazon.com
Buku motivasi own your anxiety julian brass/ Foto: Amazon.com

Buku ini begitu menarik karena penulis menggunakan pengalaman pribadi dan penelitian medisnya, untuk memberi pembaca solusi yang membantu mengatasi kecemasan.

Uniknya buku ini, mengemas sedemikian rupa bagaimana pembaca bisa memanfaatkan kecemasan dan menggunakannya untuk memotivasi diri mereka sendiri supaya menjalani kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

Salah seorang ahli yaitu terapis pernikahan dan keluarga berlisensi Katie Ziskind, termasuk salah satu yang merekomendasikan untuk membaca buku motivasi ketika mengalami kecemasan karena dapat membantu mempelajari bagaimana keluar dari situasi kecemasan itu sendiri.

Menurutnya membaca buku tentang seseorang yang sedang melalui sesuatu yang sangat menantang dapat menawarkan bantuan dan inspirasi bahkan membuat pembaca merasa lebih bersyukur atas hal-hal baik dalam hidup.


Our Sister Site

mommyasia.id