sign up SIGN UP

5 Cara Agar Keuangan Tetap Sehat Pasca Lebaran, Yuk Atur Lagi Pengeluaranmu, Beauties!

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Jumat, 06 May 2022 16:00 WIB
5 Cara Agar Keuangan Tetap Sehat Pasca Lebaran, Yuk Atur Lagi Pengeluaranmu, Beauties!
caption

Merayakan Hari Raya Idulfitri atau Lebaran setelah satu bulan menjalani puasa adalah hari yang sangat dinantikan. Di hari Lebaran, biasanya identik dengan membeli baju baru hingga berkumpul bersama teman dan kerabat, di mana membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mempersiapkannya. 

Oleh karena itu, perencanaan pengeluaran dana saat Lebaran juga harus dipertimbangkan, Beauties. Jangan sampai ketika Lebaran usai, keuanganmu malah berantakan. Untuk itu, yuk rencanakan secara tepat agar keuangan tetap sehat pasca Lebaran dengan kiat berikut ini!

Tinjau Kembali Keuangan

cara alokasi THRIlustrasi mengatur keuangan/Foto: Pexels.com/ Polina T

Banyak orang tidak menganggarkan keuangan karena mereka tidak ingin melalui proses yang cukup rumit untuk membuat daftar pengeluaran, menjumlahkan angka, dan memastikan semuanya sesuai. Padahal membuat anggaran sangat membantu, lho.

Kemudian, setelah anggaran direncanakan, maka saatnya menggunakan anggaran dengan baik. Sering-seringlah untuk lakukan pengecekan agar membantu memandu keputusan pengeluaranmu. Lalu, perbarui saat kamu membayar tagihan dan pembelanjaan lainnya.

Bijak Menggunakan Uang yang Tersisa

Tips Keuangan Tetap Sehat Pasca Lebaran 2022
Bijak Kelola Uang/Foto: pexels.com/Sam Lion

Bagian penting dari membuat sebuah anggaran adalah pendapatan bersih atau jumlah uang yang tersisa setelah kamu mengurangi pengeluaran dari pendapatan selama sebulan. Jika kamu masih memiliki sisa uang, kamu dapat menggunakannya untuk bersenang-senang dan hiburan, tetapi hanya sampai jumlah tertentu. 

Ingat, kamu tidak bisa boros menggunakan uang ini, terutama jika tidak banyak dan harus bertahan hidup sebulan penuh setelah lebaran. Jadi, sebelum kamu melakukan pembelian besar, pastikan itu tidak akan mengganggu hal lain yang telah direncanakan.

Atur Pengeluaran

Tips Keuangan Tetap Sehat Pasca Lebaran 2022
Mengatur Pengeluaran/Foto: pexels.com/Anna Shvets

Jangan sampai pembelian dengan nominal kecil namun dengan jumlah banyak, tidak kamu sadari dan malah menghabiskan anggaranmu secara berlebihan. Mulailah melacak pengeluaran untuk menemukan tempat atau pos di mana kamu mungkin secara tidak sadar mengeluarkan uang terlalu banyak. 

Simpan struk belanja dan tulis pembelian dalam jurnal pengeluaran dan kategorikan sehingga kamu dapat mengidentifikasi area di mana kamu kesulitan mengatur pengeluaran.

Beli yang Dibutuhkan, Bukan yang Diinginkan

Tips Keuangan Tetap Sehat Pasca Lebaran 2022
Beli untuk Kebutuhan/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Memang, kebutuhan Lebaran sangatlah banyak, namun bukan berarti kamu jadi membeli semuanya tanpa mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan. Agar semakin hemat, kamu juga bisa melakukan perbandingan harga saat berbelanja.

Kamu bisa memanfaatkan belanja dengan melakukan perbandingan harga untuk mendapatkan harga terbaik dari produk dan layanan yang kamu butuhkan. Bukan hanya diskon, kamu juga bisa memanfaatkan kupon dan alternatif lainnya.

Jangan Lupa Menabung

Tips Keuangan Tetap Sehat Pasca Lebaran 2022
Menabung/Foto: pexels.com/Maitree Rimthong

Berkontribusilah pada tabungan secara teratur dengan cara menyetorkan uang ke rekening tabungan setiap bulan sehingga dapat membantumu membangun kebiasaan keuangan yang sehat. 

Pada awalnya, mungkin kamu belum terbiasa merencanakan keuangan untuk jangka selanjutnya dan menunda pembelian sampai kamu mampu membelinya. Semakin kamu menjadikan kebiasaan ini menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari, semakin mudah mengelola uang maka semakin baik keuanganmu nantinya.

Sebab tanpa pengelolaan uang yang benar, bisa menyebabkan pengeluaran yang berlebihan. Pengelolaan uang dapat membantumu menangani pemasukan dan pengeluaran dengan lebih baik.

Kamu juga bisa melakukan pengelolaan uang dengan mengevaluasi secara teratur, bukan hanya saat Lebaran, tetapi juga seterusnya, ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id