
5 Cara Bangun Tim yang Solid dan Efisien, Pemimpin Hebat Wajib Tahu!

Semua pekerjaan membutuhkan interaksi. Hubungan yang baik dengan orang lain akan membuat dirimu merasa lebih bahagia dan produktif.
Selain itu, hubungan kerja yang positif memiliki berbagai manfaat seperti meningkatkan kerja sama tim yang efektif. Hal ini juga akan mendorong dirimu untuk lebih berhasil sebagai seorang pemimpin.
Yuk, simak sederet cara membangun tim yang solid dan efisien berikut ini, Beauties!
1. Terbuka dan Jujur
![]() Perempuan. Foto: Pexels.com/Michael Burrows |
Hubungan yang baik bergantung pada komunikasi yang baik. Entah secara langsung atau melalui telepon dan email. Bersikap terbuka, jujur, dan profesional membantu membangun kepercayaan dan hubungan baik.
Mendengarkan sama pentingnya dengan berbicara. Mendengarkan secara aktif merupakan keterampilan yang penting untuk dikembangkan dan membantu membangun kepercayaan. Fokus pada perkataan rekan kerja dan luangkan waktu untuk mempertimbangkan sebelum merespons.
2. Kembangkan Keterampilan Orang Lain
![]() Perempuan. Foto: Pexels.com/Olia Danilevich |
Hal ini akan meningkatkan kemampuan kamu untuk berhubungan dengan orang lain. Misalnya, cara kamu menghadapi konflik dan memahami kekuatan dan kelemahan diri sendiri.
Selain itu, mengembangkan keterampilan rekan kerja akan membantu kamu membangun hubungan yang sukses. Kamu juga bisa melatih kecerdasan emosional yang memengaruhi diri sendiri dan orang-orang di sekitarmu.
5 Cara Bangun Tim yang Solid dan Efisien, Pemimpin Hebat Wajib Tahu!
3. Hormati dan Hargai
![]() Perempuan. Foto: Pexels.com/Tima Miroshnichenko |
Menghargai orang lain merupakan dasar hubungan yang kuat. Luangkan waktu untuk semua orang di sekitarmu. Jangan hanya berfokus untuk mengesankan atasan!
Jika kamu berkomitmen pada sesuatu, pastikan kamu menyelesaikan tugas tersebut hingga tuntas. Selalu berusaha untuk memenuhi deadline dan menepati janji atau permintaan. Intinya, perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.
4. Terima dan Beri Dukungan
![]() Perempuan. Foto: Pexels.com/Amina Filkins |
Menawarkan waktu, pengalaman, dan bantuan bisa membantu membangun hubungan yang positif. Jadi kamu perlu proaktif dalam membantu orang lain.
Selain menawarkan bantuan, jangan takut untuk meminta bantuan atau saran dari orang lain. Umumnya, orang akan merasa senang saat dimintai bantuan. Kamu bisa memanfaatkan keterampilan dan pengetahuan yang mereka miliki.
5. Bersikap Positif
![]() Perempuan. Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio |
Kamu mungkin sesekali merasa tergoda untuk ikut bergosip di kantor. Namun sebaiknya kamu tidak ambil bagian dalam hal ini.
Pertahankan sikap profesional dan atasi setiap masalah dengan cara yang positif. Pikirkan semua hal positif yang bisa kamu bawa ke tempat kerja, berpendapat dalam rapat, dan berikan dukungan kepada rekan kerja.
Nah, itulah beberapa cara membangun tim yang solid dan efisien. Yuk, mulai terapkan di tempat kerja, Beauties!
---
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Pilihan Redaksi |