5 Cara Efektif Mengatasi Burnout di Jam Kerja, Salah Satunya 'Curhat' ke Atasan!

Tyas Arini | Beautynesia
Rabu, 21 Jun 2023 06:45 WIB
5 Cara Efektif Mengatasi Burnout di Jam Kerja, Salah Satunya 'Curhat' ke Atasan!
Ini cara efektif mengatasi burnout di jam kerja/Foto: Pexels.com/Kampus Production

Kondisi burnout adalah kelelahan mental dan fisik yang bisa terjadi di lingkungan kerja. Umumnya gejalanya dari insomnia, emosi berlebihan, kehilangan nafsu makan, hingga depresi. Burnout bisa menyerang siapa saja dan kapan saja, termasuk saat jam kerja.

Merasa burnout di jam kerja memang tidak mengenakkan, namun ada cara mengatasinya. Simak 5 caranya berikut ini ya, Beauties!

1. Ketahuilah Kondisimu

Ilustrasi burnout
Ilustrasi burnout / Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Forbes menyebutkan bahwa untuk mengatasi burnout, Beauties harus mengakui bahwa sedang mengalami burnout atau kelelahan. Kondisi ini biasanya ditandai dengan energi yang seolah-olah habis dan tak sanggup melakukan pekerjaan apapun, bahkan yang ringan sekalipun. 

Selain itu pastikan sebelumnya Beauties sudah memenuhi kebutuhan gizi dan tidak sedang mengalami PMS. Jangan sampai salah mengetahui kondisi burnout dengan kelelahan biasa. 

2. Curhat kepada Atasan 

Ilustrasi curhat kepada atasan
Ilustrasi curhat kepada atasan / Foto: Pexels.com/Christina Morillo

Curhat kepada atasan bisa menjadi solusi untuk kondisi burnout Beauties. Tidak ada salahnya untuk memberitahukan kondisi Beauties terhadap atasan. Dengan begitu, atasan bisa mengetahui dan bisa memberikan solusi yang terbaik. 

Solusi yang diberikan oleh atasan bisa Beauties pertimbangkan kembali. Begitu pula jika Beauties ingin meminta bantuan, seperti beberapa pekerjaan dikurangi ataupun menambah personil untuk membantu tugas Beauties. 

Tips Selanjutnya, Sosialisasi dan Analisis!

Ini cara efektif mengatasi burnout di jam kerja/Foto: Pexels.com/fauxels

3. Bersosialisasi dengan Rekan Kerja 

Daripada hanya sekadar scrolling social media, ada baiknya Beauties bisa bersosialisasi dengan rekan kerja. Indeed menyarankan bahwa cara ini untuk mengurangi perasaan kelelahan di tempat kerja. 

Hindari membicarakan pekerjaan, carilah topik yang menyenangkan untuk dibahas, seperti rekomendasi kuliner yang enak, film yang bagus, olahraga yang seru, dan lainnya. Fokuslah pada obrolan dengan rekan kerja dan hindari pemikiran yang berlebihan. 

4. Beristirahat dan Cari Udara Segar 

Ilustrasi cari udara segar
Ilustrasi cari udara segar / Foto: Pexels.com/Mike Jones

Salah satu penyebab burnout di kantor adalah tidak menggunakan waktu istirahat dengan semestinya. Sering terjadi, pekerja justru menggunakan waktu istirahat untuk menyelesaikan pekerjaan. 

Gunakanlah waktu istirahat dengan baik. Jangan lupakan makan siang yang bergizi dan hidrasi tubuh dengan air putih yang cukup. Jika kondisi kantor terasa 'sumpek' pergilah keluar sejenak untuk mencari udara segar. 

5. Analisis Ulang Pekerjaan

Ilustrasi analisis ulang pekerjaan
Ilustrasi analisis ulang pekerjaan / Foto: Pexels.com/Lina Kivaka

Penting juga untuk menganalisis ulang pekerjaan guna mengatasi burnout. Terkadang ketika pikiran sudah penuh, pekerjaan terlihat sangat banyak dan harus diselesaikan saat itu juga. 

Beauties bisa menganalisis ulang pekerjaan, memprioritaskan pekerjaan mana yang perlu diselesaikan lebih dahulu, dan pekerjaan mana yang sekiranya butuh bantuan. Dengan begini, beban pekerjaan Beauties bisa berkurang. 

Semoga kelima cara di atas dapat membantu Beauties untuk mengatasi burnout, ya! Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika sudah kewalahan, ya!

______

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation! Caranya DAFTAR DI SINI! 

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE