sign up SIGN UP

5 Destinasi Wisata Alam Unik di Indonesia, Ada Kawah Api Biru hingga Pantai Air Panas!

Ghena Oktafira | Beautynesia
Jumat, 10 Dec 2021 19:00 WIB
5 Destinasi Wisata Alam Unik di Indonesia, Ada Kawah Api Biru hingga Pantai Air Panas!
caption
Jakarta -

Traveling memang selalu menjadi pilihan tepat jika berniat melepaskan penat. Beruntungnya, nggak perlu jauh-jauh, di Indonesia sendiri ada banyak sekali destinasi wisata alam unik yang benar-benar indah dan menakjubkan!

Kalau kamu termasuk si pecinta wisata unik, yuk langsung saja cek nama-nama tempatnya berikut ini!

Blue Flames Kawah Ijen

5 Destinasi wisata unik di Indonesia
Blue Flames Ijen/Foto: Instagram.com/yukbanyuwangi

Di dunia ini hanya terdapat dua keajaiban alam berupa kawah api biru atau blue flames, salah satunya di Gunung Ijen, Jawa Timur. Warna biru pada apinya disebabkan karena adanya reaksi antara gas bumi dan oksigen pada suhu yang tinggi di area kawah.

Apabila ingin menyaksikan fenomena alam yang unik ini, maka kamu harus mendaki Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 2.443 meter di atas permukaan laut. Biasanya, warna api akan sangat menyala pada rentang pukul 01.00 hingga 05.00 dini hari. Jangan lupa untuk datang di musim kemarau sekitar bulan Juli hingga September untuk menemukan pemandangan yang luar biasa ya, Beauties!

Danau Napabale

5 Destinasi wisata unik di Indonesia
Danau Napabale/Foto: Instagram.com/danaunapabale

Berenang dalam sejuknya air danau terlihat sangat menggoda ya, Beauties? Airnya yang tawar selalu berhasil membuat kita merasa fresh kembali. Tetapi pernahkah kamu berpikir tentang keberadaan sebuah danau yang airnya asin?

Eits, jangan salah, ternyata wisata danau air asin beneran ada, lho! Danau yang bernama Napabale ini terletak di Desa Lohia, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara. Penyebab utama mengapa airnya asin ialah karena danau ini tersambung langsung dengan perairan Selat Buton melalui terowongan alami yang berupa karang.

Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin rehat sejenak dari kejenuhan beraktivitas. Pemandangannya yang masih alami dengan tumbuhan, karang serta air yang jernih akan menjadi obat mujarab untukmu yang dilanda rasa penat.

Gua Sugi Patani

5 Destinasi wisata unik di Indonesia
Situs Purbakala Sugi Patani/Foto: Instagram.com/maitewuna

Kamu penyuka wisata sejarah? Jangan sampai melewatkan gua bersejarah satu ini ya! Masih terdapat di desa yang sama dengan Danau Napabale, Gua Sugi Patani dideklarasikan menjadi situs purbakala tertua di dunia yang sudah ada sejak zaman Mesolitikum atau lebih dari 9.000-9.500 tahun Sebelum Masehi (SM).

Gua ini terletak di Kawasan Karts Liangkabori. Menariknya, di gua ini terpampang nyata lukisan berwujud manusia sedang memegang layangan yang diduga terbuat dari daun Kolope. Adanya penemuan ini otomatis menggeser posisi China sebagai negara penemu layang-layang pertama di dunia.

Apakah kamu tertarik mengunjunginya, Beauties?

Pantai Temboko Lehi

5 Destinasi wisata unik di Indonesia
Pantai Temboko Lehi/Foto: indonesia.go.id

Wisata unik lainnya yaitu Pantai Temboko Lehi atau lebih dikenal sebagai Pantai Lehi. Secara visual memang pantai ini terlihat serupa dengan pantai lainnya yang berair biru jernih, namun pikiranmu itu akan terpatahkan begitu mendatanginya secara langsung.

Pasalnya, pantai yang berlokasi di Kecamatan Siau Barat, Kepulauan Siau, Sulawesi Utara ini memiliki air yang panas akibat letaknya yang tepat berada di kaki Gunung Api Karangetang. Saking panasnya, wisatawan yang datang pun disarankan untuk nggak langsung bermain-main dengan air pantainya karena dikhawatirkan dapat membakar kulit.

Eits, tetapi tenang dulu, Beauties, karena berkunjung ke pantai ini tetap aman kok! Apabila kamu ingin berendam dan menikmati air hangat, maka bisa memanfaatkan kolam kecil di dekat pantai yang sudah disediakan karena suhu airnya sudah lebih rendah dan pastinya aman.

Taman Nasional Pulau Komodo

5 Destinasi wisata unik di Indonesia
Selebgram Nanda Arsyinta dan suami di Pulau Komodo/Foto: Instagram.com/indonesiajuaratrip

Dari namanya saja pasti kamu sudah tahu keunikan yang akan ditemui jika berwisata ke taman nasional ini, bukan? Terdiri dari tiga pulau yaitu Pulau Rinca, Pulau Komodo dan Pulau Padar, di pulau-pulau ini hiduplah kadal terbesar di dunia berukuran 2-3 meter yang dinamakan Komodo.

Wisata hewan endemik yang kian langka ini hanya satu-satunya di dunia, sehingga harus banget kamu kunjungi! Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika berencana menghabiskan liburan di Taman Nasional Pulau Komodo:

  • Harus menggunakan sepatu karena di ketiga pulau ini terdapat 12 spesies ular beracun.
  • Melapor pada petugas jika sedang haid karena Komodo termasuk hewan karnivora yang memiliki indra penciuman tajam sehingga akan berpotensi menjadi agresif jika mencium bau darah.
  • Jangan memberi makan Komodo karena dikhawatirkan ia dapat bergerak cepat dan mengagetkan pengunjung.
  • Jangan merokok, karakteristik vegetasi yang terdapat di Pulau Rinca, Komodo dan Padar merupakan padang sabana. Di musim kemarau suhu di daerah ini cenderung kering dan cukup panas sehingga sangat rentan terjadinya kebakaran.

Itulah beberapa daftar destinasi wisata yang unik dari Indonesia, kalau kamu berencana pergi kemana dulu, nih, Beauties?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id