sign up SIGN UP

5 Fakta Perjalanan Karier Yuna Zarai, Adik Ipar Ashraf Sinclair yang Mendunia

Esra Dopita | Kamis, 12 Mar 2020 12:15 WIB
5 Fakta Perjalanan Karier Yuna Zarai, Adik Ipar Ashraf Sinclair yang Mendunia
caption
Meski di Indonesia namanya belum begitu dikenal, Yuna Zarai, adik ipar Ashraf Sinclair, merupakan salah satu penyanyi Negeri Jiran yang berhasil mengepakkan sayap ke dunia internasional.

Almarhum Ashraf Sinclair memiliki adik ipar bernama Yuna Zarai yang merupakan penyanyi asal Malaysia. Yuna menikah dengan adik Ashraf Sinclair, Adam Sinclair, pada 2018 di Pahang, Malaysia. Namun, tak banyak yang tahu bila adik ipar Bunga Citra Lestari (BCL) punya karier sebagai penyanyi dengan pemcapaian internasional. Nah, berikut ini fakta-fakta mengenai perjalanan karier Yuna Zarai dilansir dalam laman Insert Live.


Penyanyi Rock Indie Perempuan




Foto: https://www.instagram.com/yuna/

Yuna merupakan penyanyi papan atas Malaysia. Perempuan 33 tahun itu juga dikenal sebagai satu-satunya penyanyi rock indie perempuan yang mengenakan hijab. Meski di Indonesia namanya belum begitu dikenal, Yuna merupakan salah satu penyanyi Negeri Jiran yang berhasil mengepakkan sayap ke dunia internasional. Namanya di industri musik internasional sudah tak asing lagi. 


Terinspirasi Ariel Noah




Foto: https://www.instagram.com/yuna/

Yuna Zarai mengaku mendapat inspirasi bermusik dari Ariel Noah. Ketika itu, ia melihat Ariel yang masih menjadi vokalis band Peterpan menyanyikan lagu Kukatakan dengan Indah. Melalui lagu itu, Yuna mulai belajar bermain gitar.

Lagu itu menjadi lagu pertama yang dinyanyikan sambil bermain gitar. Dari situ, ia mulai tertarik meng-cover banyak lagu bersama band-nya setelah mengunggah cover lagu Peterpan itu ke laman My Space miliknya.


Menulis Lagu pada Usia 14 Tahun




Foto: https://www.instagram.com/yuna/

Setelah banyak meng-cover lagu-lagu milik penyanyi lain, Yuna mulai menulis lagu sendiri pada usia 14 tahun. Ia menulis lagu serta membuat musiknya dengan gitar kesayangannya. Hingga pada 2006, untuk pertama kalinya, Yuna tampil bernyanyi di salah satu sekolah hukum di Malaysia. Ia ditonton jutaan penonton yang hadir. 


Debut Internasional




Foto: https://www.instagram.com/yuna/

Pada 2008, Yuna memulai debut sebagai penyanyi di Malaysia. Ia berhasil meraih lima nominasi Anugerah Industri Muzik (setara Malaysia Grammy) serta mendapat empat trofi, termasuk pendatang baru terbaik dan lagu terbaik, untuk lagu Deeper Conversation pada album pertamanya bernama Yuna.

Pada 2011, label indie asal Amerika Serikat, Fader Label, tertarik akan musiknya yang memainkan indie pop. Label tersebut tak hanya mengontrak Yuna, tapi juga membawanya ke New York guna menyelesaikan album debut internasionalnya, DECORATE.


Kolaborasi dengan Musikus Dunia




Foto: https://www.instagram.com/yuna/

Setelah album internasional sukses, karier Yuna pun mendunia. Yuna kerap disandingkan dengan para penyanyi ternama dunia. Dalam albumnya yang berjudul Chapters pada 2016, perempuan yang identik dengan gaya hijab turban ini berkolaborasi dengan penyanyi R&B kenamaan dunia asal Amerika Serikat, Usher, menyanyikan lagu berjudul Crush.

Ia juga sempat berkolaborasi dengan Owl City untuk soundtrack lagu film animasi, The Croods. Dalam single Shine Your Way, Yuna berkolaborasi dengan Adam Young dengan musik electropop serta dengan rapper G-Eazy untuk single Blank Marquee


Foto: https://www.instagram.com/yuna/

Selain itu, Yuna juga pernah berduet dengan Epik High, rapper asal Korea Selatan dalam lagu No Different dan menggandeng Jay Park serta BTS untuk berkolaborasi dalam melebarkan sayap di Korea Selatan. 


(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id