sign up SIGN UP

5 Hal untuk Menambah Relasi Mahasiswa Baru

Cinta Ananda | Beautynesia
Minggu, 09 May 2021 07:30 WIB
5 Hal untuk Menambah Relasi Mahasiswa Baru
caption

Tidak sedikit yang bilang kuliah merupakan jenjang pendidikan yang lebih fleksibel dibandingkan dengan sekolah menengah atas. Mulai dari sistem belajarnya, hingga jurusannya yang bisa kamu sesuaikan dengan minat kamu.

Di sisi lain, kuliah juga bisa menjadi wadah untuk memperluas relasi. Hal ini juga bisa mempermudah kamu saat terjun di dunia kerja nanti. Tapi bagaimana ya caranya memperluas relasi di dunia kuliah bagi mahasiswa baru?

1. Ikut Organisasi

Ikut organisasi/source:freepik.com
Ikut organisasi/source:freepik.com

Organisasi akan memperluas relasi kamu, kamu akan bertemu banyak orang-orang baru. Baik orang yang sudah kamu kenal ataupun belum kenal. Dalam organisasi, kamu akan banyak mendapatkan pengalaman dari orang lain. Aktif dalam organisasi internal maupun eksternal kampus akan memperluas koneksi. 

2. Aktif Menjadi Pengurus UKM

Aktif di UKM/source:freepik.com
Aktif di UKM/source:freepik.com

Setiap kampus memiliki UKM nya masing-masing. Nah kamu bisa tuh aktif di kegiatan UKM atau menjadi pengurusnya. Kamu akan bertemu teman-teman lintas jurusan. Kamu bisa sesuaikan UKM nya dengan bidang yang kamu minati.

3. Volunteer Work

Volunteer work/source:freepik.com
Volunteer Work/source:freepik.com

Ikut kegiatan menjadi relawan juga bisa banget memperluas koneksi kamu. Kamu akan bekerja sama dengan orang-orang yang tidak kamu kenal. Menjadi bagian dari pekerja relawan akan menambah relasi dari berbagai kalangan, tidak hanya dari lingkungan mahasiswa saja. 

4. Magang

Magang/source:freepik.com
Magang/source:freepik.com

Ikut kegiatan magang bisa jadi hal yang menyenangkan walaupun melelahkan. Tidak hanya menambah relasi, kegiatan magang bisa mengasah soft skill dan hard skill kamu. Kamu juga akan belajar banyak hal dari magang. Mulai dari mengerti sebuah profesi dan job desc di kantor, melatih rasa percaya diri, mengasah cara berkomunikasi yang baik dan benar. 

5. Ikut Seminar

Ikut seminar/source:freepik.com
Ikut seminar/source:freepik.com

Kemudian yang terakhir, kamu bisa deh ikut seminar dengan topik ataupun bidang yang kamu minati. Cara ini tidak hanya memperluas relasi lho, kesertaan kamu dalam seminar bisa menambah wawasan dan pengetahuan. 

Terus gimana dong di era serba virtual gini? Tenang, kamu masih bisa ikutan seminar online atau webinar untuk menambah relasi. 

Nah itu dia kelima hal yang bisa kamu lakukan untuk memperluas koneksi kamu. Semangat mahasiswa!

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id