STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Liburan Bersama Sahabat

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Sabtu, 05 Nov 2022 14:30 WIB
5 Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Liburan Bersama Sahabat

Banyak orang beranggapan bahwa hubungan persahabatan belum afdal jika belum pergi berlibur bersama. Pergi berlibur bersama bisa menjadi kesempatan untuk saling melepas penat, stres dari segala rutinitas sehari-hari. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa mengenal karakter dan kebiasaan sahabatmu lebih dalam, lho, Beauties.

Bagi kamu yang sedang berencana untuk liburan bersama sahabat pertama kalinya, mungkin kamu akan sedikit bingung bagaimana cara merealisasikannya. Apalagi jika tujuan liburan tersebut berada di luar kota atau luar negeri. Sebelum melakukan liburan atau traveling bareng sahabat, tentu perlu sebuah perencanaan dan persiapan.

Lalu,  apa saja hal-hal yang perlu di persiapkan sebelum liburan bareng sahabat? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Tentukan Destinasi Liburan, Transportasi, dan Penginapan

Mentukan Destinasi Liburan
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Hal utama yang perlu dipersiapkan adalah menentukan destinasi yang dituju selama liburan, transportasi yang digunakan, dan penginapan selama berlibur. Melansir dari detikTravel, hal ini bertujuan untuk mengetahui keinginan tiap orang yang akan ikut dan mempertimbangkan hal yang ingin dicapai dari liburan tersebut.

Misalnya salah satu sahabat ada yang ingin liburan dalam negeri atau luar negeri, ada yang ingin menginap di hotel dan ada yang hostel. Pada kesempatan ini kamu juga dapat langsung menentukan tanggal berangkat dan pulang liburan agar rencana liburanmu tidak hanya jadi wacana belaka. Hal ini juga akan berkaitan dengan persiapan dana liburanmu, lho.

Tentukan Agenda Liburan

Meskipun hubungan mu dengan sahabat erat, tetap perlu menjaga privasiIlustrasi liburan bersama sahabat/Foto: Pexels.com

Hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan adalah agenda apa saja yang akan dilakukan selama liburan. Misalnya kamu membuat agenda wisata kuliner, wisata alam, atau shopping.

Melansir dari Forbes, hanya karena kamu ingin melakukan suatu hal, belum tentu yang lainnya menginginkan hal yang sama. Untuk menentukan agenda liburan, kamu bisa mendiskusikannya dengan cara menanyakan keinginan setiap orang yang ikut dalam rencana liburan tersebut. Kemudian pilih agenda atau kegiatan yang paling strategis dan cocok untuk dilakukan bersama-sama. Hal ini juga bisa membantu untuk meminimalisir konflik saat liburan.

Siapkan Dana Liburan

siapkan dana liburan
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/Wirestock

Setelah mengetahui destinasi yang dituju, transportasi, penginapan, dan agenda yang dilakukan selama liburan, hal penting dan membuat rencana liburanmu bersama sahabat terealisasi adalah mempersiapkan dana liburan. Dana liburan tersebut  tentunya akan dialokasikan untuk transportasi, penginapan, makan selama liburan, dan lainnya.

Selain mempersiapkan dana utama yang dibutuhkan sesuai dengan dua hal yang dipersiapkan di atas, kamu juga perlu mempersiapkan dana darurat. Ini berfungsi untuk menyelamatkanmu dari hal-hal di luar rencana saat berlibur.

Sesuaikan Outfit

Menyesuaikan outfit
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/our team

Hal yang tak kalah penting untuk dipersiapkan sebelum berangkat liburan adalah menyesuaikan outfit atau pakaian. Hal ini berkaitan dengan kondisi cuaca dan norma kesopanan atau aturan di daerah yang  dituju untuk berlibur. Sekalipun di dalam negeri, kamu juga perlu menyesuaikannya, lho.

Misalnya jika destinasi yang dituju adalah Aceh, kamu perlu menaati aturan berpakaian di daerah tersebut. Dilansir dari CNN Indonesia, Aceh merupakan daerah yang menerapkan syariat Islam. Sehingga kamu harus berpakaian yang sopan dan tertutup dan untuk perempuan sebaiknya juga menggunakan penutup kepala, seperti jilbab atau selendang.

Bagi Tanggung Jawab dan Tentukan Pemimpin Liburan

Bagi tanggung jawab
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/fxquadro

Meskipun liburanmu bersama sahabat bertujuan untuk bersenang-senang, tentu ada tanggung jawab yang perlu dilaksanakan. Misalnya menentukan siapa yang bertanggung jawab untuk dokumentasi, memesan transportasi dan penginapan, hingga siapa yang memahami peta. Meskipun tiap orang akan mendapat tanggung jawab, kamu juga perlu menentukan leader. Melansir dari The Washington Post, adanya seorang pemimpin dapat membantu dalam menyeimbangkan tiap keinginan grup saat liburan, mengambil keputusan, hingga menengahi jika terjadi konflik.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE