sign up SIGN UP

5 Hal yang Sebaiknya Kamu Pahami Sebelum Masuk Dunia Perkuliahan

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Jumat, 17 Dec 2021 14:30 WIB
5 Hal yang Sebaiknya Kamu Pahami Sebelum Masuk Dunia Perkuliahan
caption

Dunia perkuliahan memang lebih kompleks dibanding masa putih abu-abu. Kamu dituntut untuk lebih mandiri karena kamu yang menentukan sepak terjangmu di dunia perkuliahan. Jika kamu rajin, maka kamu bisa mendapatkan nilai yang bagus dan lulus tepat waktu. Namun jika kamu malas-malasan, maka kamu bisa terpuruk.

Sistem perkuliahan juga bisa sangat berbeda dengan sistem pembelajaran di bangku SMA. Untuk itu kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut agar kuliah berjalan lancar dan kamu tidak menyesal di kemudian hari

Manajemen Waktu

Manajemen waktu
Manajemen waktu/ Foto: freepik.com/freepik

Manajemen waktu yang baik sangat penting diterapkan ketika kamu sudah menjalani perkuliahan. Mengutip Develop Good Habits, alasan mengapa manajemen waktu sangat diperlukan antara lain, untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi, merasa lebih puas dengan kinerja sendiri, menghilangkan stres, meningkatkan disiplin diri, dan meningkatkan kemampuan untuk membuat keputusan.

Tanpa manajemen waktu yang baik, bisa dipastikan kamu akan kesulitan membagi waktu antara perkuliahan, mengerjakan tugas, dan waktu untuk diri sendiri. Pada akhirnya kamu akan merasa stres dan semuanya menjadi terbengkalai. Jadi, belajar kelola waktu dengan baik ya, Beauties.

Perluas Jaringan Pertemanan

Perluas jaringan pertemanan
Perluas jaringan pertemanan/ Foto: freepik.com/freepik

Memasuki dunia perkuliahan adalah waktu yang tepat untuk memperluas jaringan pertemanan. Di kampus, kamu bisa menemukan banyak teman dari berbagai fakultas dan jurusan serta berbagai organisasi yang bernaung di bawahnya. 

Umumnya mereka lebih open minded untuk berteman dengan siapa saja, sebab memperluas jaringan pertemanan memberikan banyak manfaat. Dikutip dari Forbes, memperluas jaringan pertemanan memberikan banyak manfaat, di antaranya memiliki banyak rekan untuk bertukar pikiran, meningkatkan kecerdasan, menumbuhkan rasa percaya diri, juga bisa membangun hubungan jangka panjang.

Kembangkan Skill dan Hobi

Melakoni hobi dan meningkatkan skill
Melakoni hobi dan meningkatkan skill/ Foto: freepik.com/master1305

Tidak hanya sibuk belajar, kamu juga perlu mengembangkan skill dan hobi ketika sudah berstatus sebagai mahasiswa. Kamu mungkin bisa menggunakan waktu di akhir pekan untuk mengikuti seminar yang banyak diselenggarakan oleh jurusan tertentu di kampusmu. 

Hobi yang biasa kamu lakoni juga perlu kamu lakukan. Melakoni hobi bisa membuatmu lebih rileks dan menghilangkan stres lho, Beauties. 

Jangan Memaksakan Diri

Jangan memaksakan diri
Jangan memaksakan diri/ Foto: freepik.com/diana.grytsku

Kuliah memang identik dengan tugas yang banyak jumlahnya. Terlebih dengan tambahan praktikum dan laporannya yang menyita waktu serta tenaga. Terkadang banyak pula mahasiswa yang kelelahan hingga berakhir sakit.

Terkadang beberapa mahasiswa juga masih memaksakan diri untuk mengikuti banyak organisasi padahal sudah kewalahan dengan perkuliahan dan tugas.

Selain memiliki manajemen waktu yang baik, kamu juga tidak boleh terlalu memaksakan diri ketika tubuh sudah tidak fit. Perlu kamu pahami Beauties, kuliah tidak hanya sekadar mengejar nilai tinggi atau memaksakan untuk aktif di banyak organisasi. Jika kamu terlalu ambisius tanpa memedulikan kondisi tubuh, bisa-bisa kamu terbaring sakit dan tugas tidak terselesaikan.

Hasilkan Uang

Menghasilkan uang
Menghasilkan uang/ Foto: freepik.com/tirachardz

Jika memungkinkan, kamu bisa menghasilkan uang untuk tambahan membayar biaya semesteran atau fotocopy. Selain mendaftar beasiswa, kamu juga bisa menghasilkan uang melalui skill yang kamu punya atau hal yang kamu minati. 

Namun pastikan pekerjaan yang kamu lakukan tidak mengesampingkan jadwal perkuliahan atau membuatmu abai terhadap tugas.

Bukankah menyenangkan jika kamu bisa kuliah dengan serius serta bisa mengembangkan skill dan hobi, sambil menghasilkan uang?

[Gambas:Youtube]

-------------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id