sign up SIGN UP

5 Ide Bisnis Tanpa Modal Ini Bisa Beromzet Jutaan, Cukup Dilakukan di Rumah Aja!

Cynthia Claudia | Jumat, 14 Jan 2022 08:00 WIB
5 Ide Bisnis Tanpa Modal Ini Bisa Beromzet Jutaan, Cukup Dilakukan di Rumah Aja!
5 Ide Bisnis Tanpa Modal Ini Bisa Beromzet Jutaan/Foto: Freepik.com/drobotdean

Memasuki awal tahun, mungkin kalian berpikir untuk menciptakan terobosan baru. Apakah terobosan baru tersebut salah satunya adalah memulai bisnis sendiri, Beauties? 

Memulai bisnis sendiri dianggap tidak mudah karena ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan, termasuk jumlah modal yang harus dikeluarkan.

Namun, ada ide bisnis yang bisa dijalankan tanpa harus terbebani oleh modal, lho! Bagaimana ya caranya? Berikut adalah 5 ide bisnis tanpa modal yang bisa beromzet jutaan, seperti yang dilansir dari Enterpreneur.com. Simak, yuk!

1. Penyedia Jasa 

ide bisnis
ide bisnis/ Foto: Pexels.com/ Thirdman

Penyedia jasa tidak membutuhkan modal, karena kamu tidak perlu menyediakan kantor fisik untuk mulai menawarkan jasanya. Kamu bisa mulai menawarkan jasa yang paling dibutuhkan orang lain.

Misalnya, kamu bisa menawarkan jasa sebagai babysitter paruh waktu, jasa membawa hewan peliharaan berjalan-jalan, penitipan hewan peliharaan, atau jasa gardening.

2. Layanan Perbaikan atau yang Berbasis Keterampilan 

ide bisnis
ide bisnis/ Foto: Pexels.com/ Sustorn Somtong

Jika Beauties memiliki keahlian khusus, maka kamu bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan. Misalnya, jika kamu ahli melakukan perbaikan alat-alat rumah tangga, maka kamu bisa menawarkan jasa perbaikan kepada orang-orang yang kurang memahami caranya. 

Sama seperti yang sebelumnya, penawaran jasa ini tidak memerlukan modal apapun untuk memulainya. Kamu juga tidak perlu menyiapkan sebuah 'kantor' untuk memulai bisnis tersebut. Kecuali jika kamu membutuhkan perlengkapan atau alat-alat perbaikan tertentu, maka kamu perlu mengeluarkan biaya untuk membelinya terlebih dahulu.

3. Menjadi Freelancer 

ide bisnis/ Foto: Pexels.com
ide bisnis/ Foto: Pexels.com

Menjadi seorang freelancer memberikan kesempatan untuk menghasilkan pendapatan dari rumah. Ada berbagai jenis pekerjaan freelance bagi kamu yang memiliki keterampilan tertentu: desainer, penulis, pengembang (developers), pemasar (marketers).

Kamu bisa menghasilkan pendapatan dari rumah dengan mengandalkan keterampilanmu, tanpa harus mengeluarkan modal. Namun, kamu memerlukan sebuah portfolio yang menunjukkan hasil karyamu, agar pengguna jasamu mempercayai keahlianmu. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari cara memasarkan jasa freelance-mu dengan benar.

4. Sharing-economy 

ide bisnis
ide bisnis/ Foto: Pexels.com/ Tekeridis

Istilah sharing economy memang sudah tidak asing lagi bagi kita. Sharing economy adalah sebuah tren bisnis yang memungkinkan teknologi untuk menyediakan pertukaran  barang atau jasa antara dua pihak atau lebih. Kita memahami tren bisnis sharing economy melalui penyedia jasa seperti Grab, Gojek, AirBnB, dan lain-lain. 

Kamu yang memiliki waktu luang pun bisa mendaftarkan diri menjadi pengemudi Grab atau Gojek. Selain itu, jika kamu memiliki rumah kosong, maka kamu bisa menyewakan rumahmu melalui AirBnB. Atau jika menemukan layanan serupa, maka kamu bisa memanfaatkan layanan tersebut untuk menyediakan jasa yang bermanfaat.

5. Dropshipping 

ide bisnis
ide bisnis/ Foto: Pexels.com/ Rodnae Production

Ide bisnis tanpa modal yang selanjutnya adalah menerapkan sistem dropshipping. Sistem ini sederhana karena hanya melibatkan penjualan produk yang telah dipesan orang lain dan mengirimkannya. Kamu tidak memerlukan modal untuk membeli produknya karena kamu merupakan seorang perantara yang menghubungkan penjual dan pembeli. 

Sistem dropshipping memungkinkanmu untuk mengirimkan langsung produknya dari produsen (kalau bisa dari produsen pihak pertama agar kamu bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar) kepada pembeli. Kamu bisa menentukan seberapa besar keuntungan yang didapatkan dalam setiap penjualan. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id