sign up SIGN UP

5 Jenis Overthinking Ini Pernah Dialami Manusia, Kamu Salah Satunya?

Cynthia Claudia | Rabu, 01 Sep 2021 19:30 WIB
5 Jenis Overthinking Ini Pernah Dialami Manusia, Kamu Salah Satunya?
caption

Banyak dari kita pasti pernah mengalami masa-masa di mana overthinking menghantui kita. Pada dasarnya manusia memiliki emosi, dan emosi yang seringkali mengendalikan apa yang ada di dalam pikiran kita.

Penelitian dari SuccessConsciousness menunjukkan bahwa otak kita memikirkan 60,00-80,000 hal yang berbeda setiap harinya. Ini berarti rata-rata berjumlah 2,500-3,300 pikiran per jamnya. Namun, apa saja jenis-jenis overthinking yang sering kali kita rasakan dan sebaiknya dihindari?

Kesalahan yang Sebelumnya Telah Dibuat

Overthinking
Overthinking/ Foto: Pexels/ Olia Davilenich

Overthinking sering terjadi ketika Beauties membuat kesalahan yang fatal. Pikiran seperti ini seringkali muncul tiba-tiba dan sulit dikendalikan.

Overthinking tentang kesalahan berujung pada pikiran negatif dimana kita akan merasa semakin bersalah. Kita juga cenderung takut apa yang dilakukan akan berdampak buruk bagi masa depan kita. Namun, sering kali hal-hal yang kita terlalu takuti ini kemungkinan terjadinya kecil.

Mengenai Pendapat Orang Lain Terhadap Diri Kita

Overthinking
Overthinking/ Foto: Pixabay

Overthinking semacam ini sering terjadi ketika kita berada di tengah keramaian dan nggak ada teman yang mengajak ngobrol. Atau ketika kita lagi di tengah ngobrol dengan teman, muncul sebuah pikiran mengenai pendapat orang lain terhadap diri kita.

Contohnya, apakah yang akan aku katakan ini akan dipandang buruk oleh dia/ mereka? Rasa kegelisahan dari banyak pikiran ini akan menciptakan kecanggungan yang nggak semestinya terjadi, sehingga akan berdampak buruk bagi hubunganmu.

Asumsi yang nggak perlu ini hanya akan membuatmu nggak tenang.

Mengenai Masa Lalu

Overthinking
Overthinking/ Foto: Pexels/ Cottonbro

Overthinking mengenai masa lalu juga sangat mengganggu. Misalnya, terkait merenungkan keputusan yang kita ambil, apakah sebetulnya keputusan baik atau buruk. Atau ketika kita menyesal telah melakukan suatu hal.

Hal-hal yang sudah terjadi di masa lalu sebaiknya dibiarkan berlalu. Pasalnya melihat ke belakang dan banyak pikiran nggak akan mengubah apa pun.

Terhadap Sikap Orang Lain

Overthinking
Overthinking/ Foto: Pexels/ Kool Shooters

Overthinking terhadap sikap orang lain yang kurang menyenangkan juga tidak ada gunanya. Pada dasarnya kita nggak bisa mengubah atau mengendalikan pikiran orang lain untuk mengikuti keinginan kita.

Banyak pikiran terkait hal ini hanya membuat kita stres karena buang waktu dan energi.

Mengenai Masa Depan

Overthinking
Overthinking/ Foto: Pexels/ This is Engineering

Overthinking nggak hanya mengenai masa lalu, tapi masa depan juga lebih sering terjadi karena kita nggak pernah tahu kejadian di masa depan yang bagaikan sendiri.

Kita sering kali banyak pikiran terkait masa depan, terutama terkait pekerjaan, jodoh, dan penghasilan kita. Apakah nantinya kita bisa membahagiakan keluarga kita dan berpenghasilan cukup?

Overthinking semacam ini bisa buat kita capek, nggak bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari dan menganggu kesehatan mental kita. Cara mengatasi overthinking pun bisa dimulai dengan mengikuti beberapa hal, yuk simak artikel berikut ini untuk mempelajarinya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id