sign up SIGN UP

5 Kesalahan Sepele yang Bikin Kamu Auto Gagal CPNS

Budi Rahmah Panjaitan | Beautynesia
Jumat, 02 Jul 2021 18:15 WIB
5 Kesalahan Sepele yang Bikin Kamu Auto Gagal CPNS
caption

Ladies, apakah kamu salah seorang yang bercita-cita menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN)? Jika ya, maka kabar baiknya sudah ada di depan mata. Saat ini pemerintah sedang membuka pelamaran CPNS dan juga PPPK tahun 2021. Di samping itu, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah tentang persyaratan yang harus dipenuhi supaya bisa mendaftar CPNS maupun PPPK.

Di tengah banyaknya persyaratan umum maupun khusus untuk mendaftar CPNS, tidak sedikit pengalaman pelamar sebelumnya yang harus menelan pil pahit, karena tidak lolos seleksi.

Penyebabnya pun sangat beragam, termasuk di antaranya kesalahan sepele yang membuat auto gagal CPNS. Oleh Sebab itu, sangat penting untuk cermat dan menghindari kesalahan-kesalahan ini.

Lantas, apa saja kesalahan sepele yang dimaksud? Simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kualifikasi Pendidikan Tidak Sesuai

Salah kualifikasi pendidikan membuat gagal cpns karena tidak sesuai dengan kebutuhan instansi/foto:freepik.com
Salah kualifikasi pendidikan membuat gagal cpns/foto:freepik.com

Kesalahan sepele pertama yang bisa membuat gagal CPNS adalah kualifikasi pendidikan tidak sesuai. Kedengarannya memang terlalu frontal, namun tidak sedikit yang melakukan kesalahan ini. Apabila suatu instansi membutuhkan kualifikasi pendidikan tertentu, maka tidak cukup hanya memperhatikan jurusan yang diminta, melainkan harus memperhatikan gelar akademik yang dibutuhkan.

Misalnya saja suatu instansi meminta DIII kebidanan, sedangkan kamu adalah S1 kebidanan, maka bisa saja hal ini berujung pada ketidaklolosan karena gelar akademik yang diminta untuk jenjang DIII, bukan sarjana. Untuk itu, perlu kejelian yang tinggi saat akan menentukan formasi yang kamu pilih. 

2. Hasil Scan Dokumen yang Diunggah Blur

Scan dokumen tidak terbaca membuat gagal cpns karena sulit melakuakn verifikasi/foto:freepik.com
Scan dokumen tidak terbaca membuat gagal cpns/foto:freepik.com

Kesalahan berikutnya yang juga perlu untuk dihindari supaya tidak gagal CPNS adalah hasil scan dokumen yang blur. Hal ini memang kedengaran sepele namun akan sangat berpengaruh terhadap lolos tidaknya kamu di tahap pertama, yaitu administrasi. Dokumen yang diunggah pada saat pendaftaran CPNS tentulah bersifat vital dan menjadi acuan instansi-instansi untuk memverifikasi kesesuaian berkas pendaftaran dengan kebutuhan formasi.

Misalnya saja saat kamu melakukan scan ijazah, kemudian nomor ijazah tidak bisa terbaca jelas, tentu hal ini akan berpotensi menggagalkan sekaligus melenyapkan mimpi kamu untuk menjadi seorang ASN.

Oleh sebab itu, saat melakukan scan dokumen, perhatikan baik-baik hasil scan. Bila perlu baca kembali satu per satu data di dalamnya untuk memastikan terbaca atau tidaknya dokumen tersebut.

3. Salah Unggah Dokumen

Salah unggah dokumen membuat gagal cpns karena tidak sesuai dengan yang diminta/foto:freepik.com
Salah unggah dokumen membuat gagal cpns/foto:freepik.com

Mengingat banyaknya kolom yang tersedia sebagai tempat mengunggah hasil scan dokumen yang dipersyaratkan, maka tidak jarang membuat kesalahan dari para pelamar. Kesalahan ini terjadi saat pelamar mengunggah hasil scan dokumen tertentu di kolom yang tidak seharusnya.

Sebagai contoh, kolom unggah file scan ijazah malah diisi dengan unggahan scan transkip nilai. Tentu ini sudah menyalahi aturan dan bisa menggagalkan kamu di tahap administrasi. Jika gagal di tahap administrasi, maka sudah pasti tidak bisa melanjutkan perjuangan ke tahap berikutnya.

4. Surat Akreditasi Tidak Sesuai Ijazah

Akreditasi tidak sesuai bisa menggagalkan cpns karena harus sesuai tanggal ijazah/foto:freepik.com
Akreditasi tidak sesuai bisa menggagalkan cpns/foto:freepik.com

Saat ini, beberapa instansi mempersyaratkan dokumen akreditasi jurusan maupun universitas ketika mendaftar CPNS. Namun perlu digarisbawahi bahwa akreditasi yang bisa digunakan adalah akreditasi kampus atau jurusan yang sesuai dengan tanggal ijazah. Hal ini juga berarti bahwa sangat penting untuk memperhatikan tanggal diterbitkannya ijazah, beserta masa berlaku akreditasi jurusan maupun universitas yang perlu diunggah.

Untuk menghindari terjadinya kesalahan dokumen ini, kamu bisa mencermati tanggal di ijazah kemudian cocokkan dengan rentang masa berlaku akreditasi. Pilihlah akreditasi jurusan yang masih berlaku sesuai dengan tanggal ijazah kamu diterbitkan.

5. Salah Unggah Foto

Salah unggah foto membuat gagal cpns untuk itu perlu teliti dan jangan sampai salah/foto:freepik.com
Salah unggah foto membuat gagal cpns/foto:freepik.com

Nah, satu lagi kesalahan sepele yang tidak jarang membuat gagal CPNS adalah salah unggah foto. Hal ini menyangkut pada aturan yang berlaku pada foto yang akan diunggah. Sebaiknya, perhatikan baik-baik contoh foto beserta ukuran maksimal file foto. Biasanya, akan tertera berapa ukuran maksimal file foto beserta apa yang harus ditampilkan dalam foto.

Misalnya saja swafoto CPNS yang mengharuskan pelamar berfoto dengan KTP dan juga bukti pendaftaran. Selain itu saat akan mengunggah foto ke sistem pendaftaran, pastikan bahwa file foto yang diunggah tidak salah.

Nah, itu dia beberapa kesalahan sepele yang bisa membuat gagal CPNS. Jangan sampai dilakukan ya!


Our Sister Site

mommyasia.id